PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS APLIKASI ARTICULATE STORYLINE 3 PADA TOPIK RANGKAIAN LISTRIK UNTUK SISWA SD

Authors

  • Ni Putu Trisna Sulistyan Universitas Terbuka
  • Maria Goreti Rini Kristiantari Universitas Pendidikan Ganesha
  • Nengah Arnawa Universitas PGRI Mahadewa Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.38048/jipcb.v9i1.654

Keywords:

multimedia pembelajaran interaktif, articulate storyline 3, rangkaian listrik

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan multimedia pembelajaran interaktif berbasis aplikasi Articulate Storyline 3 pada topik rangkaian listrik untuk siswa sekolah dasar sebagai produk yang valid dan praktis. Prosedur pengembangan dalam penelitian ini mengadaptasi prosedur model DDDE yang terdiri atas tahap menetapkan (Decide), merancang (Design), mengembangkan (Develop), dan mengevaluasi (Evaluate). Subjek penelitian ini adalah 10 siswa Kelas 6 SD Negeri 6 Pendem dan 2 guru Kelas 6 Gugus III Rama Kecamatan Jembrana. Objek penelitian ini adalah multimedia pembelajaran interaktif berbasis aplikasi Articulate Storyline 3 pada topik rangkaian listrik untuk siswa sekolah dasar. Data yang dikumpulkan meliputi data kualitatif dan data kuantitatif. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner berupa lembar validasi dan lembar penilaian kepraktisan. Data dianalisis dengan menentukan persentase skor validitas dan kepraktisan kemudian dikonversikan ke dalam pedoman konversi skala lima untuk mengetahui kualifikasi validitas dan kepraktisan produk. Persentase skor validitas produk oleh ahli materi sebesar 95% dengan kualifikasi sangat valid. Persentase skor validitas produk oleh ahli media sebesar 94% dengan kualifikasi sangat valid. Persentase skor kepraktisan oleh guru sebesar 96% dengan kualifikasi sangat praktis. Persentase skor kepraktisan oleh siswa sebesar 91% dengan kualifikasi sangat praktis. Hal ini menunjukkan bahwa multimedia pembelajaran interaktif rangkaian listrik untuk siswa kelas 6 sekolah dasar valid dan praktis digunakan dalam pembelajaran.

References

Ardiningsih, D. (2019). Pengembangan game kuis interaktif sebagai instrumen evaluasi formatif pada mata kuliah teori musik. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 6(1). https://doi.org/10.21831/jitp.v6i1.17725

Arwanda, P., Irianto, S., & Andriani, A. (2020). Pengembangan media pembelajaran articulate storyline kurikulum 2013 berbasis kompetensi peserta didik abad 21 tema 7 kelas IV sekolah dasar. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 4(2). https://doi.org/10.35931/am.v4i2.331

Buragohain, D. (2019). A Survey on Digital Immigrants’ Technology Usage and Practice in Teaching Digital Natives. International Research in Education, 8(1). https://doi.org/10.5296/ire.v8i1.15560

Chaeruman, U. A. (2019). Mengintegrasikan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) ke dalam proses pembelajaran: Apa, Mengapa dan Bagaimana? Jurnal Teknodik. https://doi.org/10.32550/teknodik.v0i0.536

Clark, R. C., Mayer, R. E., & Thalheimer, W. (2003). E-learning and the science of instruction: Proven guidelines for consumers and designers of multimedia learning. Performance Improvement, 42(5). https://doi.org/10.1002/pfi.4930420510

Ekayani, N. L. P. (2020). Pentingnya penggunaan media pembelajaran untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. artikel Jurusan PGSD, fakultas ilmu pendidikan Universitas …. Jurnal Fakultas Pendidikan Ganesha Singaraja.

Eliza, F., Myori, D. E., Hastuti, Candra, O., & Islami, S. (2019). The validity of trainer on materials science and devices subject at department of electrical engineering. International Journal of Scientific and Technology Research, 8(9).

Ernawati, I. (2017). UJI KELAYAKAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA MATA PELAJARAN ADMINISTRASI SERVER. Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education), 2(2). https://doi.org/10.21831/elinvo.v2i2.17315

Fatmawati, A. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Konsep Pencemaran Lingkungan Menggunakan Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah untuk SMA Kelas X. Edu Sains: Jurnal Pendidikan Sains Dan Matematika, 4(2).

Güney, Z. (2019). Visual literacy and visualization in instructional design and technology for learning environments. European Journal of Contemporary Education, 8(1). https://doi.org/10.13187/ejced.2019.1.103

Junaidi, J. (2019). Peran Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar. Diklat Review : Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Pelatihan, 3(1). https://doi.org/10.35446/diklatreview.v3i1.349

Kirschner, P. A., Sweller, J., Kirschner, F., & Zambrano, J. R. (2018). From Cognitive Load Theory to Collaborative Cognitive Load Theory. International Journal of Computer-Supported Collaborative Learning, 13(2). https://doi.org/10.1007/s11412-018-9277-y

Kruk, J., Lubin, J., Sikka, K., Lin, X., Jurafsky, D., & Divakaran, A. (2020). Integrating text and image: Determining multimodal document intent in instagram posts. EMNLP-IJCNLP 2019 - 2019 Conference on Empirical Methods in Natural Language Processing and 9th International Joint Conference on Natural Language Processing, Proceedings of the Conference. https://doi.org/10.18653/v1/d19-1469

Kurniawan, B., Irwandi, D., & Saridewi, N. (2018). Development of Chemistry Interactive Instructional Media Based on Mobile Learning on Oxidation-Reduction Reactions. https://doi.org/10.2991/icems-17.2018.19

Leppink, J. (2017). Cognitive load theory: Practical implications and an important challenge. Journal of Taibah University Medical Sciences, 12(5). https://doi.org/10.1016/j.jtumed.2017.05.003

Martinec, R. (2013). Nascent and mature uses of a semiotic system: The case of image-text relations. Visual Communication, 12(2). https://doi.org/10.1177/1470357212471603

Mayer, R. E. (2011). Applying the Science of Learning to Multimedia Instruction. In Psychology of Learning and Motivation - Advances in Research and Theory (Vol. 55). https://doi.org/10.1016/B978-0-12-387691-1.00003-X

Mayer, R. E. (2014). Cognitive theory of multimedia learning. In The Cambridge Handbook of Multimedia Learning, Second Edition. https://doi.org/10.1017/CBO9781139547369.005

Mayer, R. E., & Estrella, G. (2014). Benefits of emotional design in multimedia instruction. Learning and Instruction, 33. https://doi.org/10.1016/j.learninstruc.2014.02.004

Moore, C. (2010). Teaching digital natives: Partnering for real learning. International Journal for Educational Integrity, 6(2). https://doi.org/10.21913/ijei.v6i2.707

Prasetyo, S. (2017). Pengembangan media pembelajaran ipa berbasis android untuk siswa SD/MI. JMIE (Journal of Madrasah Ibtidaiyah Education), 1(1). https://doi.org/10.32934/jmie.v1i1.29

Rahmat, A. S. (2017). Games Book sebagai Media Peningkatan Minat Baca pada Pembelajaran Bahasa Indonesia SD Kelas Tinggi. Indonesian Journal of Primary Education, 1(1). https://doi.org/10.17509/ijpe.v1i1.7494

Ramadhani, S. P. (2019). Pengaruh media pembelajaran dengan gaya belajar terhadap hasil belajar IPS (Penelitian Eksperimen Pada Siswa Kelas VI Wilayah VII, Kelurahan Manggarai, Kecamatan Tebet, Jakarta Selatan). Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru SD, 1(1). https://doi.org/10.31326/jipgsd.v1i1.283

Reedy, G. B. (2015). Using Cognitive Load Theory to Inform Simulation Design and Practice. Clinical Simulation in Nursing, 11(8). https://doi.org/10.1016/j.ecns.2015.05.004

Safira, A. D., Sarifah, I., & Sekaringtyas, T. (2021). Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis web articulate storyline pada pembelajaran ipa di kelas V sekolah dasar. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(2). https://doi.org/10.37478/jpm.v2i2.1109

Salifu, A. A., & Wok, S. (2021). The Impact of Emergency Remote Teaching and Learning ( ERTL ) during COVID-19 Pandemic on Students. Journal of Communication Education, 1(1, February).

Salwani, R., & Ariani, Y. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Tema 3 Subtema 3 Berbasis Articulate Storyline 3 di Kelas Va SDIT Mutiara Kota Pariaman. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1).

Saputra, W., & Purnama, B. E. (2015). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Untuk Mata Kuliah Organisasi Komputer. Speed - Sentra Penelitian Engineering Dan Edukasi, 4(2).

Sari, I. P. (2017). Implementasi pembelajaran berbasis e-learning menggunakan claroline. Research and Development Journal of Education, 4(1). https://doi.org/10.30998/rdje.v4i1.2070

Sari, R. K., & Harjono, N. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline Tematik Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas 4 SD. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(1). https://doi.org/10.23887/jp2.v4i1.33356

Smith, E. E., Kahlke, R., & Judd, T. (2020). Not just digital natives: Integrating technologies in professional education contexts. Australasian Journal of Educational Technology. https://doi.org/10.14742/ajet.5689

Sun, J. N., & Hsu, Y. C. (2013). Effect of interactivity on learner perceptions in Web-based instruction. Computers in Human Behavior, 29(1). https://doi.org/10.1016/j.chb.2012.08.002

Sweller, J. (2020). Cognitive load theory and educational technology. Educational Technology Research and Development, 68(1). https://doi.org/10.1007/s11423-019-09701-3

Utami, Y. S., & Wahyudi. (2021). Pengembangan Media Interaktif Berbasis Articulate Storyline Pada Pembelajaran Tematik Peserta Didik Kelas V SD. Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 03(2).

Wibawanto, W. S. S. M. D. (2017). Desain dan Pemrograman Multimedia Pembelajaran Interaktif - Wandah Wibawanto, S.Sn. M.Ds. - Google Books. In Penerbit Cerdas Ulet Kreatif.

Downloads

Published

2022-03-23

How to Cite

Sulistyan, N. P. T., Maria Goreti Rini Kristiantari, & Nengah Arnawa. (2022). PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS APLIKASI ARTICULATE STORYLINE 3 PADA TOPIK RANGKAIAN LISTRIK UNTUK SISWA SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 9(1), 25–37. https://doi.org/10.38048/jipcb.v9i1.654

Issue

Section

Articles