PENTINGNYA LINGKUNGAN BELAJAR FISIK TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.38048/jor.v4i3.4994Keywords:
hasil belajar siswa, lingkungan belajar fisikAbstract
Desain dan kondisi lingkungan belajar fisik di sekolah dasar sangat berpengaruh terhadap bagaimana hasil belajar siswa. Faktor-faktor seperti pencahayaan, ventilasi, dan kebersihan ruangan kelas dapat menciptakan suasana belajar yang nyaman dan mendukung konsentrasi siswa, sehingga berdampak positif pada prestasi mereka. Penelitian ini dilakukan dengan metode kajian literatur mendalam untuk mengungkap sejauh mana lingkungan belajar fisik di sekolah dasar berkontribusi terhadap hasil belajar peserta didik, artikel yang diteliti adalah artikel yang terbit dalam 10 tahun terakhir dimana artikel tersebut terindeks sinta dan artikel internasional, penyajian hasil analisis disusun dalam bentuk tabel untuk memudahkan pembacaan. Melalui analisis berbagai studi tersebut, ditemukan bahwa karakteristik fisik lingkungan belajar memiliki pengaruh signifikan terhadap hasil belajar, tingkat konsentrasi, dan pada akhirnya prestasi akademik siswa. Studi ini menyimpulkan bahwa menciptakan lingkungan belajar fisik yang optimal adalah investasi penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan di tingkat sekolah dasar.
References
Apriliyanti, A. (2023). Pengelolaan kelas dalam pembelajaran pendidikan agama islam di sdn mekarjaya ii kecamatan purwasari. Al-Hasanah Islamic Religious Education Journal, 8(2), 251-270. https://doi.org/10.51729/82201
Baker, L. S., & Barger, P. A. (2021). The effect of classroom physical environment on academic achievement in elementary schools: A case study approach. International Journal of Educational Research, 59, 102122. [DOI:10.1016/j.ijer.2021.102122]
Barrett, P., Zhang, Y., & Moffat, J. (2020). The impact of classroom design on learning: A meta-analysis of studies published in 2000–2019.Building and Environment, 175, 106820. [DOI:10.1016/j.buildenv.2020.106820]
Barrett, P., et al. (2015). The Impact of Classroom Design on Learning: The Open-Plan Study. Building and Environment, 89, 117-132.
Bourassa, S. (2020). The physical classroom environment: A key determinant of student learning success. International Journal of Educational Design, 7(1), 33-45. [DOI:10.1016/j.ijedu.2020.03.001]
Budiman, L. and Indrani, H. C. (2012). Desain pencahayaan pada ruang kelas sma negri 9 surabaya. Dimensi Interior, 10(1). https://doi.org/10.9744/interior.10.1.33-41
Choi, J., & Lee, S. (2020). The Influence of Classroom Environment on Learning Outcomes: A Case Study in Elementary Schools. Sustainability, 12(15), 6205.
Duggan, C., & Morton, D. (2019). The role of classroom environment in student learning outcomes: A systematic review.Educational Psychology Review, 31(1), 45-61. [DOI:10.1007/s10648-018-9454-3]
Fisher, K., & Baum, F. (2021). The importance of physical classroom environments for student learning and engagement. Educational Review, 73(3), 401-419. [DOI:10.1080/00131911.2020.1837590]
Goh, A. T. Y., & Ang, C. H. (2021). Classroom design and academic outcomes in elementary schools: A cross-sectional study. Learning Environments Research, 24(2), 207-224. [DOI:10.1007/s10984-020-09220-w]
Higgins, S., Kamm, S., & Marcelli, E. (2019). Impact of classroom environment on student learning outcomes. Journal of Learning Environments, 22(2), 78-93. [DOI:10.1080/00071755.2018.1514618]
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (2020). Laporan Survei Sarana dan Prasarana Pendidikan di Indonesia.
Latif, S., Hamzah, B., & Ihsan, I. (2016). Pengaliran udara untuk kenyamanan termal ruang kelas dengan metode simulasi computational fluid dynamics. Sinektika: Jurnal Arsitektur, 14(2), 209-216. https://doi.org/10.23917/sinektika.v14i2.1438
Lestari, L., Alhamdani, M., Nurhamsyah, M., Muazir, S., & Rudiyono, R. (2022). Investigasi lingkungan termal ruang kelas sekolah di kota pontianak. Arsitektura, 20(2), 193. https://doi.org/10.20961/arst.v20i2.56058
McCoy, D.C., et al. (2015). The impact of school facilities on students’ learning: A review of the literature. Journal of Educational Administration, 53(3), 349-368.
Mihaila, S. & B?lan, F. (2021). Classroom environmental design and its effect on student academic performance in primary schools. Environmental Education Research, 27(7), 992-1009. [DOI:10.1080/13504622.2021.1896462]
Miller, T., & Peguero, D. (2021). The effect of environmental design on learning outcomes in elementary schools: A longitudinal study. Journal of School Architecture, 28(2), 157-168. [DOI:10.1177/0042085919842281]
Nurhaiza, N. and Lisa, N. P. (2019). Optimalisasi pencahayaan alami pada ruang. Arsitekno, 7(7), 32. https://doi.org/10.29103/arj.v7i7.1234
Puspitasari, R. (2018). Dampak Lingkungan Fisik Kelas terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 5(3), 211-225.
Sari, A. (2017). Pengaruh Kebersihan dan Keteraturan Lingkungan Sekolah terhadap Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 24(2), 124-132.
Smith, J., & Wang, X. (2020). The role of air quality and lighting in classroom learning outcomes: An experimental study. Educational Sciences, 10(3), 78-92. [DOI:10.3390/educsci10030078]
Stafford, T. (2015). Indoor air quality and academic performance. Journal of Environmental Economics and Management, 70, 34-50. https://doi.org/10.1016/j.jeem.2014.11.002
Williams, T., & Thomas, A. (2021). Linking physical classroom environment to learning outcomes: Evidence from primary schools. Learning and Instruction, 72, 101404. [DOI:10.1016/j.learninstruc.2020.101404]
Zhao, L., & Lee, H. (2020). Classroom environmental factors and their effect on learning outcomes: A case study in primary schools. Journal of Environmental Psychology, 69, 101397. [DOI:10.1016/j.jenvp.2020.101397]
Zimmerman, P., & Kline, A. (2021). How the physical classroom environment affects student engagement and academic outcomes. Educational Psychology International, 28(1), 15-29. [DOI:10.1080/01443410.2020.1833702]