PENERAPAN MEDIA POHON LITERASI DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA SAINS SISWA SD

Authors

  • Maria Regina Bhala STKIP Citra Bakti, Indonesia
  • Ngurah Mahendra Dinatha STKIP Citra Bakti, Indonesia
  • Prisko Yanuarius Djawaria Pare STKIP Citra Bakti, Indonesia
  • Maria Yuliana Kua STKIP Citra Bakti, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.38048/jipcb.v11i2.3299

Keywords:

media, minat baca, pohon literasi, sains

Abstract

Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah tidak adanya media pembelajaran literasi sains yang memicu semangat siswa SD untuk membaca pada mata pelajaran IPA, sehingga siswa mudah merasa bosan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan media pembelajaran pohon literasi dalam meningkatkan minat baca sains siswa SD pada mata pelajaran IPA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah literatur review atau kajian kepustakaan yang direview pada terbitan jurnal tiga tahun terakhir. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pohon literasi menjadi media pembelajaran IPA yang memperkaya pengalaman peserta didik secara objektif, meningkatkan aspek pengetahuan, serta dapat mengembangkan kemampuan berpikir ilmiah, yang dapat merangsang minat siswa dalam meningkatkan literasi sains dalam pembelajaran IPA. Pembelajaran dengan menggunakan media pohon literasi dapat memfokuskan serta meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep IPA yang dapat menarik keantusiasan siswa terhadap pembelajaran IPA di kelas, sehingga dapat meningkatkan literasi sains bagi siswa.

References

Alpian, Y., & Anggraeni, S. W. (2019). Pentingnya Pendidikan Bagi Manusia. Jurnal Buana Pengabdian, 1(1), 66-72. https://doi.org/10.36850/jurnalbuanapengabdian.v1i1.581.

Antari, D. N., Sundari, N., & Wulan, N. S. (2016). Studi Deskriptif Minat Baca Siswa Sekolah Dasar Kelas V di Kota Serang. Jurnal Kalimaya, 4(2), 1-6 https://antalogi.upi.edu/file/BAHASA-DWINOVIANTARI-1203403.pdf

Ardian, N., Hutasuhut, M. A., & Rohani, R. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Whiteboard Animation dalam Pembelajaran Biologi Kelas XI pada Materi Sistem Pencernaan Makanan. Bioscientist: Jurnal Ilmiah Biologi, 10(2), 1098-1107.

Ariesandi, R., & Pramukti, H. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PJBL) dengan Media Pohon Literasi untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas 5 Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 10(2), 143-152.

Arsyad, M. Z. (2020). Pengembangan Keterampilan Menulis Refleksi Siswa Sekolah Dasar Melalui Pohon Ilmu/Literasi. Jurnal Penelitian IPA Jakarta, 35-41.

Aulity, Y., Siregar, R., & Alawiyah, N. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Alat Indra Pendengaran Berbasis Literasi Sins Pada Muatan IPA Untuk Kelas IV Sekolah Dasar. Education Technology Journal, 1(2), 12.

Caesarani, S. S. (2022). Aktivitas dan Hasil Belajar IPA dengan Menggunakan Peta Konsep. Penelitian Pembelajaran Matematika 15(1), 19.

Chandra, Rahman, Damaianti, V. S., & Syaodih, E. (2021). Krisis Kemampuan Membaca Lancar Anak Indonesia Masa Pandemi COVID 19. Jurnal Basicedu, 5(2), 903-910. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.848

Chylutfa, U., Makki, M., & Jiwandono, I. S. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Pohon Literasi Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa. Journal of Classroom Action Research, 4(3), 82-86.

Dewi, L., Jumini, S., & Prasetya Adi, N. (2022). Implementasi Media Pohon Literasi untuk Meningkatkan Literasi Sains Murid Pada Mata Pelajaran IPA. Journal of Education and Teaching (JET), 3(2), 247-267. https://doi.org/10.51454/jet.v3i2.190.

Dinata, N. M. (2017). Kesulitan Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran IPA Terpadu. Jurnal Pendidikan Nusantara. 2(2): 214-223

Dinata, N. M. (2018). Nilai-nilai Karakter dalam Pembelajaran IPA di Perguruan Tinggi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti. 177-187.

Djasmita, N. K. (2017). Pengaruh Metode Pembelajaran Peta Konsep Berbasis Media Visual Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif dan Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas X (Skripsi). UIN Raden Intan.

Doloksaribu F., & Suaka, I. Y. (2021). Peningkatan Kemampuan Literasi Sains Melalui Penerapan Pembelajaran Praktikum Kimia Pada Siswa SMAN 4 Jayapura. Jurnal Abmas, 21(2),5.

Fananta, dkk. (2017). Materi Pendukung Literasi Sains. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Fuadi, H., Robbia, A. Z., Jamaluddin, J., & Jufri, A. W. (2020). Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5(2), 108-116. https://doi.org/10.29303/jipp.v5i2.122

Girsang, Bina Melvia, dkk. 2022. Pohon Literasi Sebagai Media Pembelajaran Dalam Peningkatan Kemampuan Literasi Siswa SMP Kartika 1-I Medan. Kalandra: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. 138-141.

Handayani, T. (2021). Pengembangan Media Komik Digital Berbasis STEAM dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Siswa Sekolah Dasar, E. W., 4(1),8.

Isnaini, M., Puspita, A., Utami, L.S., & Damayanti, N.W. S. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Pohon Pintar untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SMPN 19 Mataram. ORBITA, 4(1).

Juniati, N., Jufri, A. W., & Yamin, M. (2020). Penggunaan Multimedia Pembelajaran Untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa. Jurnal Pijar Mipa, 15(4), 312-316. https://doi.org/10.29303/jpm.v15i4.1975.

Kristyowati, R. & Purwanto A. (2019). Pembelajaran Literasi Sains Melalui Pemanfaatan Lingkungan. Universitas Negeri Jakarta.

Latip, A., & Faisal, A. (2021). Upaya Peningkatan Literasi Sains Siswa Melalui Media Pembelajaran IPA Berbasis Komputer. Jurnal Pendidikan UNIGA, 15(1), 444, https://doi.org/10.52434/jp.v15i1.1179.

Maryanto, M. D. 2006. Quantum Seni. Semarang: Dahara Prize.

Marzali, Amri. 2016. Menulis Kajian Literastur. Jurnal Etnosia. 1(2), 112-117.

Megantara, K., & Wachid, A. (2021). Pembiasaan Membaca dalam Pelajaran Bahasa Indonesia Melalui Gerakan Literasi Sekolah. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 7(2), 383-390. https://doi.org/10.30605/onoma.v7i2.1230.

Muslimin. (2018). Penumbuhan Budaya Literasi Melalui Peningkatan Minat Baca Masyarakat Desa. Cakrawala Pendidikan, 37(1), 107-118.

Niantara, H. K. (2021). Pohon Literasi Tingkatkan Minat Baca dan Antusiasmes Peserta Didik Kelas 1 Tingkat Sekolah Dasar.364-370

Nurfadhilah, S. N. (2021). Media Pembelajaran. CV Jejak.

Nurhayati, S., & Winata, A. (2018). Pembelajaran Dengan Media Pohon Literasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Peserta Didik Kelas 1 SDN Siderejo 1 Tuban Pada Tema Peristiwa Alam dan Subtema Bencana Alam. Jurnal Teladan. 3(1).

Nurkamilah, M., Nugraha, M. F., & Sunendar, A. (2018). Mengembangkan Literasi Matematika Siswa Sekolah Dasar Melalui Pembelajaran Matematika Realistik Indonesia. Jurnal Theorems (The Original Research Of Mathematics), 2(2), 70-79.

Prasrihamni, M., Zulela, & Edwita, (2022). Optimalisasi Penerapan Kegiatan Literasi Dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(1), 128-134.

Rahayu, Sri. (2014). Revitalisasi Scientific Approach dalam Kurikulum 2013 untuk Meningkatkan Literasi Sains: Tantangan dan Harapan. Seminar Nasional Kimia dan Pembelajaran 2014.

Rahmatunisa, W. (2017) Literasi Media Melalui Kajian Linguistik Fungsional di Indonesia. FON: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 11(2). https://doi.org./10.26134/fjpbsi.v11i2.726.

Ramdani, A., Purwoko, A. A., & Yustiqvar, M. (2021). Improving Scientific Creativity of Teacher Prospective Students: Learning Studies Using a Moodle-Based Learning Management System During the COVID-19 Pandemic International Joint Conference on Science and Engineering 2021 (IJCSE 2021) (pp. 261-267). Atlantis Press.

Rofi, A., Fakhrurozi, R., Nahdi, D. S., & Cahyaningsih, U. (2023). Budaya Literasi Dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa di SMPN 3 Leuwimunding. 4(1), 291-296.

Rosdiani, D., Puspitasari, D. R., & Jayamukti, S. D. N. (2022). Media Policindo (Pohon Literasi Produk Indonesia) Untuk Meningkatkan Minat Baca Peserta Didik. Journal of Innovation in Primary Education, 1(2), 152-161.

Sagala, S. (2012). Supervisi Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Sari, E. Y. (2021). Penggunaan Media Pohon Literasi Dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa Kelas 1A di MI Inayatur Rohman Curahnongko Jember Tahun Pelajaran 2020/2021. Jember: Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq.

Solihin, R. (2021). Konstruksi Kompetensi Pedagogik Guru dalam Pembelajaran. Scaffolding: Journal of Educational Development, 1-7.

Suarni, N., Taufina, T., & Zikri, A. (2019). Literasi Membaca Meningkatkan Karakter Positif Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(4), 1014-1021 https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i4.215.

Suba I. M. (2022). Penerapan Program Satu Murid Satu Pohon Literasi Dengan Berbantuan Literacy Cloud Untuk Meningkatkan Minat Baca Murid Kelas VI C SD Negeri 22 Dauh Puri. Teacher: Jurnal Inovasi Karya Ilmiah Guru, 2(3), 283-292. https://doi.org/10.51878/teacher.v2i3.1621

Sundari, Jannah Wahyu. (2014). Skripsi: Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Hijaiyah Dengan Media Pohon Huruf. Purwokerto: Muhammadiyah Purwokerto.

Supriyadi, O. K. (2016). Improving The Culture of Literature For Class VI Students at Wonodadi 02 State Elementary School, Bandar District. 4(5), 1-23.

Sutarto, M. J. (2017). Desain of Tranign Based on Need to Improve Pedagogic Competence of the Tutors. Yogyakarta International Conference on Educational Management/ Administration and Pedagogy (YICEMAP), 102-107.

Sutrisna, N. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik SMA di Kota Sungai Penuh. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(2), 2683-2694.

Syah Muhibbin. (2017). Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Triandini, E., Jayanatha, S., Indrawan, A., Putra, G. W., & Iswara, B. (2019). Metode Systematic Literature Review untuk Identifikasi Platform dan Metode Pengembangan Sistem Informasi di Indonesia. Indonesian Journal of Information Systems, 1(2), 63-77, https://doi.org/10.24002/ijis.vli2.1916

Ulfa, M., & Oktaviana, E. (2021). Peningkatan Kemampuan Berliterasi Melalui Model Discovery Learning Berbantuan Media Pohon Literasi. Jurnal Basicedu, 5(6), 5204-5212.

Usman, U., Arfin, A., Amaludin, R., Nurlina, N., & Risnajayanti, R. (2021). Analisis Penerapan Media Pembelajaran Berbasis E-Lumak Pada Mata Kuliah Statistik Pendidikan PG-PAUD UM Kendari. Journal Of Education and Teaching (JET) 3(1), 1-11. https://doi.org/10.51454/jet.v3i1.119

Winata. (2019). Pembelajaran Dengan Media Pohon Literasi. Sukabumi: CV Jejak.

Witanto, J. (2018). Minat Baca Yang Sangat Rendah. Publikasi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga.

Wonodadi 02 State Elementary School, Bandar District. 4(5), 1-23.

Wulan, R. A., & Dewi. I. A. K. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran PJBL Berbantuan Media Pohon Literasi Dalam Meningkatkan Kosa Kata Baru Siswa Kelas 5 SD. Jurnal Pendidikan Dasar, 12(1), 45-56.

Yustiqvar, M., Hadiasaputra, S., & Gunawan, G. (2019). Analisis Penguasaan Konsep Siswa Yang Belajar Kimia Menggunakan Multimedia Interaktif Berbasis Green Chemistry. Jurnal Pijar Mipa, 14(3), 135-140.

Zara, E. L., Johan, R. C., & Silvina, H. (2018). PERSEPSI Siswa Tentang Media Pohon Geulis (Gerakan Literasi) Dalam Menumbuhkan Minat Baca Pada Siswa SDN Melong Mandiri 1 Kota Cimahi. Journal of Library and Information Science, 5(1), 1-10.https://ejournal.upi.edu/index.php/edulibinfo/article/views/14665%0Ahttps://ejournal.upi.edu/index.php/edulibinfo/article/download/14665/8381

Downloads

Published

2024-05-03

How to Cite

Bhala, M. R., Dinatha, N. M., Pare, P. Y. D., & Kua, M. Y. (2024). PENERAPAN MEDIA POHON LITERASI DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA SAINS SISWA SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 11(2), 344–357. https://doi.org/10.38048/jipcb.v11i2.3299

Issue

Section

Articles

Citation Check