PENDIDIKAN BERKUALITAS DAN BERKELANJUTAN DI ERA PEMBELAJARAN ABAD 21

Authors

  • Dek Ngurah Laba Laksana

Keywords:

pendidikan, pembelajaran abad 21

Abstract

Masalah yang terjadi sekarang di Indonesia adalah, pemerataan dan akses pendidikan. Kualitas pendidikan dilihat dari sejauhmana SDM mampu menghidupi kebutuhannya. Dengan berbagai permasalahn yang terjadi, perlu diberikan solusi bagaimana menghasil pendidikan yang berkualitas dan merata. Dalam kajian ini, diberikan tiga solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut. Fasilitas pembelajaran, tidak bisa dimaknai sempit sebagai sarana dan prasarana belajar saja. Tapi bagaimana guru dan kurikulum dapat memfasilitasi pebelajar untuk belajar. 2) Strategi yang ditawarkan adalah pemerataan fasilitas belajar untuk setiap satuan pendidikan tanpa terkecuali. 3) Guru harus mendapatkan fasilitas untuk mengembangkan profesinya secara merata dan berkelanjutan.

References

Afrianto. (2014). “Because teaching is like a plantation of dakwah”: Understanding Complexities in Choosing to be a Teacher in Indonesia. Australian Journal of Educational & Developmental Psychology, 14 (2014), pp. 51-59
Balipost. (2015). Banyak gedung sekolah rusak, Karangasem dapat DAK tertinggi di Bali [edisi 9 Juli 2015] Diunduh melalui www.balipost.com pada tanggal 6 Agustus 2015.
Dasna, I W., Laksana, D.N.L., & Sudhata, I G.W. (2015). Desain dan Model Pembelajaran Inovatif dan Interaktif. Jakarta: Universitas Terbuka Press.
Dinatha, N.M. (2017). Pemanfaatan Media Sosial Facebook untuk Menilai Sikap Ilmiah (Afektif) Mahasiswa. Journal of Education Technology. I (3). 211-217
Flobamora. (2015). 40.116 Gedung Sekolah di NTT Rusak [edisi 9 Mei 2015] Diunduh melalui www.flobamora.net pada tanggal 6 Agustus 2015
Heyward, M., Robert A.C., & Sarjono. (2011). Implementing School-Based Management in Indonesia. Research Triangle Park, Sept (2011), pp. 1-12.
Ian J.M. (2011). 21St Century Teaching and Learning [dilihat tanggal 6 Agustus 2015] tersedia di http://eric.ed.gov/?q=learning+in+21st+century+paradigma&ft= on&id=ED502607
Jansen, C. & Petro, M. (2015). Teaching Practice in the 21st Century: Emerging Trends, Challenges and Opportunities [dilihat tanggal 6 Agustus 2015] tersedia di http://eric.ed.govq=learning+in+21st+century+paradigma&ft=on&id=EJ1056080
Kemdikbud. (2015). Melalui Program GGD, Pemerintah Upayakan Pemerataan Pendidikan di Indonesia. Diunduh melalui www.litbang.kemdikbud.go.id pada tanggal 6 Agustus 2015.
Kompas. (2015). Tiga Kerangka Strategi Pendidikan di “Rembuk Nasional” 2015 [edisi 1 April 2015] Diunduh melalui www.edukasi.kompas.com pada tanggal 6 Agustus 2015.
Laksana, D.N.L. (2015). Komparasi Sistem Pendidikan di Beberapa Negara. Makalah (tidak diterbitkan). Pascasarjana TEP. Universitas Negeri Malang.
Molenda, M and Al-Januszewski. (2008). Educational Technology, a Definition with Comentary. New York: Lawrence Erlbaum Associates.
Washiyama, Y. (2009). Theories for Different Outcomes of Instruction. Dalam Samuel S.P. & John C.L. (Eds.), Educational Evaluation in East Asia: Emerging Issues and Challenges, (pp. 111-116), New York: Nova Science Publishers, Inc.
Yarovaya, Y.B. (2015). Standardization of Primary Education in Great Britain European, Journal of Contemporary Education, 12 (2), pp 169-174.

Downloads

Published

2018-03-31

How to Cite

Laksana, D. N. L. . (2018). PENDIDIKAN BERKUALITAS DAN BERKELANJUTAN DI ERA PEMBELAJARAN ABAD 21. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 5(1), 1–5. Retrieved from https://jurnalilmiahcitrabakti.ac.id/jil/index.php/jil/article/view/27

Issue

Section

Articles

Citation Check