PENERAPAN ASESMEN DIAGNOSTIK NON KOGNITIF PADA ASPEK KESIAPAN DAN GAYA BELAJAR SISWA SD
DOI:
https://doi.org/10.38048/jipcb.v11i2.3660Keywords:
asesmen diagnostik, diagnostik non kognitif, gaya belajar, kesiapan belajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi implementasi penilaian diagnostik non-kognitif yang berfokus pada kesiapan dan gaya belajar siswa SD. Metode analitik deskriptif dengan pendekatan kualitatif digunakan untuk mengumpulkan data melalui kuesioner, wawancara, dan observasi langsung. Temuan mengungkapkan wawasan penting mengenai aspek non-kognitif dari kesiapan dan gaya belajar siswa SD. Secara spesifik, studi ini menemukan bahwa kondisi fisik siswa dinilai sangat baik oleh 68,75% responden, kondisi mental dinilai baik oleh semua responden, dan tingkat motivasi sangat tinggi, dengan 87,5% siswa dinilai sangat termotivasi. Mengenai pengetahuan awal, 75% siswa dikategorikan baik. Dalam hal gaya belajar, terdapat distribusi yang beragam antara auditori (37,5%), visual (25%), dan audiovisual (37,5%), menunjukkan variasi yang seimbang dalam preferensi belajar di antara siswa. Hasil ini menunjukkan bahwa pemahaman tentang kesiapan dan gaya belajar siswa sangat penting bagi pendidik untuk mengoptimalkan strategi pengajaran dan meningkatkan hasil pendidikan.
References
Andriyatin, R., Rosidin, U., & Suana, S. (2016). Pengembangan lembar kerja siswa model problem-based learning materi suhu dan kalor. Jurnal Pembelajaran Fisika, 4(3), 39-40.
Angkat, N. A., Novianti, S., & Ramadani, W. (2022). Variasi gaya belajar siswa pada pembelajaran bahasa Indonesia di kelas V SD. Pema (Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Kepada Masyarakat), 2(1), 47-53.
Ansori, I., Endang, B., & Yusuf, A. (2016). Analisis faktor-faktor penyebab rendahnya prestasi belajar pada siswa kelas VIII sekolah menengah pertama. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 5(10).
Ardiansyah. (2023). Asesmen dalam Kurikulum Merdeka Belajar. Jurnal Literasi dan Pembelajaran Indonesia, 3(1), 8-13.
Baruta, Y. (2023). Asesmen pembelajaran pada kurikulum merdeka: Pendidikan anak usia dini, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah. Penerbit P4I.
Djayadin, C., Mubarakah, W. W., Adisucipto, J. L., Depok, K., & Sleman, K. (2021). Mahasiswa dalam proses pembelajaran daring di perguruan tinggi keagamaan Islam negeri (PTKIN) program study interdisciplinary Islamic studies. Perspektif Ilmu Pendidikan, 35(1), 1-8. https://doi.org/10.21009/Pip.351.1
Ermiyanto, E., Asroa, I., & Ilyas, A. (2023). Asesmen diagnostik gaya belajar siswa kelas VII di SMPN 4 Padang Panjang. MANAZHIM, 5(1), 166-177.
Fahmi, I. M., Wahyu, D., Aisyah, S. A., Harto, K., & Suryana, E. (2023). Implementasi asesmen diagnostik pada mata pelajaran pendidikan agama Islam pada Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Ogan Komering Olu. FIKROTUNA: Jurnal Pendidikan dan Manajemen Islam, 12(02), 184-197. https://doi.org/10.32806/jf.v12i02.7239
Fatonah, U. (2022). Program pendampingan sekolah penggerak sebagai salah satu upaya implementasi pembelajaran paradigma baru. EDUKHA: Jurnal Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, 3(1), 111-117.
Harmini, & Triana, A. S. V. (2021). Faktor yang mempengaruhi rasa ingin tahu dan kemampuan memecahkan masalah siswa pada mata pelajaran IPA SMP. Jurnal Tadris IPA Indonesia, 1(2), 210-218.
Hasna, S., & Azizah, M. (2023). Implementasi asesmen diagnostik non kognitif siswa kelas III SD Negeri Gayamsari 02 Kota Semarang. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD, 9(2), 6037-6049.
Hendayani, (2023) Kesiapan Guru dalam Menyusun Asesmen Diagnostik Non Kognitif Peserta Didik ditinjau dari Prespktif Psikologi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 28139-28146.
Himmi, N., & Azni, A. (2017). Hubungan kesiapan belajar dan kecemasan matematika terhadap hasil belajar matematika siswa SMP. PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 6(1):22-30
Jayatra, R., Yuline, Y., & Wicaksono, L. (2021). Analisis Kesiapan Belajar Pada Siswa Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Serasan Timur. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 8(3), 1-10. http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v8i3.31738
Makbul, M. (2021). Metode pengumpulan data dan instrumen penelitian. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(3), 2477-2143.
Nugraha, M. (2018). Manajemen kelas dalam meningkatkan proses pembelajaran. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 4(01), 27-44.
Purnamasari, A., & Afriansyah, E. A. (2021). Kemampuan komunikasi matematis siswa SMP pada topik penyajian data di pondok pesantren. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 207-222.
Rahman, K., & Ririen, D. (2023). Implementasi asesmen diagnostik non kognitif dalam kebijakan sekolah. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(5), 1815-1823. https://doi.org/10.31004/edukatif.v5i5.3954.
Rapida, W. A., Haidar, K., & Abu, I. (2022). Analisis kesiapan belajar siswa kelas IX pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 21 Samarinda. Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora, 2(2), 14-22. https://doi.org/10.30872/langgong.v2i1.1825.
Sari, L. O. (2020). Gaya belajar siswa dalam proses pembelajaran bahasa Indonesia pada kelas V SD Negeri 113 Bengkulu Selatan. [Dissertation]. IAIN Bengkulu.
Salsabila, A., & Puspitasari, P. (2020). Faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar siswa Sekolah Dasar. Pandawa, 2(2), 278-288.
Sasomo, B., & Rahmawati, A. D. (2023). Analisis asesmen diagnostik pada model pembelajaran project based learning di kurikulum merdeka SMPN 3 Sine. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 250-263.
Siagiant, M. D. (2020). Analisis hubungan kesiapan belajar secara daring di era pandemi Covid-19 terhadap hasil belajar statistika. Journal of Didactic Mathematics, 1(3), 138-143.
Sintiawati, N., Fajarwati, S. R., Mulyanto, A., Muttaqien, K., & Suherman, M. (2022). Partisipasi civitas akademik dalam implementasi merdeka belajar kampus merdeka (MBKM). Jurnal Basicedu, 6(1), 902-915.
Sudirman, S., Sarjan, M., Rokhmat, J., & Hamidi, H. (2022). Penilaian pendidikan IPA secara realtime dan terintegrasi dengan artificial intelligence: Perspektif filsafat. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(4b), 2658-2668.
Sugiyono. (2017). Metode penelitian kualitatif. Bandung: CV Alfabeta.
Syaparuddin, S., Meldianus, M., & Elihami, E. (2020). Strategi pembelajaran aktif dalam meningkatkan motivasi belajar pkn peserta didik. Mahaguru: jurnal pendidikan guru sekolah dasar, 1(1), 30-41
Ulimaz, A., Agustina, D. K., Anggraini, D. P., & Sulistiana, D. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Mahasiswa pada Materi Nutrisi Mikroorganisme Berbasis High Order Thinking Skill. Bioedusiana: Jurnal Pendidikan Biologi, 5(1), 41-51.
Yani, D., Muhanal, S., & Mashfufah, A. (2023). Implementasi Assemen Diagnostic Untuk Menentukan Profil Gaya Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Diferensiasi Di Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi dan Teknologi Pendidikan (JURINOTEP), 1(3), 241-250.
Zaluchu, (2020). Strategi Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif di dalam Penelitian agama. Evangelikal: Jurnal Teologi Injil dan Pembinaan Warga Jemaat, 4(1),28-38.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.