PENGELOLAAN SARANA DAN PRASARANA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

Authors

  • Sulfiani Mustakim UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia
  • Rahmatun Lukluk Isnaini UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia
  • Arif Mulyawan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia
  • Faning Maulida Fitria UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.38048/jipcb.v10i4.2240

Keywords:

Pengelolaan sarana dan prasarana, pembelajaran PAI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memahami bagaimana sarana pembelajaran dikelola, mencakup seluruh proses mulai dari perencanaan, pengadaan, pemeliharaan, hingga tahap penghapusan. Metode penelitian yang diterapkan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif interpretatif. Metode pengumpulan data melibatkan tiga aspek utama, yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi, sementara validitas data diuji melalui reliabilitas, transferabilitas, dan verifiabilitas. Proses analisis data dalam penelitian ini melibatkan penerapan teknik analisis interaktif, yang mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Responden dalam penelitian ini mencakup kepala sekolah, pengelola perpustakaan agama, staf bidang sarana dan prasarana, serta guru mata pelajaran PAI. Sumber data yang digunakan mencakup data primer dan sekunder. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan sarana dan prasaran pembelajaran di SDN Lempuyangan 1 Yogyakarta sudah dilakukan berdasar pada standar proses. Pengelolaan tersebut meliputi: (a) perencanaan sarana pembelajaran sudah dilakukan dengan baik, (b) pengadaan buku pembelajaran, (c) pemeliharaan pembelajaran, pihak sekolah sudah melakukan pemeliharaan sarana dengan baik dengan cara menyimpan dengan rapi apabila telah digunakan untuk menjaga agar sarana pembelajaran tidak mudah rusak. dan (d) penghapusan sarana pembelajaran, dilakukan dengan pencatatan buku pembelajaran yang tidak layak digunakan.

References

Ade, I. (2016). Jual Buku Metodologi Penelitian Karya Ade Ismayani. https://ebooks.gramedia.com/id/buku/metodologi-penelitian-1

Aprilia, N. (2016). Evaluasi Pengelolaan Sarana Pendukung Yang Ramah Lingkungan Pada Program Adiwiyata Di Smp Muhammadiyah Di Kota Yogyakarta. Research Report, 0, Article 0. http://research-report.umm.ac.id/index.php/research-report/article/view/524

Armalena, A. (2020). Pengelolaan Sarana Dan Prasarana Di Sekolah Dasar Muhammadiyah Kota Padang. Jurnal Penelitian IPTEKS, 5(1), Article 1. https://doi.org/10.32528/ipteks.v5i1.3023

Bararah, I. (2020). Pengelolaan Sarana Dan Prasarana Pendidikan Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 10(2), Article 2. https://doi.org/10.22373/jm.v10i2.7842

Choliq, A. (2014). Pengantar Manajemen. https://onesearch.id/Author/Home? author=Abdul+Choliq

Fauzi, H. (2022). Pengelolaan Perpustakaan Sebagai Pusat Sumber Belajar. At-Ta’lim : Kajian Pendidikan Agama Islam, 4(II), Article II. https://ejournal.an-nadwah.ac.id/index.php/Attalim/article/view/428

Gonzales, G., & M, K. (2011). Kuuskorpi, M. and González, N.C. (2011) The Future of the Physical Learning Environment School Facilities That Support the User. CELE Exchange, OECD. - References—Scientific Research Publishing. https://www.scirp.org/%28S%28lz5mqp453edsnp55rrgjct55%29%29/reference/referencespapers.aspx?referenceid=2309945

Gunawan, I. (2017). Manajemen Pendidikan: Suatu Pengantar Praktik (cetakan 1). Penerbit : Alfabeta : Bandung, 2017.

Herawati, N., Tobari, T., & Missriani, M. (2020). Analisis Pengelolaan Sarana dan Prasarana Pendidikan di Sekolah Dasar Negeri 20 Tanjung Raja Kabupaten Ogan Ilir. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1684–1690. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/633

Huda, M. N. (2020). Inventarisasi dan Penghapusan Sarana Prasarana Pendidikan. Ta’dibi : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 8(2), Article 2. http://www.e-jurnal.stail.ac.id/index.php/tadibi/article/view/164

In’am, A. (2019). Manajemen Sarana dan Prasarana dalam Meningkatkan Kinerja Guru. INTIZAM: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(2), Article 2. https://ejournal.staidapondokkrempyang.ac.id/index.php/intizam/article/view/375

Manguni, D. W. (2022). Analisis Pengelolaan Sarana Prasarana Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) Tahun 2021 Di SD Negeri Sukomulyo Sleman. Didaktis: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan, 22(1), Article 1. http://dx.doi.org/10.30651/didaktis.v22i1.11717

Megasari, R. (2020). Peningkatan Pengelolaan Sarana Dan Prasarana Pendidikan Untuk Meningkatan Kualitas Pembelajaran Di Smpn 5 Bukittinggi. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, 2(1), Article 1. https://doi.org/10.24036/bmp.v2i1.3808

Musthofa, A. I. (2015). Model Pengelolaan Perpustakaan Dalam Penyediaan Sumber Belajar Pendidikan Agama Islam Di Smp Plus Ar-Rahmat Bojonegoro. [Skripsi, STAIN Kudus]. http://repository.iainkudus.ac.id/1379/

Nasrudin, N., & Maryadi, M. (2018). Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan dalam Pembelajaran di SD | Nasrudin | Manajemen Pendidikan. https://journals.ums.ac.id/index.php/jmp/article/view/6363

Nurmadiah, N. (2018). Manajemen Sarana Prasarana. Al-Afkar : Jurnal Keislaman Dan Peradaban, 6(1), Article 1. https://doi.org/10.32520/afkar.v6i1.190

Parid, M., & Alif, A. L. S. (2020). Pengelolaan Sarana dan Prasarana Pendidikan. Tafhim Al-’Ilmi, 11(2), Article 2. https://doi.org/10.37459/tafhim.v11i2.3755

Prahastiwi, D. (2022). Pengelolaan Perpustakaan Dalam Pembinaan Minat Membaca Literatur Keagamaan Kelas VII di SMPN 3 Pasirian Kabupaten Lumajang Tahun 2021 [Undergraduate, UIN KH Achmad Siddiq Jember]. http://digilib.uinkhas.ac.id/13329/

Rahardjo, R. (2011). Metode pengumpulan data penelitian kualitatif Repository of Maulana Malik Ibrahim State Islamic University of Malang. http://repository.uin-malang.ac.id/1123/

Ramdhiani, R. (2021). Analisis Pengelolaan Sarana dan Prasarana Pembelajaran. Jurnal Riset Pendidikan Guru Paud, 95–101. https://doi.org/10.29313/jrpgp.v1i2.389

Sugiyono, S. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D. (19th ed.). Penerbit CV. Alfabeta.

Downloads

Published

2023-11-17

How to Cite

Mustakim, S., Isnaini, R. L., Mulyawan, A., & Fitria, F. M. (2023). PENGELOLAAN SARANA DAN PRASARANA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 10(4), 928–939. https://doi.org/10.38048/jipcb.v10i4.2240

Issue

Section

Articles

Citation Check