PENGEMBANGAN BUKU CERITA ANAK BERGAMBAR BERNUANSA BUDAYA LOKAL UNTUK SISWA SD

Authors

  • Ida Bagus Komang Sanjaya Universitas Terbuka
  • I Made Darmada Universitas Terbuka
  • I Made Suarta Universitas Terbuka

DOI:

https://doi.org/10.38048/jipcb.v9i2.673

Keywords:

budaya lokal, hasil belajar, manggala galang kangin

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengembangkan buku cerita anak berdasarkan muatan pembelajaran pada subtema Keberagaman Makhluk Hidup Dilingkunganku, dengan menginsersi budaya lokal yang relevan; serta 2) untuk mengetahui efektivitas buku cerita yang dihasilkan tersebut sebagai pendamping buku pelajaran kurikulum 2013 dalam pembelajaran. Penelitian ini melanjutkan hasil penelitian pengembangan desain dan produk menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementatian, Evaluation) oleh Sukmasari (2017) berupa prototipe buku cerita. Penelitian ini mengembangkan prototipe tersebut melalui tiga tahapan terakhir yaitu Development, Implementatian, dan Evaluation. Subjek pada penelitian ini adalah 2 orang ahli, 2 orang guru kelas IV, dan 35 orang siswa kelas IV Sekolah Dasar. Pada tahap Development, dilakukan pembuatan buku cerita berdasarkan prototipe, dan menghasilkan sebuah buku cerita anak bergambar berjudul “Manggala Galang Kangin” yang telah dinilai oleh ahli. Pada tahap Implementation dilakukan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan buku cerita “Manggala Galang Kangin” dalam pembelajaran subtema “Kebegeragaman Makhluk Hidup Dilingkunganku”. Tahap Evaluation dilakukan untuk mengetahui efektivitas buku cerita “Manggala Galang Kangin” berupa hasil belajar siswa. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner dan tes objektif tipe pilihan ganda untuk hasil belajar. Data hasil belajar dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) buku cerita anak bergambar berjudul “Manggala Galang Kangin” memuat mata pelajaran dengan insersi budaya lokal. Berdasarkan hasil penilaian para ahli, diperoleh kualitas dan kesesuaian buku cerita “Manggala Galang Kangin” tergolong sangat baik. (2) Melalui implementasi buku cerita, diperoleh efektivitas penggunaan buku cerita “Manggala Galang Kangin” terhadap hasil belajar siswa sebesar 6,01 tergolong sangat efektif.

References

Asmini, N.P.J. 2011. “A Study of The Use of Children’s Literature in The Teaching English to Young Leaners at Children’s House School”. (Online). Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha. Jl. Udayana Singaraja.

Bujuri, Dian. (2018). Analisis Perkembangan Kognitif Anak Usia Dasar dan Implikasinya dalam Kegiatan Belajar Mengajar. Journal homepage: www.ejournal.almaata.ac.id/literasi. Vol. 9, No. 1, 2085-0344.

Emyati. (2014). Eksplorasi Kearifan Lokal Bali. Diunduh 27 Nopember 2020, dari situs World Wide Web:

https://www.perpusnas.go.id/magazine-detail.php?lang=id&id=8353#:~:text=Budaya%20lokal%20adalah%20budaya%20yang,berada%20di%20tempat%20yang%20lain.

Farenda. (2018). Pengembangan Buku Cerita Bergambar untuk Literasi Pembelajaran Sains di Sekolah Dasar. Diunduh 08 Desember 2020, dari situs World Wide Web:

https://repository.unja.ac.id/4623/1/Mas%20Fitra%20Farenda_A1D114040_Artikel%20-.pdf.

Kumyati. (2013). “Keefektifan Bahan Ajar Cerita Terpadu dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IV SD”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar. SD Negeri 02 Mororejo. Halaman 1-8.

Makplus. (2015). Definisi dan Pengertian Pembelajaran (Konsep Pendidikan). Diunduh 05 Desember 2020, dari situs World Wide Web: http://www.definisi-pengertian.com/2015/05/definisi-dan-pengertian-pembelajaran.html.

Marhaeni, B., A. A. I. N. Marhaeni., dan M. Sutama. (2013). “Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual Berbasis Cerita Rakyat terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman dan Minat Baca pada Siswa Kelas V SD”. Journal Program Pascasarjana. Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Pendidikan Dasar (Volume 3).

Muallifah. (2013). Storytelling sebagai metode parenting untuk pengembangan kecerdasan anak usia dini. J. Psikoislamika 10.

Neina, Q. A. Hari Bakti Mardikantoro, Teguh Supriyanto. (2015). Pengembangan Buku Pengayaan Menulis Cerita Anak Bermuatan Nilai Karakter Berdasarkan Content And Languange Integrated Learning (Clil) Untuk Siswa Sekolah Dasar Kelas Tinggi. Seloka 4 (2) (2015). Seloka: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia. Prodi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Semarang, Indonesia.

Ratih, R. (2016). “Menulis Cerita Anak: Menanam Kata Berbuah Karya”. Jurnal Seminar Nasional Anak. Yogyakarta: Balai Bahasa Daerah Istimewa Yogyakarta.

Sanjaya, W. (2013). Strategi Pemelajaran, Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R & D. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Sukmasari, N. N., A. A. I. N. Marhaeni., dan N. Dantes. 2017. “Prototipe buku cerita anak bernuansa budaya lokal berbasis muatan sikap dan pelajaran pada tema Peduli Terhadap Mahkluk Hidup Kurikulum 2013 Kelas IV Sekolah Dasar”. Thesis. (Tidak diterbitkan). Singaraja: Pascasarjana Undiksha.

Tegeh, I.M. dan Kirna, I.M. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Metode Penelitian Pendidikan dengan ADDIE Model. Jurnal IkaVol. 11(1), 12-26.

Utami, I G. A. L.P. 2016. “Teori Konstruktivisme dan Teori Sosiokultural: Aplikasi dalam Pembelajaran Bahasa Inggris”. PRASI Volume 11 (1) Januari-Juni 2016. Halaman 4-11.

Wahyudin. (2016). Statistika Pendidikan. Tanggerang Selatan: Universitas Terbuka.

Wibawa. B. (2014). Materi Pokok Metode Penelitian Pendidikan. Tanggerang selatan: Universitas Terbuka.

Downloads

Published

2022-11-28

How to Cite

Komang Sanjaya, I. B., Darmada, I. M. ., & Suarta, I. M. . (2022). PENGEMBANGAN BUKU CERITA ANAK BERGAMBAR BERNUANSA BUDAYA LOKAL UNTUK SISWA SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 9(2), 308–320. https://doi.org/10.38048/jipcb.v9i2.673

Issue

Section

Articles