LITERATUR REVIEW: EFEKTIVITAS MEDIA VIDEO KESEHATAN TERHADAP PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT DI SMP

Authors

  • Yohana Yosefa Luna STKIP Citra Bakti
  • Ngurah Mahendra Dinatha STKIP Citra Bakti

DOI:

https://doi.org/10.38048/jor.v4i3.4158

Keywords:

Efektivitas, Media, Perilaku Hidup Bersih dan Sehat

Abstract

Media video kesehatan mempengaruhi prilaku hidup bersih dan sehat di sekolah, khususnya di jenjang SMP. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penggunaan video kesehatan terhadap PHBS di sekolah. Metode penelitian ini menggunakan metode literatur review artikel. Hasil untuk efektivitas media video untuk kesehatan terhadap perilaku hidup bersih dan sehat adalah 13 artikel yang memuat informasi tentang efektivitas media promosi kesehatan. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan memberikan penyuluhan melalui media promosi kesehatan yang digunakan agar mudah dipahami dan menarik untuk dilihat, serta dapat berhubungan dengan tingkat pengetahuan sasaran. Penggunaan media video kesehatan sangat efektif digunakan untuk prilaku hidup bersih dan sehat di sekolah. Video kesehatan memberikan dampak yang signifikan terhadap pemahaman siswa SMP dengan materi PHBS yang disampaikan.

References

Amrulloh, A. S., Wulandari, R., Nafikadini, I., & Nurika, G. (2023). Efektivitas Edukasi Penerapan PHBS Melalui Program Sing Penting Berakzi Di Desa Glagahwero. Saintifika, 24(2), 84-94.

Budiarti, R., & K. (2014). Tingkat keimanan islam dan status karies gigi santri. J Heal Qual, 5(1), 1-8.

Dewi, I. A. N. S., & Tirtayani, L. A. (2023). Pembelajaran Berbasis TPACK Berbantuan Media Video Animasi Berpengaruh Terhadap Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Pada Anak Usia Dini. Indonesian Journal of Instruction, 4(3), 186–194.

Hartati, F. R. (2023). Media Video Pembelajaran Tema Hidup Bersih dan Sehat Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah DasarNo Title. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2), 900–905.

Pranata, K. (2022). Pengaruh media powerpointinteraktif berbasis aplikasi google classroomterhadap hasil belajar ipa di sekolah dasar. Jurnal Cakrawala Pendas.

Listyarini, A. D. (2017). Penyuluhan dengan media audio visual meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat anak usia sekolah. Jurnal Stikes Cendekia Utama Kudas, 112-117.

Maharwati, N. K., & Dinatha, N. M. (2023). Strategi Kepala Sekolah Dalam Menerapkan Pendidikan Kesehatan Melalui Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat Pada Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 10(1), 57-69.

Mahdalena, V., & Handayani, L. (2021). Efektivitas Music Video (MV) terhadap pengubahan perilaku siswa PAUD mengenai Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Jurnal Ilmu Komunikasi, 4(2), 224-236.

Mahyuddin, R. S., Wati, M., & Misbah, M. (2017). Pengembangan media pembelajaran fisika berbasis zoomable presentation berbantuan software prezi pada pokok bahasan listrik dinamis. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 5(2), 229–240.

Mufidah, N. A. N., A’yunin Al Isyrofi, A. Q., & Abdullah, S. A. (2024). Efektivitas Media Promosi Kesehatan Tentang Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (PHBS). Jurnal Ilmu Kesehatan Umum.

Noerjoedianto, D. (2023). Penerapan Media Video Animasi Dalam Peningkatan Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat Siswa Kelas 1 SDN 68 Simpang Mersam. Jurnal Pengabdian Kolaborasi Dan Inovasi IPTEKS, 1(5), 632–639.

Peralta, L. R., & Rowling, L. (2018). ). Implementation of school health literacy in Australia: A systematic review. Health Education Journal, 77(3), 363–376.

Prihatin, T. W., Wijaya, A. S. B., & Nyoman, N. (2021). ). Buku Saku PHBS Efektif Terhadap Perubahan Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat Di Masyarakat Dusun Lemahbang. In Prosiding Seminar Nasional Unimus, 4.

Suherdi, H. N., Aisyah, D. S., & Putri, F. E. (2024). Penggunaan Media Sticky Wall Healty Dalam Meningkatkan Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat Di RA Dzikrurrahman. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan.

Downloads

Published

2024-10-30

How to Cite

Luna, Y. Y., & Dinatha, N. M. (2024). LITERATUR REVIEW: EFEKTIVITAS MEDIA VIDEO KESEHATAN TERHADAP PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT DI SMP. Jurnal Edukasi Citra Olahraga, 4(3), 125–134. https://doi.org/10.38048/jor.v4i3.4158