IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN BERBASIS KURIKULUM MERDEKA DI SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.38048/jor.v4i3.4851Keywords:
Kurikulum Merdeka, Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan, Profil Pelajar Pancasila, Sekolah DasarAbstract
Penelitian ini bertujuan mengevaluasi implementasi Kurikulum Merdeka dalam pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) di Sekolah Dasar Inpres Wae Waru. Dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif berbasis wawancara, observasi, dan dokumentasi, penelitian ini mengidentifikasi kendala yang dihadapi dalam penerapan Kurikulum Merdeka, termasuk sulitnya guru menanamkan nilai-nilai Profil Pelajar Pancasila, keterbatasan kompetensi pedagogis guru, dan penggunaan metode pembelajaran yang kurang inovatif. Solusi yang ditemukan meliputi pelatihan rutin guru, kolaborasi antar sekolah melalui Kelompok Kerja Guru (KKG), dan pemanfaatan platform digital pemerintah. Hasil menunjukkan bahwa implementasi Kurikulum Merdeka masih berada dalam tahap penyesuaian, dengan kemajuan pada penerapan Pembelajaran Berbasis Proyek yang mendukung penguatan karakter siswa. Studi ini memberikan kontribusi pada literatur tentang strategi peningkatan kualitas pembelajaran PJOK berbasis Kurikulum Merdeka serta memberikan rekomendasi untuk optimalisasi program pelatihan guru dan pengembangan modul ajar berbasis kebutuhan siswa.
References
Akello, S., & Osman, A. A. (2015). Education as a Practice of Freedom: Reflections on Bell Hooks. Journal of Education and Practice, 6(17), 195-199. https://doi.org/10.1215/9780822371793-102
Aunurrahman. (2016). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Dewi, D. W. (2020). Keterampilan Dasar Mengajar. Journal Universitas Surya Darma, 5(1), 76-77.
Fatmawati, I. (2017). Peran Guru dalam Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran. Revorma: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran, 8(2), 20-37. http://ejournal-revorma.sch.id
Fujiawati, F. S. (2016). Pemahaman Konsep Kurikulum dan Pembelajaran dengan Peta Konsep bagi Mahasiswa Pendidikan Seni. Jurnal Pendidikan dan Kajian Seni, 1(1), 16-28. https://doi.org/10.30870/jpks.v1i1.849
Hambali, S., Akbaruddin, A., Bustomi, D., Rifai, A., Iskandar, T., Ridlo, A. F., Meirizal, Y., Rusmana, R., & Tyas, R. A. (2021). The Effectiveness Learning of Physical Education on Pandemic Covid-19. International Journal of Human Movement and Sports Sciences, 9(2), 219-223. https://doi.org/10.13189/saj.2021.090208
Ikhsan, F., & Febrianta, Y. (2023). Pengetahuan Guru PJOK Sekolah Dasar pada Implementasi Kurikulum Merdeka di Kecamatan Baturraden, Banyumas. Pubmedia Penelitian Tindakan Kelas Indonesia, 1(1), 11-18. https://doi.org/10.47134/ptk.v1i1.10
Irianto, T. (2019). Implementasi Kurikulum 2013 dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di Sekolah Dasar. Multilateral: Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 13(1), 58-61. http://dx.doi.org/10.20527/multilateral.v13i1.6107
Kusumawati, M., Abidin, D., Bujang, B., Haqiyah, A., Mylsidayu, A., Basri, H., ... & Ekowati, E. (2022). Implementasi kurikulum merdeka dalam pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK). MADDANA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 1-9. https://doi.org/10.57235/jcrd.v1i1.2784
Lou, G. A. E., Natal, Y. R., & Bile, R. L. (2022). Pengembangan Model Latihan Lompat Jauh Gaya Jongkok Melalui Permainan Tradisional Juru Untuk Siswa SD. Jurnal Edukasi Citra Olahraga, 2(2), 88–96. https://doi.org/10.38048/jor.v2i2.1047
Mutia, A. (2021). Pembelajaran Berbasis Proyek pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 6(2), 219-234. https://doi.org/10.29240/jpd.v6i2.5432
Ningrum, A. R., & Suryani, Y. (2022). Peran Guru Penggerak dalam Kurikulum Merdeka Belajar. AR-RIAYAH: Jurnal Pendidikan Dasar, 6(2), 219-234. https://doi.org/10.29240/jpd.v6i2.5432
Nursalam, N., Sulaeman, S., & Latuapo, R. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka melalui Pembelajaran Berbasis Proyek pada Sekolah Penggerak Kelompok Bermain Terpadu Nurul Falah dan Ar-Rasyid Banda. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 8(1), 17-34. https://doi.org/10.24832/jpnk.v8i1.3769
Rahman, A. A. (2023). Kesiapan Guru Penjas Menghadapi Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Journal of SPORT (Sport, Physical Education, Organization, Recreation, and Training), 7(1), 54-62. https://doi.org/10.37058/sport.v7i1.6548
Setiawan, C. (2022). Mengontruksi Tema Konsep dan Panduan Praktis Analisis Data Kualitatif. Yogyakarta: UNY Press.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Susilawati, I., & Atmaja, N. M. K. (2023). Model Pembelajaran Pendidikan Jasmani melalui Permainan Sirkuit untuk Pembentukan Karakter Siswa Sekolah Kelas Atas. Jurnal Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, 10(1), 38-46. https://doi.org/10.46368/jpjkr.v10i1.987
Verianti, D. G. (2021). Perspektif Guru PJOK dalam Kurikulum dan Pembelajaran di Abad 21. Purwakarta: Lembaga Kajian dan Pengembangan Profesi Pendidikan Indonesia.
Wae, M.S., Wani, B., & Laksana, D.N.L. (2023). Elementary School Sport and Health Physical Education Curriculum Design in Independent Curriculum Learning. Journal Physical Health Recreation (JPHR), 3(2), 218-226. https://doi.org/10.55081/jphr.v3i2.1094
Wahid, W., & Kurniawan, W. (2023). Survei Kebugaran Jasmani pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Master Penjas & Olahraga, 4(1), 270-281. https://doi.org/10.37742/jmpo.v4i1.77
Wani, B., Tapo, Y.B.O., & Laksana, D.N.L. (2024). Pengembangan Kurikulum PJOK Sekolah. Nganjuk: Dewa Publishing.