PROYEK KEWIRAUSAHAAN, KEARIFAN LOKAL, REKAYASA DAN TEKNOLOGI DALAM PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA

Authors

  • Muhammad Rezal Fahrudin Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia
  • Patmisari Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.38048/jipcb.v10i4.2282

Keywords:

penguatan, profil pelajar pancasila, proyek penguatan profil pelajar pancasila

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran sekolah dalam penguatan profil pelajar Pancasila berbasis proyek dan faktor pendukung juga penghambat pelaksanaan proyek penguatan profil pelajar Pancasila di SMP Negeri 2 Teras. Metode deskriptif kualitatif digunakan untuk mengumpulkan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini bahwa penguatan profil pelajar Pancasila di SMP Negeri 2 Teras dilakukan melalui proyek berupa kegiatan mengidentifikasi masalah yang ada di sekitar, menciptakan suatu produk yang bernilai jual, dan melek teknologi. Pelaksanaan proyek penguatan profil pelajar Pancasila di SMP Negeri 2 Teras terdiri dari 3 tema yaitu kewirausahaan, kearifan lokal, dan rekayasa teknologi. Faktor pendukung pelaksanaan proyek penguatan profil pelajar Pancasila yaitu fasilitas yang memadai, semangat dan antusiasme peserta didik, dan dukungan wali/orang tua peserta didik. Sedangkan faktor penghambat pelaksanaan proyek penguatan profil pelajar Pancasila yaitu perbedaan karakteristik peserta didik dan proyek penguatan profil pelajar Pancasila bagian dari kurikulum baru.

References

Abidin, A. M. (2018). Penerapan Pendidikan Karakter Pada Kegiatan Ekstrakurikuler Melalui Metode Pembiasaan. DIDAKTIKA : Jurnal Kependidikan, 12(2), 183–196. https://doi.org/10.30863/didaktika.v12i2.185

Ahmadi, M. Z., Haris, H., & Akbal, M. (2020). Implementasi Program Penguatan Pendidikan Karakter Di Sekolah. Phinisi Integration Review, 3(2), 305. https://doi.org/10.26858/pir.v3i2.14971

Anggraini, I., & Rahmadayanti, F. (2020). Pelatihan Pembuatan Blog Bagi Siswa SMA Negeri 5 Pagar Alam. Ngabdimas, 3(1), 32–41. https://doi.org/10.36050/ngabdimas.v3i1.240

Anwar, R. N. (2023). Perencanaan Pembelajaran Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila pada Sekolah Penggerak Project Learning Planning for Strengthening Pancasila Student Profiles in Mobilizing Schools. 3(2), 69–79. https://doi.org/10.37680/absorbent

Asmawati, L. (2017). Peningkatan Kreativitas Anak Usia Dini Melalui Pembelajaran Terpadu Berbasis Kecerdasan Jamak. JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 11(1), 145–164. https://doi.org/10.21009/jpud.111.10

Cahyaningrum, D. E., & Diana, D. (2023). Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila sebagai Implementasi Kurikulum Merdeka di Lembaga PAUD. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(3), 2895–2906. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i3.4453

De Matos-Ala, J. (2019). Unlocking curriculum design: Experiences in constructing a dynamic ir undergraduate curriculum in South Africa. International Studies Perspectives, 20(3), 287–299. https://doi.org/10.1093/isp/ekz010

Habsyi, F. Y. (2020). Pengaruh Fasilitas Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa SMA Nusantara Tauro. Jurnal Pendidikan Dan Ekonomi, 2(1), 13–22.

Hamzah, M. R., Mujiwati, Y., Khamdi, I. M., Usman, M. I., & Abidin, M. Z. (2022). Proyek Profil Pelajar Pancasila sebagai Penguatan Pendidikan Karakter pada Peserta Didik. Jurnal Jendela Pendidikan, 2(04), 553–559. https://doi.org/10.57008/jjp.v2i04.309

Handayani, L. T., & Rahmawati, L. E. (2017). Wujud Dan Pola Penalaran Nilai Kepedulian, Kreatif, Dan Sopan Santun Materi Ajar Bahasa Indonesia Dalam Buku Siswa Kelas Vii Kurikulum 2013. Jurnal Penelitian Humaniora, 18(2), 57–76. https://doi.org/10.23917/humaniora.v18i2.5192

Intaniasari, Y., & Utami, R. . (2021). Menumbuhkan Antusiasme Belajar Siswa Sekolah Dasar Melalui Media Audio-Visual Dalam Pembelajaran. Buletin Literasi Budaya Sekolah, 3(1), 43–54. https://doi.org/10.23917/blbs.v4i1.17752

Irawati, D., Muhamad Iqbal, A., Hasanah, A., & Arifin, B. S. (2022). Profil Pelajar Pancasila Sebagai Upaya Mewujudkan Karakter Bangsa. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 1224–1238. https://ummaspul.e-journal.id/maspuljr/article/view/3622

Juliani, A. J., & Bastian, A. (2021). Pendidikan Karakter Sebagai Upaya Wujudkan Pelajar Pancasila. 257–265. https://doi.org/10.51878/cendekia.v3i1.1950

Khasanah, V. A., & Muthali’in, A. (2023). Penguatan Dimensi Bernalar Kritis melalui Kegiatan Proyek dalam Kurikulum Merdeka. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 11(2), 172–180. http://journal.umpo.ac.id/index.php/dimensi/index

Knoblauch, C. (2022). Combining and Balancing Project-Based and Blended Learning in Education. International Journal of Advanced Corporate Learning (IJAC), 15(1), 35–44. https://doi.org/10.3991/ijac.v15i1.27135

Kriswati, M., & Hidayat, S. (2023). Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan Pengaruh Motivasi Belajar dan Parent Involvement terhadap Sikap Mandiri Siswa sebagai Profil Pelajar Pancasila. 5(3), 1270–1280.

Kurniawan, S. (2020). Krisis Karakter Generasi Muda, Mengapa Terjadi? FTIK IANI Pontianak. https://ftik.iainptk.ac.id/refleksi-hut-ri-ke-75-krisis-karakter-generasi-muda-mengapa-terjadi/

Nazarudin, A., & Widiyono, A. (2023). Melestarikan Budaya Kearifan Lokal Jepara Dalam Proses Pembentukan Profil Pelajar Pancasila P5 Di Kurikulum Merdeka SDN 01 Kendeng Sidialit. Jurnal Insan Pendidikan Dan Sosial Humaniora, 1(3), 193–208. https://doi.org/10.59581/jipsoshum-widyakarya.v1i3.833

Nuril Lubaba, M., & Alfiansyah, I. (2022). Analisis Penerapan Profil Pelajar Pancasila Dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik Di Sekolah Dasar. EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 9(3), 687–706. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v9i3.576

Rodhiyana, M. (2023). Profil Pelajar Pancasila Dalam Persfektif Pendidikan Agama Islam. JIES (Journal of Islamic Education Studies), 1(2), 151–160. https://ojs.uid.ac.id/index.php/JIES/article/view/575/204

Rofi & Ambiro. (2022). Peran Guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dalam Penguatan Profil Pelajar Pancasila di Sekolah. Edupedia, 5(2), 145–154. http://studentjournal.umpo.ac.id/index.php/edupedia

Rosmana, P. S., Iskandar, S., Fauziah, H., Azzifah, N., & Khamelia, W. (2022). Kebebasan dalam Kurikulum Prototype. As-Sabiqun, 4(1), 115–131. https://doi.org/10.36088/assabiqun.v4i1.1683

Sadewa, M. A. (2022). Meninjau Kurikulum Prototipe Melalui Pendekatan Integrasi-Interkoneksi Prof M Amin Abdullah. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(1), 266–280. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/3560

Safitri, A., Wulandari, D., & Herlambang, Y. T. (2022). Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila: Sebuah Orientasi Baru Pendidikan dalam Meningkatkan Karakter Siswa Indonesia. Jurnal Basicedu, 6(4), 7076–7086. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3274

Sayektiningsih, S., Sumardjoko, B., & Muhibin, A. (2017). Penanaman Nilai-Nilai Karakter dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di Madrasah Aliyah Muhammadiyah Klaten. Manajemen Pendidikan, 12(3), 228–238. https://doi.org/10.23917/jmp.v12i3.5518

Shantika Regina, F., & Sastromiharjo, A. (2023). Peran Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Dalam Membentuk Profil Pelajar Pancasila. Literasi : Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia Dan Daerah, 13(2), 334–348.

Sherly, S., Herman, H., Halim, F., Dharma, E., Purba, R., Sinaga, Y. K., & Tannuary, A. (2021). Sosialisasi Implementasi Program Profil Pelajar Pancasila Di Smp Swasta Sultan Agung Pematangsiantar. Jubaedah : Jurnal Pengabdian Dan Edukasi Sekolah (Indonesian Journal of Community Services and School Education), 1(3), 282–289. https://doi.org/10.46306/jub.v1i3.51

Soleh, A. R., & Pratiwi, D. R. (2021). Integration of Profil Pelajar Pancasila Characters in Indonesian Language Teacher Prospective Learning Tools. The 14th University Research Colloqium 2021, 295–304.

Surani, S., Sumardjoko, B., & Narimo, S. (2016). Pengelolaan Pendidikan Karakter Bangsa Berbasis Budaya Jawa di TK Negeri Pembina Surakarta. Manajemen Pendidikan, 11(2), 186. https://doi.org/10.23917/jmp.v11i2.2661

Wahidah, N., Zubair, M., Fauzan, A., & Alqodri, B. (2023). Implementasi Profil Pelajar Pancasila di SMP Negeri 1 Mataram. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(1b), 696–703. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i1b.1287

Downloads

Published

2023-11-17

How to Cite

Muhammad Rezal Fahrudin, & Patmisari. (2023). PROYEK KEWIRAUSAHAAN, KEARIFAN LOKAL, REKAYASA DAN TEKNOLOGI DALAM PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA . Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 10(4), 940–953. https://doi.org/10.38048/jipcb.v10i4.2282

Issue

Section

Articles

Citation Check