PENGARUH PENDEKATAN OPEN-ENDED TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIKA SISWA KELAS V SD

Authors

  • Ni Made Ary Siswanti Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Ketut Dibia Universitas Pendidikan Ganesha
  • Komang Sujendra Diputra Universitas Pendidikan Ganesha

Keywords:

pendekatan open-ended, berpikir kritis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan kemampuan berpikir kritis matematika siswa antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan pendekatan open-ended dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional di kelas V SD Gugus VIII Kedewatan Kecamatan Ubud Kabupaten Gianyar tahun pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi eksperiment) dengan rancangan penelitian menggunakan post-test only control group design. Populasi dalam penelitian adalah siswa kelas V SD Gugus VIII Kedewatan Kecamatan Ubud Kabupaten Gianyar tahun pelajaran 2017/2018. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial (uji-t) dengan rumus polled varians. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan berpikir kritis matematika siswa antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan pendekatan open-ended dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional pada siswa kelas V SD Gugus VIII Kedewatan Kecamatan Ubud Kabupaten Gianyar tahun pelajaran 2017/2018. Hal ini ditunjukkan oleh thitung (11,75) > ttabel (2,002).

References

Agustian, E., dkk. (2015). Pengaruh pendekatan open-ended terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa sekolah dasar kelas V. e-Jurnal Mimbar Sekolah Dasar, 2(2).

Diarasita, P.A., dkk. (2016). Penerapan model open-ended berbantuan media visual dapat meningkatkan keaktifan dan penguasaan kompetensi pengetahuan matematika. e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD, 4(1).

Inprasitha, Mitree. (2006). Open-ended approach and teacher education. Tsukuba Journal of Educational Study in Mathematics. Vol. 25.

Lestari, N., dkk. (2016). Pengaruh pendekatan open-ended terhadap penalaran matematika siswa sekolah menengah pertama palembang. Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1).

Margunayasa, I.G., dkk. (2014). Pembelajaran terpadu konsep dan penerapannya. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Mullis, I. V. S., dkk. (2016). TIMSS 2015 International Results in Mathematics. Retrieved from Boston College, TIMSS & PIRLS International Study Center.

Munzair, S., dkk. (2017). Kemampuan Berpikir Kritis dan Metakongnisi Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Melalui Pendekatan Problem Solving” Aksioma Jurnal Pendidikan Matematika FKIP Univ. Muhammadiyah Metro, 6(2).

OECD. (2018). PISA 2015 Results in Focus. Paris: OECD Publishing.

Pariasa, I.K., dkk. (2015). Pengaruh pendekatan masalah terbuka (open-ended) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas v gugus VII Kec. Tejakula, Kab. Buleleng tahun pelajaran 2013/2014.e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 3(1).

Rahmawati, N.L.T., dkk. (2016). Pembelajaran dengan visual scaffolding untuk mengembangkan kemampuan siswa dalam menyelesaikan masalah terbuka materi fungsi kuadrat. Prosiding Seminar Nasional MIPA 2016, ISBN: 978-602-6428-00-4.

Rasana, I.D.P.R. (2009). Model-model pembelajaran. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Setyosari, P. (2015). Metode penelitian pendidikan & pengembangan. Jakarata: Kharisma Putra Utama.

Sudiarta, I Gusti Putu. (2007). Prospek pengembangan dan penerapan model pembelajaran matematika berorientasi pemecahan masalah open-ended di sekolah dasar di Propinsi Bal”. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 13(68).

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Suherman, H. E. (2003). Strategi pembelajaran matematika kontemporer. Bandung: Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Pendidikan Indonesia.

Sunita, N.K., dkk. (2017). Pengaruh penerapan strategi pembelajaran discovery berbantuan masalah terbuka terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika ditinjau dari adversity quotient. Jurnal Matematika, Sains, dan Pembelajaran, 11(2).

Suryantini, N.K., dkk. (2016). Pembelajaran matematika berbasis masalah matematika terbuka dengan keterampilan metakognitif untuk meningkatkan prestasi belajar matematika siswa. Prosiding Seminar Nasional MIPA 2016, ISBN: 978-602-6428-00-4.

Suwatra, I.W., dkk. (2015). Belajar dan pembelajaran sekolah dasar. Singaraja: Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2003. Jakarta: Sekretaris Negara Republik Indonesia.

Wijaya, A. (2012). Pendidikan matematika realistik suatu alternatif pendekatan pembelajaran matematika. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Downloads

Published

2019-03-15

How to Cite

Siswanti, N. M. A., Dibia, I. K. ., & Diputra, K. S. . (2019). PENGARUH PENDEKATAN OPEN-ENDED TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIKA SISWA KELAS V SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 5(2), 1–14. Retrieved from https://jurnalilmiahcitrabakti.ac.id/jil/index.php/jil/article/view/4

Issue

Section

Articles