HUBUNGAN SIKAP ILMIAH DAN KEMANDIRIAN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR IPA SISWA SD

Authors

  • I Putu Suwintara Universitas Terbuka, Indonesia
  • I Gede Astawan Universitas Pendidikan Ganesha, Indonesia
  • I Ketut Suar Adnyana Universitas Dwijendra, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.38048/jipcb.v9i2.680

Keywords:

sikap ilmiah, kemandirian belajar, hasil belajar IPA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya hubungan sikap ilmiah dan kemandirian belajar dengan hasil belajar IPA siswa kelas V SD Gugus II Kecamatan Jembrana. Terdapat tiga variabel pada penelitian ini yaitu, sikap ilmiah dan kemandirian belajar sebagai variable bebas, serta hasil belajar IPA sebagai variable terikat, dengan dengan jenis penelitian expost facto. Analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial regresi sederhana dan regresi berganda. Jumlah populasi dalam penelitian ini sebanyak 290 orang dan diperoleh sampel dengan teknik simple random sampling sejumlah 158 orang.  Hasil analisis menunjukkan bahwa: 1) terdapat hubungan positif yang signifikan antara sikap ilmiah dengan hasil belajar IPA. Dengan memperoleh hasil belajar yang tinggi maka siswa juga harus mampu meningkatkan sikap ilmiah dalam diri; (2) terdapat hubungan positif yang signifikan antara kemandirian belajar dengan hasil belajar IPA. Kemandirian tumbuh dan berkembang sejalan dengan perkembangan siswa, sehingga diasumsikan bahwa kemandirian belajar sangat erat kaitannya dengan hasil belajar siswa; (3) secara bersama-sama terdapat hubungan positif yang signifikan sikap ilmiah dan kemandirian belajar dengan hasil belajar IPA. Untuk memeroleh hasil belajar IPA yang baik tentunya seorang siswa harus belajar dengan maksimal serta meningkatkan sikap ilmiah dan kemandirian belajar. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan sikap ilmiah dan kemandirian belajar dengan hasil belajar IPA siswa kelas V SD Gugus II Kecamatan Jembrana.

References

Aisyah. (2017). Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Ekonomi Di SMA Negeri 15 Palembang. Jurnal Profit (online) Volume 4, No. 1.

Anggraeni, D. D. (2017). Hubungan Antara Kemandirian Belajar Siswa dengan Prestasi Belajar pada Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Pendidikan Guru Sekolah Dasar.

Baro’ah, S. (2020). Kebijakan Merdeka Belajar Sebagai Strategi Peningkatan Mutu Pendidikan. Jurnal Tawadhu, vol 4, No 1, 2020.

Dewi, I. G. A. W. K., Agung, A.A. G,. & Rati, N. W. (2014). Hubungan Sikap Ilmiah dan Motivasi Berprestasi dengan Hasil Belajar IPA pada Siswa Kelas V SD. E-Jurnal MIMBAR PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD (Vol. 2 No. 1 Tahun 2014).

Fatimah, E. (2010). Psikologi Perkembangan. Bandung: CV Pustaka Setia.

Gading, IK., Suja, W., Sudarma, IK., Divayana, DGH., & Widiana, IW. (2018). Bahan Ajar dan Pembelajaran. Singaraja: Undiksha Press.

Khairawati, Hanum M. R., & Anandita E. S. (2018). Analisis Korelasi Sikap Ilmiah dan Prestasi Belajar Siswa di SMPN 3 Sungai Kakap. Jurnal Pendidikan Pena Kreatif (Vol. 7, No.1 Tahun 2018).

Nurhayati, E. (2011). Bimbingan, Konseling dan Psikoterapi Inovatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Razak, F., & Kamaruddin. (2018). Pengaruh Sikap Ilmiah Terhadap Hasil Belajar Materi Bangun Ruang Siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Minasatene. Jurnal “Mosharafa”. Volume 7, Nomor 1, Januari 2018.

Sari, D.R., & Rosyida, A. Z. (2019). Peran Orang Tua pada Kemandirian Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Early Childhood. Vol. 3 No.1, Mei 2019.

Shulton. (2016). Pembelajaran IPA yang Efektif dan Menyenangkan Bagi Siswa Madrasah Ibtidaiyah (MI). Jurnal Elementary. Vol 4, No.1. Januari – Juni 2016.

Suryantini, P., Sujana, I. W., & Wiarta. I.W. (2018). Korelasi antara Sikap Ilmiah dalam Belajar dengan Kompetensi Inti Pengetahuan IPA. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan. Vol. 2. Nomor 1, halaman 52-59.

Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Tasaik, H.L., & Tuasikal, P. (2018). Peran Guru dalam Meningkatkan Kemandirian Belajar Peserta Didik Kelas V SD Impres Samberpasi. Jurnal Metodik Didaktik: Vol. 14 No. 1, Juli 2018, Hal 45-55.

Widyastuti, I. (2019). Kajian Tentang Hubungan Kemandirian Belajar dan Perhatian Orang Tua dengan Prestasi Belajar Pendidikan Kewarganegaraan. Prosiding Seminar Nasional PGSD UST. Vol. 1 2019

Downloads

Published

2022-11-28

How to Cite

Suwintara, I. P., Astawan, I. G., & Adnyana, I. K. S. (2022). HUBUNGAN SIKAP ILMIAH DAN KEMANDIRIAN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR IPA SISWA SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 9(2), 376–385. https://doi.org/10.38048/jipcb.v9i2.680

Issue

Section

Articles

Citation Check