ANALISIS AWAL ASPEK KEBAHASAAN DAN SITUASI KELAS DALAM KEGIATAN LITERASI MENGGUNAKAN BAHASA IBU SEBAGAI BAHASA TRANSISI DALAM PEMBELAJARAN SD

Authors

  • Floranida Nari Sae STKIP Citra Bakti, Indonesia
  • Yosefina Uge Lawe STKIP Citra Bakti, Indonesia
  • Dek Ngurah Laba Laksana STKIP Citra Bakti, Indonesia
  • Bergita Raga UPTD SDN Sobo, Indonesia
  • Noni Stephana Ariany Lodo UPTD SDN Sobo, Indonesia
  • Yohanes Vianey Sayangan STKIP Citra Bakti, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.38048/jipcb.v11i2.3658

Keywords:

Bahasa ibu, Kemampuan literasi dasar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis awal tentang aspek kebahasaan dan situasi kelas berbasis bahasa ibu. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskripstif kualitatif dengan metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari aspek analisis kebahasaan dari 14 peserta didik yang kini duduk di kelas 1, peserta didik yang mampu menggunakan bahasa daerah atau bahasa ibu terdiri dari 5 orang sehingga persentasi 35,7% dan 9 orang peserta didik menggunakan bahasa Indonesia sehingga persentasi 64,2%. Sedangkan pada aspek situasi kelas peserta didik dengan kategori senang belajar dengan menggunakan media pembelajaran terdiri dari 5 peserta didik dan memperoleh persentase 35,7%, peserta didik dengan kategori senang belajar menggunakan metode cerita terdiri dari 4 peserta didik sehingga memperoleh persentase 28,5%, peserta didik dengan kategori senang belajar dengan bermain peran terdiri dari 5 peserta didik sehingga memperoleh persentase 35,7%. Dapat ditarik sebuah kesimpulan bahwa aspek kebahasaan berbasis bahasa ibu di UPTD SDN Sobo mencapai kategori sangat rendah dengan persentase 35,7%. Berdasarkan hasil analisis data aspek kebahasaan dan situasi kelas di atas dapat disimpulkan bahwa pembelajaran berbasis bahasa ibu di UPTD SDN Sobo dapat di terapkan untuk mengembangkan literasi siswa.

References

ACDP Indonesia. (2014). Pendidikan Multi Bahasa Berbasis Bahasa Ibu (PMB-BBI). Lembar Kerja November 2014. ACDP Indonesia.

Achsani, F. (2020). Penerapan Dan Kemampuan Teknik Cerita Berantai Pada Pembelajaran Menceritakan Kembali Isi Fabel (Application and Capability of Chain Relaxed Story Techniques in Learning Retelling the Fabel Contents). TOTOBUANG, 8(2), 253-265.

Ade, P. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 14 Bermani Ilir Kabupaten Kepahiang (Doctoral dissertation, IAIN BENGKULU).

Ahsan, S., & Islam, M. J. (2011) Use of Bangla in EFL classes: the reaction of the secondary level students and the teachers in Bangladesh. ASA University Review, 5(2), 197 ± 222.

Ananda, R., & Fadhilaturrahmi, F. (2018). Analisis kemampuan guru sekolah dasar dalam implementasi Pembelajaran Tematik Di SD. Jurnal Basicedu, 2(2), 11-21.

Anggraini, P. D., & Wulandari, S. S. (2021). Analisis penggunaan model pembelajaran projectbased learning dalam peningkatan keaktifan siswa. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 9(2), 292-299.

Benson, C. (2016). Addressing language of instruction issues in education: Recommendations for documenting progress. Working paper prepared for the Global Education Monitoring Report. Berlian,

Bukhori, I. (2018). Metode penanaman nilai-nilai multikultural pada siswa kelas rendah (studi pada mi di mwcnu lp. Maarif kraksaan). EDURELIGIA: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(1), 41-52.

Dasna, I.W., Laksana, D.N.L. & Sudatha I.G.W. (2015). Desain dan model pembelajaran inovatif dan interaktif. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.

Devianty, R. (2017). Peran bahasa Indonesia dan bahasa Daerah dalam pendidikan karakter. Ijtimaiyah: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(2), 79-101.

Febriani, L. (2019). Upaya guru dalam mengatasi penggunaan bahasa ibu pada pembelajaran bahasa Indonesia siswa di kelas V Sekolah Dasar Negeri 72 Kaur (Doctoral dissertation, IAIN BENGKULU).

He, A. E. (2012). Systematic use of mother tongue as learning/teaching resources in target language instruction. Multilingual Education: A Springer Open Journal, 2(1), 1 ± 15.

Ibda, H. (2017). Urgensi pemertahanan bahasa ibu di sekolah dasar. SHAHIH: Journal of Islamicate Multidisciplinary, 2(2).

Ibda, H. (2019). Bahasa Indonesia tingkat lanjut untuk mahasiswa: Dilengkapi caturtunggal keterampilan berbahasa. CV. Pilar Nusantara.

Inten, D. N. (2018). Meningkatkan penguasaan kosakata anak usia dini melalui puisi lagu anak. Golden Age: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2).

Iswatiningsih, D. (2019). Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Nilai-Nilai Kearifan Lokal di Sekolah. Satwika: Kajian Ilmu Budaya Dan Perubahan Sosial, 3(2), 155-164.

Kaka, P.W., & Meka, M. (2020). Pengembangan pembelajaran tematik berkearifan lokal dengan media mind maping untuk meningkatkan keterampilan dasar siswa sekolah dasar Kabupaten Nagekeo-Flores. Jurnal Inklusi P4TK TK dan PLB, 1(3), 79-90.

Kata, F., Laksana, D.N.L., & Ngura, E.T. (2022). Analisis konten dan konteks budaya lokal Nagekeo yang diintegrasikan dalam pembelajaran anak usia dini. Jurnal Citra Pendidikan, 2(4), 65-78. https://doi.org/10.38048/jcp.v2i4.925.

Kurniasari, W., Murtono, M., & Setiawan, D. (2021). Meningkatkan Minat Belajar Siswa Menggunakan Model Blended Learning Berbasis Pada Google Classroom. Jurnal Educatio Fkip Unma, 7(1), 141-148

Lawe, Y.U., Noge, M. D., Wede, E., & Itu, I.M. (2021). Penggunaan bahan ajar elektronik multimedia berbasis budaya lokal pada tema daerah tempat tinggalku untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 8(1),92–102. https://doi.org/10.38048/jipcb.v8i1.104.

Mackenzie, P. J., & Walker, J. (2015). Global Campaign for Education Policy Brief: Mother-tongue Education: Policy Lessons for Quality and Inclusion, Global Campaign for Education. South Africa, www.campaignforeducation.org.

Mahendra, Y., Apriza, B., & Rohmani, R. (2022). Analisis Penggunaan Bahasa Ibu dalam Proses Pembelajaran dan Pergaulan Lingkungan Siswa. Jurnal Basicedu, 6(1), 700-708.

Mahmudah, S. M., & Rahayu, M. (2020). Pengelolaan konten media sosial korporat pada instagram sebuah pusat perbelanjaan. Jurnal Komunikasi Nusantara, 2(1), 1-9.

Musoffa, M. (2021). Penerapan Metode Pembelajaran Membaca dalam Menangani Peserta Didik Disleksia di Madrasah Ibtidaiyah Husnul Huda Songgon Banyuwangi (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember).

Nur dkk. (2018). Evaluasi Implementasi Gerakan Literasi Sekolah (GLS). Jakarta: Puslitjak, Balitbang, Kemendikbud.

Pangastuti, R., & Hanum, S. F. (2017). Pengenalan abjad pada anak usia dini melalui media kartu huruf. Al Hikmah: Indonesian Journal Of Early Childhood Islamic Education, 1(1), 51-66.

Prawitasari, M., & Susanto, H. (2021). Retrogresi Penggunaan Media Daring Dalam Pembelajaran Sejarah Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Education and Development, 9(4), 173-177.

Putrayasa, I. B., & Sudiana, I. N. (2021). Membentuk Karakter Anak Melalui Habituasi Dongeng pada Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Bahasa Dan Sastra, 8(2), 68-77.

Rakimahwati, R. (2018). Pelatihan pembuatan boneka jari bergambar dalam meningkatkan kemampuan membaca anak usia dini di kecamatan v koto kampung dalam Kabupaten Padang Pariaman. Early Childhood: Jurnal Pendidikan, 2(2b), 1-11.

Ramadanti, E., & Arifin, Z. (2021). Strategi peningkatan kemampuan membaca permulaan melalui media kartu bergambar bagi anak usia dini dalam bingkai islam dan perspektif pakar pendidikan. KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education, 4(2), 173-187.

Ria F. Xaverius., Awe E. Yosefa., Laksana D. Ngurah Laba (2023). Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata. Vol. 4 (2) hal. 570-577.

Samri, F., Rewo, J.M., & Laksana, D.N.L. (2020). Electronic thematic teaching multimedia with local culturebased materials and its effect on conceptual mastery of primary school students. European Journal of Education Studies, 7 (12), 625-641.doi: http://dx.doi.org/10.46827/ejes.v7i12.3474

Scorpina, Y. (2021). Meraih Minat Belajar Bahasa Ibu Dengan Menggalakkan Praktik Bahasa Indonesia Pada Pergaulan Siswa MTsN 2 Pesisir Selatan Kecamatan Bayang Kabupaten Pesisir Selatan Tahun Ajaran 2018/2019. Jurnal Ilmiah Pendidikan Scholastic, 5(3), 37-48.

Sholeha, F. Z., & Al Baqi, S. (2022). Kecemasan Peserta Didik Dalam Pembelajaran Bahasa Arab. MAHIRA: Journal of Arabic Studies, 2(1), 1-12.

Syaprizal, M. P. (2019). Proses pemerolehan bahasa pada anak. AL-HIKMAH (Jurnal Pendidikan Dan Pendidikan Agama Islam), 1(2), 75-86.

Downloads

Published

2024-05-05

How to Cite

Sae, F. N., Lawe, Y. U., Laksana, D. N. L., Raga, B., Lodo, N. S. A., & Sayangan, Y. V. (2024). ANALISIS AWAL ASPEK KEBAHASAAN DAN SITUASI KELAS DALAM KEGIATAN LITERASI MENGGUNAKAN BAHASA IBU SEBAGAI BAHASA TRANSISI DALAM PEMBELAJARAN SD . Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 11(2), 563–574. https://doi.org/10.38048/jipcb.v11i2.3658

Issue

Section

Articles

Citation Check

Most read articles by the same author(s)