PERAN GURU PENGGERAK DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA: MENYEMAI INOVASI PENDIDIKAN DI INDONESIA

Authors

  • Endang Sri Suyamti Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta
  • Rochmat Budi Santoso Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta
  • Pepsi Febriyanti Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.38048/jipcb.v11i1.2421

Keywords:

peran guru, guru penggerak, kurikulum merdeka

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru penggerak dalam implementasi Kurikulum Merdeka di SMA Negeri 3 Sukoharjo. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif melalui wawancara dan observasi terhadap guru penggerak yang telah mengimplementasikan Kurikulum Merdeka. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa peran guru penggerak sangat signifikan dalam beberapa aspek, sejalan dengan moto guru penggerak yaitu tergerak, bergerak dan menggerakkan. Guru penggerak berperan sebagai pemimpin pembelajaran, praktisi komunitas, coach bagi guru yang lain, mampu berkolaborasi antar guru, serta mendorong peningkatan kemandirian dan kepemimpinan peserta didik di sekolah. Hasil penelitian ini memberikan gambaran yang jelas tentang pentingnya peran guru penggerak di sekolah dalam implementasi Kurikulum Merdeka. Temuan dalam penelitian ini diharapkan dapat digunakan sebagai acuan bagi pemangku kebijakan di sekolah agar dapat mengembangkan strategi yang efektif dalam mengembangkan guru penggerak agar dapat menjalankan perannya sesuai slogan  guru penggerak itu sendiri, yaitu “Tergerak, Bergerak dan Menggerakkan”. Dengan dukungan dan kerjasama yang sinergis dari semua pihak di lingkungan sekolah, guru penggerak dapat menciptakan perubahan positif agar lebih inovatif dalam mengembangkan potensi yang dimiliki guru maupun peserta didik secara maksimal pada dunia pendidikan.

References

Abdullah, A. G. (2009). Kepimpinan dan Penambahbaikan Sekolah. PTS Professional Publishing.

Baharuddin, M. R. (2021). Adaptasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (Fokus: Model MBKM Program Studi). Muhammad Rusli Baharuddi, 4(1).

Crowther, F., Stephen, S., Kaagan, M., Ferguson, & Hann, L. (2002). Developing Teacher Leaders: How Teacher Leadership Enhances School Succes. Corwin Press.

Department of Education and Early Childhood Development. (2010). Effective Coaching: Lessons from the Literature. State of Victoria.

Difana. (2022). Peran Guru Dalam Pengembangan Kurikulum Merdeka. Jurnal Ilmu Pendidikan dan Sosial (JIPSI).

Ditjen GTK. (2020). Belajar di Komunitas Praktisi (Panduan Membangun Komunitas Praktisi bagi Guru Penggerak. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Faiz, A., & Faridah. (2022). Program Guru Penggerak Sebagai Sumber Belajar. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 14(1).

Friend, M., & William, D. B. (2015). Menuju Pendidikan Inklusi: Panduan Praktis untuk mengajar. Pustaka Pelajar.

Hasanah, A. N., Jabu, B., & Nur, S. (2023). The Role of Organizer Teachers (Guru Penggerak) in Planning Differetiated Instruction in English Learning. Jurnal Edumaspul, 7(2).

Hidayati, N., Hidayati, D., Saputro, Z. H., & Lestari, T. (2023). Implementasi Pembelajaran Projek pada Sekolah Penggerak di Era Digital. Journal of Education and Teaching, 4(1).

Kemendikbud. (2020). Peran Guru Sebagai Penggerak Aktivitas Pembelajaran. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Lubis, R. R., Amelia, F., Alvionita, E., Nasution, I. E., & Lubis, Y. H. (2023). Peran Guru Penggerak dalam Meningkatkan Pemerataan Kualitas Kinerja Guru. Jurnal At-Tadbir: Media Hukum Dan Pendidikan, 33(1).

Manao, M. M., Sijabat, O. P., Situmorang, A. R., Hutauruk, A., & Panjaitan, S. (2022). Mengatur Kualitas Guru Mlalui Progra Guru Penggerak. Journal of Educational Learning and Innovation, 2(1).

Mansyur, A. R. (2021). Wawasan Kepemimpinan Guru (Teacher Leadership) dan Konsep Guru Penggerak. Education and Learning Journal, 2(2).

McLeskey, J. M., Rosenberg, M. S., & Westling, D. (2012). Effective Practices for All Students. Pearson Education.

Milles, M. B., & Huberman, A. M. (2014). Qualitative Data Analysis.

Murniarti, E. (2021). Developing Professionalism of Teachers in Organizing Quality Learning. International Journal of Research in Education and Science (IJRES, 7(2), 327–334.

Murniarti, E., Sirait, S., & Sihotang, H. (2021). Implementation of Hots-Based Learning and Problem Based Learning During the Pandemic of Covid-19 in Sma Budi Mulia Jakarta. Advances in Social Sciences Research Journal, 8(2), 296–305.

Pendi, Y. O. (2020). Merdeka Belajar yang Tercermin dalam Kompetensi Profesional Guru Bahasa Inggris SMP Negeri 01 Sedayu. Seminar Nasional Pendidikan, 19, 291–299.

Puentedura, R. R. (2006). Transformation, technology, and education. Learning, 2012(2), 27.

Saiful, A., Hamid, S., & Asdar. (2022). The Profile of Guru Penggerak (Mover Teacher): A Literature Review. Teaching English as a Foreign Language Journal, 10(3).

SL, S., Prabowo, A., Ahmad, T. A., Purwinarko, A., & Siroj, M. B. (2020). Identifikasi Kemampuan Guru Sebagai Guru Penggerak di Karesidenan Semarang. Jurnal Profesi Keguruan, 6(2).

Sodik, N., Oviyanti, F., & Afgani, M. W. (2021). Strategi Meningkatkan Kinerja Guru Pendidikan Agama Islam Melalui Program Guru Penggerak. AL-WIJDÁN: Journal of Islamic Education Studies, VI(2).

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D. IKAPI. Bandung: IKAPI

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sutikno, M. S. (2007). Peran guru dalam membangkitkan motivasi belajar peserta didik. JurnalPendidikan, 1(1), 1–10.

Wenger-Traynor, E., & B., W.-T. (2015). Introduction to communities of practice: A brief overview of the concept and its uses.

Wijaya, A., Mustofa, M. S., Husain, F., Ramadhani, S., & Khomsa, F. N. (2020). Sosialisasi Program Merdeka Belajar dan Guru Penggerak Bagi Guru SMPN 2 Kabupaten Maros. Jurnal Puruhita, 2(1).

Yahya, A. S., Mohamed, A. R., & Abdullah, A. G. (2011). Guru Sebagai Pemimpin. PTS Professional Publishing.

Yan, Z., & Brown, G. T. L. (2021). Assessment for Learning in The Hong Kong Assessment Reform: A case of Policy Borrowing.

Downloads

Published

2024-02-02

How to Cite

Suyamti, E. S., Santoso, R. B., & Febriyanti, P. (2024). PERAN GURU PENGGERAK DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA: MENYEMAI INOVASI PENDIDIKAN DI INDONESIA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 11(1), 36–46. https://doi.org/10.38048/jipcb.v11i1.2421

Issue

Section

Articles