PENGEMBANGAN BAHAN AJAR KIMIA UMUM BERBASIS TIK UNTUK MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN IPA
Keywords:
Bahan ajar kimia umum, TIKAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas bahan ajar kimia umum berbasis TIK. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Penelitian ini dilakukan di STKIP Citra Bakti, Kabupaten Ngada, NTT. Jumlah subjek penelitian adalah 10 orang mahasiswa program studi pendidikan IPA. Pengumpulan data untuk mengukur kualitas bahan ajar kimia umum berbasis TIK menggunakan kuesioner. Data dianalisis secara deskriptif dengan mengacu pada skala teoretik. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kualitas bahan ajar kimia umum berbasis TIK dikatakan dalam kategori “sangat baik”.
References
Coll, R.K. & Taylor, T.G.N. (2000). Improving tertiary chemistry teaching: Implications of science education research for classroom practice. Chemistry in New Zealand.
Dick dan Carey. (2005). The Systematic Design Instruction. Pearson. Boston
Degeng, I N. S. (2013). Ilmu pembelajaran: Klasifikasi variable untuk pengembangan teori dan penelitian. Bandung: Aras Media
Dinatha, N.M. (2017). Kesulitan Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran IPA Terpadu. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara. 2 (2): 214-223
Dinatha, N.M. (2017). Pemanfaatan Media Sosial Facebook untuk Menilai Sikap Ilmiah (Afektif) Mahasiswa. Journal of Education Technology. I (3). 211-217
Dinatha, N.M. (2018). Nilai-nilai Karakter dalam Pembelajaran IPA di Perguruan Tinggi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti. 177-187
Elina Syarif, Zulkarnaini, Sumarno. (2009). pembelajaran menulis. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Laksana, D.N.L., Kurniawan, P.A.W., & Niftalia, I. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Tematik SD Kelas IV Berbasis Kearifan Lokal Masyarakat Ngada. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 3 (1), 1-10.
Mcgriff, SJ. (2000). Instructional Systems, College of Education. Penn State University