PENGEMBANGAN MEDIA BUKU CERITA BERGAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERCERITA DAN PERKEMBANGAN SOSIAL ANAK USIA DINI DI TK MARIA VIRGO KABUPATEN ENDE
Keywords:
media buku cerita bergambar, kemampuan bercerita, perkembangan sosialAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi mengenai (1) mengenai kelayakan (2) efektifitas dari penggunaan media buku cerita bergambar untuk meningkatkan kemampuan bercerita dan perkembangan sosial anak usia dini di TK Maria Virgo Kabupaten Ende. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan ADDIE. Tahapan dalam proses penelitian ini meliputi (1) Analisis (2) Desain (3) Development (4) Implementasi dan (5) Evaluasi. Untuk menentukan uji kelayakan dan keefektifitasan dari produk media buku cerita bergambar adalah melalui uji ahli, uji perorangan, uji kelompok kecil dan uji lapangan (uji kelompok besar). Penelitian ini menggunakan jenis Quasi Eksperimen tipe Nonequivalent Control Group Design. Hasil penelitian diperoleh bahwa setelah dilakukan uji ahli, uji perorangan dan uji kelompok kecil, media buku cerita bergambar dinyatakan layak untuk digunakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa efektifitas media buku cerita bergambar dapat meningkatkan kemampuan bercerita dan sosial anak usia dini di kelompok A. Dari hasil analisis data memperoleh nilai signifikasi 0,000 < 0,005 maka H0 ditolak. Dengan demikian dapat dikatakan ada perbedaan perlakuan antara kelas eksperimen dan kontrol. Perbedaan tersebut membuktikan bahwa dengan menggunakan media buku cerita bergambar yang dikembangkan dapat meningkatkan kemampuan bercerita dan sosial anak usia dini di TK Maria Virgo. Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa media buku cerita bergambar layak dan efektif untuk meningkatkan kemampuan bercerita dan perkembangan sosial anak.
References
Bachri, B.S. (2005). Pengembangan Kegiatan Bercerita di Taman Kanak-Kanak dan Teknik dan Prosedurnya. Jakarta: Depdiknas.
Beaty, J. (2013). Observasi perkembangan anak usia dini. Jakarta :Kencana.Perenamedia
Dasna, I W., Laksana, D.N.L., & Sudhata, I G.W. (2015). Desain dan Model Pembelajaran Inovatif dan Interaktif. Jakarta: Universitas Terbuka Press.
Group Dhieni, N. (2005). Metode Pengembangan Bahasa. Jakarta: Universitas Terbuka
Indahyani, N.W.T. (2014). Penerapan metode bercerita berbantuan media Buku bergambar untuk pengembangan Kemampuan berbahasa anak kelompok B. e-Journal PG-PAUD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PENDIDIKAN ANAK USIA DINI. Volume 2 No 1 Tahun 2014.
Laksana, D.N.L. & Widiastika, I.G. (2017). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Tematik Sekolah Dasar Berbasis Budaya Lokal Masyarakat Ngada Flores. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 2(2), 151-162
Muga, W., Suryono, B., dan Januarisca, E.L. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Elektronik Berbasis Model Problem Based Learning dengan Menggunakan Model Dick and Carey. Journal of Education Technology, 1(4), 260-264
Munadi, Yudhi. 2013. Media Pembelajaran: Sebuah Pendekatan Baru. Jakarta : Referensi
Munir. (2013). Multimedia: Konsep dan Aplikasi Dalam Pembelajaran. Bandung: Alfabeta
Nurgiyantoro, B. (2010). Penilaian Pengajaran Bahasa Berbasis Kompetensi. Yogyakarta: BPFE
Nurgiyantoro, B. (2001). Penilaian dalam Pengajaran Bahasa. Yogyakarta: BPFE
Nurjamal, D. dan Warta S. 2010. Penuntun Perkuliahan Bahasa Indonesia. Bandung: Alfabeta.
Rosari, Y. (2014) Penerapan Metode Bercerita Berbantuan Media Buku Cerita Bergambar Untuk Meningkatkan Perilaku Sosial. e-Journal PG PAUD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Sandra, S. (2010). Language Learning in Three Early Childhood Programsin Austria, Germany and the United States. Dissertation submitted to the College of Human Resources and Education at West Virginia University in partial fulfillment of the requirementsfor the degree: Morgantown.West Virginia
Sudjana, N. (1991). Media Pengajaran. Jakarta: Rajawali
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D). Bandung: Alfabeta
Sugiyono. 2011. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabet