PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP MEDIA PEMBELAJARAN E-LEARNING
DOI:
https://doi.org/10.38048/jipcb.v8i2.368Keywords:
media pembelajaran, e-learning, pandemi COVID-19Abstract
E-learning merupakan salah satu media pembelajaran yang digunakan selama pandemi covid-19. E-learning sangat penting bagi mahasiswa untuk mengakses materi yang disampaikan oleh dosen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi mahasiswa terhadap implementasi dari media E-learning selama learning from home. Deskriptif kualitatif merupakan metode dari peneliian ini dengan instrument penelitiannya adalah observasi dan wawancara Subjek dari peneliian ini mahasiswa semester 4 (empat) yang berjumlah 15 (lima belas) orang. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran E-learning yang diimplementasikan selama pembelajaran daring sangatlah bermanfaat bagi mahasiswa. Hal ini dibuktikan dengan respon mahasiswa terhadap pertanyaan yang diberikan pada saat wawancara adalah seperti media pembelajaran E-learning sangat membantu selama proses pembelajaran daring, selain itu juga materi pembelajaran yang disampaikan dapat dipahami, dan dapat diakses tanpa batas waktu. Kesimpulan dari penelitan ini adalah media pembelajaran E-learning yang digunakan selama selama pandemic covid-19 sangat baik dan dapat membantu memperlancar proses pembelajaran serta menambah wawasan mahasiswa dalam pemanfatan IT.
References
Abou El-Seoud, M.s., Taj-Eddin, I.A., Seddiek, N., El-Khouly, M. M., & Nosseir, A. (2014). E-learning and students’ motivation : A research study on the effect of e-learning on higher education. International Journal Of Emerging Technologies In Learning (iJet), 9(4), 20-26
Andayani, D. D., Fathahillah, F., & Abdal, N. M. (2020). Penerapan E-Learning Sebagai Alternatif Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19. In Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat.
Andayani, T. R. (2021). Sumber informasi serta dampak penerapan pembatasan sosial dan fisik pada masa pandemi COVID-19: Studi eksploratif di Indonesia. Jurnal Psikologi Sosial, 19(2), 11-121.
Aurora, A., & Effendi, H. (2019). Pengaruh penggunaan media pembelajaran E-learning terhadap motivasi belajar mahasiswa di Universitas Negeri Padang. JTEV (Jurnal Teknik Elektro dan Vokasional), 5(2), 11-16
Azizi, A. W., Larasati, E., & Yuniningsih, T. (2021). Persepsi kepala sekolah dalam merespon kebijakan pembelajaran jarak jauh. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 8(1), 1-13.
Bogdan, R., Taylor, S.J., & Taylor, S.S. (1975). Introduction to qualitative research methods. A phenomenological approach to the social sciences. Wiley-Interscience.
Cheng, K. (2006). A research study on students’ level of acceptance in applying e-learning for business course-A case study on a technical college in Taiwan Journal of American Academy of Business, 8(2), 265-270
Darmadi, H. (2016). Tugas, peran, kompetensi, dan tanggung jawab menjadi guru profesional. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 13(2), 161-174.
Harandi, S.R (2015) Effects of e-learning on students’motivation. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 181, 423-430
Hartanto, W. (2016). Penggunaan e-learning sebagai media pembelajaran. Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial, 10(1).
Hidayatulah, M. A., Astuti, R. S., & Simanjuntak, S. Y. (2021). Persepsi siswa dalam kebijakan pembelajaran jarak jauh. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 8(1), 14-24.
Isman, M. (2017). Pembelajaran moda dalam jaringan (moda daring). The Progressive and Fun Education Seminar, 586-588
Laksana, D.N.L. (2020). Implementation of Online Learning in The Pandemic Covid-19: Student Perception in Areas with Minimum Internet Access. Jurnal of Education Technology, 4(4), 502-509. http://dx.doi.org/10.23887/jet.v4i4.29314
Maeo,J.M., del Rey, D.P., & Hemandes, S.M. (2010). Student motivation and croo-culricular development through e-learning applied to cooperation. In IEEE EDUCON 2010 Conference (pp. 913-920). IEEE
Michael, A. (2013). Michael Allen’s Guide to E-learning. Canada: John Wiley & Sons.
Muhammad, H., Murtinugraha, R. E., & Musalamah, S. (2020). Pengembangan media pembelajaran e-learning berbasis moodle pada mata kuliah metodologi penelitian. Jurnal Pensil: Pendidikan Teknik Sipil, 9(1), 54-60.
Ota, M.K., Djou, A.M.G., & Numba, F.F. (2021). Problematika pembelajaran daring siswa kelas VIII Smpn 1 Ende Selatan, Kabupaten Ende. Mitra Mahajana: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 74-81
Rohmah, L. (2011). Konsep E-Learning Dan Aplikasinya Pada Lembaga Pendidikan Islam. AN NUR: Jurnal Studi Islam, 3(2), 255-270.
Sama, G., Ota, M.K, & Siam, G.A. (2021). Students’ perception towards the use of edmodo in learning effective listening in the pandemic covid-19 period. EXPOSURE: Jurnal Pendidikan Bahasa Inggris, 10(1), 55-64
Samsu, S. (2017). Metode penelitiaan: (teori dan aplikasi penelitian kualitatif, kuantitatif, mixed methods, sera research & development). Pusat Studi Agama dan Kemasyarakatan (PUSAKA): Jambi
Simanjuntak, S. Y., Dwimawanti, I. H., & Hidayatullah, M. A. (2020). Respons guru terhadap kebijakan pembelajaran jarak jauh selama pandemi covid-19. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 7(2), 125-136.
Sugiyono, S (2009). Metode penelitian kuantitatif dan R&D. Alfabeta:Bandung