PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL UNTUK MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL DI KELAS X SISWA SMK
Keywords:
Pembelajaran Kontekstual, Sistem Persamaan Linear Dua VariabelAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses dan menghasilkan perangkat pembelajaran kontekstual untuk materi sistem persamaan linear dua variabel yang berkualitas baik serta untuk mengetahui keefektifan pembelajaran kontekstual untuk materi sistem persamaan linear dua variabel. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan yaitu RPP, LKS dan THB. Model pengembangan perangkat pembelajaran yang digunakan adalah model 4-D dari Thiagarajan (1974) yang dimodifikasi menjadi 3-D tanpa tahap penyebaran (dissemminate). Untuk menghasilkan perangkat pembelajaran kontekstual untuk materi sistem persamaan linear dua variabel yang baik, maka dilakukan validasi terhadap perangkat pembelajaran dan uji coba pembelajaran guna mengetahui kepraktisan dan keefektifan perangkat pembelajaran. Dari hasil validasi oleh para validator memperoleh hasil dalam kategori minimal baik, sedangkan butir soal yang disusun telah memenuhi kriteria valid dengan nilai ? 0,42 reliabel dengan nilai 0,612 dan nilai sensitivitas setiap butir tes ? 0,43. Untuk mengetahui keefektifan pembelajaran kontekstual, dilaksanakan implementasi untuk perangkat pembelajaran yang telah disusun yang dilaksanakan di SMK Katolik Mater Amabilis Surabaya dan diperoleh dari kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran untuk aspek pada setiap pertemuan minimal baik. Aktivitas selama proses pembelajaran pada setiap pertemuan tergolong dalam kategori efektif. Respon siswa baik terhadap perangkat pembelajaran dan kegiatan pembelajaran kontekstual termasuk dalam kategori positif ? 80 %. Analisis hasil tes hasil belajar menunjukkan bahwa siswa telah mencapai ketuntasan belajar secara klasikal ? 70 %. dengan KKM 70.
References
Dinatha, N.M. (2018). Nilai-nilai Karakter dalam Pembelajaran IPA di Perguruan Tinggi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti. 177-187
Masykur & Fathani. (2009). Mathematical Intelligence: Cara Cerdas Melatih Otak Dan Menanggulangi Kesulitan Belajar. Yogyakarta : Ar-Ruzz Media.
Muga, W., Oje, M.S., & Laksana, D.N.L. (2018). Hasil Belajar Kognitif Siswa SD dalam Pembelajaran Kontekstual Meda Mazi (Studi pada Siswa SD Kelas Tinggi). Journal of Education Technology, 2(1), 20-25
Nieveen, N. (1999). Design Approaches and Tools in Education and Training. Netherlands. Kluwer Academic Publisher.
Rusman. (2014). Model-Model Pembelajaran (Mengembangkan Profesionalisme Guru). Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Thigarajan, S, Semmel D.S., & Semmel, M.I. (1974).Instructional Development for Training Teachers of Expectional Children. Minneapolis, Minnesota: Leardership Training Institute/Special Education, University of Minnesota.