PENGEMBANGAN SOAL IPAS SEKOLAH DASAR BERBASIS HIGHER ORDER THINKING SKILLS

Authors

  • Yohana Anjelina Moinewa STKIP Citra Bakti, Indonesia
  • Dek Ngurah Laba Laksana STKIP Citra Bakti, Indonesia
  • Fransiskus Xaverius Dolo STKIP Citra Bakti, Indonesia
  • Maria Yuliana Kua STKIP Citra Bakti, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.38048/jipcb.v10i4.2201

Keywords:

HOTS, Model Pembelajaran, Soal Tes, Zat dan perubahannya

Abstract

Pengembangan soal tes berbasis HOTS dirasa sangat penting dikembangkan di Sekolah Dasar untuk mengembangkan keterampilan berpikir tingat tinggi siswa. Berdasarkan hasil studi pendahuluan di Sekolah Dasar ditemukan kurangnya pengembangan soal tes yang mengembangkan keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan soal tes berbasis HOTS yang dikemukakan oleh Bloom revisi  C4 (menganalisis), C5 (mengevaluasi), C6 (mencipta). Penelitian dilakukan menggunakan metode DBR (Desigen-Based-Research) yang dikemukaakan oleh Reeves tahun 2007. Tahap pertama pada studi pendahuluan diperoleh data dari hasil wawancara dan studi dokumentasi. Tahap kedua dilakukan pengembangan soal HOTS sesuai dengan indikator pembelajaran pada tema zat dan perubahannya yang dilakukan menggunakan model latihan penelitian. Tahap tiga, dilakukan validasi ahli dan mengalami revisi I dan dilakukan uji coba I. Pada hasil uji coba I  dilihat dari validitas, reliabilitas, terdapat 5 soal yang harus diperbaiki. Dilakuan revisi II dan dilakukan uji coba II dengan hasil semua soal valid dan reliabel. Hasil akhir pada tahap empat menunjukan bahwa produk soal berupa 10 butir soal pilihah ganda dan 5 soal essay yang dikembangkan valid, praktis, dan layak untuk digunakan.

Kata kunci : Soal tes, HOTS, model pembelajaran latihan penelitian, zat dan perubahannya.

References

Aripin, I. (2018). Pengembangan Soal-soal Pilihan Ganda untuk Mengukur Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Konsep Sistem Regulasi Manusia untuk Jenjang SMA. Jurnal Maggifera edu. 3(1): 26-29.

Budiarta, K., Harahap, M. H., Faisal., & Mailani, E. (2018). Potret Implementasi Pembelajaran Berbasis Higher Order Thinking Skill (HOTS) di Sekolah Dasar Kota Medan. Jurnal Pembengunan Perkotaan. 6(2) 102-111.

Budiman, A., & Jailani, J. (2014). Pengembangan instrumen asesmen Higher Order Thinking Skill (HOTS) pada mata pelajaran matematika SMP Kelas VIII semester 1. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(2), 139.

Dinni, H. N. (2018). HOTS (High Order Thinking Skills) dan Kaitannya dengan Kemampuan Literasi. Prisma Prosiding Seminar Nasional Matematika 1, 170 – 176.

Fadhil, I. & Rokhimawan, M. A. (2020). Analisis Materi IPA Kelas IV Tema Indahnya Kebersamaan dengan HOTS. Jurnal Ilmiah DADIKTIKA, 1(21): 100-110.

Fanani, A. (2018). Pengembangan Pembelajaran Berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skill) Di Sekolah Dasar Kelas V. Jurnal Pendidikan Dasar, 1-12

Fanani, M & Zainal. (2018). Strategi Pengembangan Soal Higher Order Thinking Skill (Hots) Dalam Kurikulum 2013. Edudeena, 2(1), 57-76

Faridah, E. M. I. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Melalui Soal-Soal HOTS (Higher Order Thinking Skills) Mata Pelajaran Sejarah Kelas X-IPS SMAN 2 Sidoarjo. AVATARA, e-Journal Pendidikan Sejarah, 7(3)

Febrianti, W., Zulyusri., & Lufri. (2021). Meta Analisis: Pengembangan Soal HOTS Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. Jurnal Pendidikan, 7(1), 39-45

Fitrian, Desi., Suryana, Yusuf., Hamdu, Ghullam. (2018). Pengembangan Instrumen Tes Higher-Order Thinking Skill pada Pembelajaran Tematik Berbasis Outdoor Learning di Sekolah Dasar Kelas I. IJPE, 2(1), 88-96

Hakim, Bahtiar Rahman., Ardiyanto, Asep., & Wijayanti, Arfilia. (2021). Analisis HOTS Pada Instrumen Penilaian Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Wawasan Pendidikan, 1(2), 246-254

Hanifah, N. (2019). Pengembangan Instrumen penilaian Higher Order Thinking Skill (HOTS) di Sekolah Dasar. Current Research in Education: Conference Series Journal, 1(1), 5.

Ichsan, I. Z. Diana V. S dan Mieke M. (2019). Environmental Learning Based on Higher Order Thinking Skills: A Needs Assessment. International Journal for Educational and Vocational Studies, 1(1), 21

Indraswari, L., Leswatri, W. A., & Hstari, C. R. (2019). Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal-Soal HOTS Materi Segiempat dan Segitiga Ditinjau dari Gender. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika. 7(2), 65-72

Khabibah, Nur Hidayati., Suhartono., Wahyudi. (2023). Analisis Kemampuan Siswa dalam Menyelesaikan Soal IPA Tipe Higher Order Thinking Skill (HOTS) pada Materi Gaya dan Gerak di Kelas IV SD Negeri Winong Tahun Ajaran 2021/2022. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 11(1), 199-204

Kowiyah. (2012). Keterampilan Berpikir Kritis. Jurnal Guruan Dasar Dosen PGSD UHAMKA

Krathwohl. D.R, (2002) A Revision of Blom’s Taxonomy: An Overview. Journa: collefe of Educarion, The Ohio State University

Lestari, Anggi., Saepulrohman, Asep., & Hamdu, Ghullam. (2016). Pengembangan Soal Tes Berbasis HOTS Pada Model Pembelajaran Latihan Penelitian Di Sekolah Dasar. Pedadidaktika, 3 (1), 74-83

Lestari, Indah Dwi., Arfilia Wijayanti., dan Filia Prima Artharina. 2020. Analisis Higher Order Thinking Skills pada Instrumen Evaluasi Muatan IPA Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Dwijaloka, 1(3).

Linda, S. C., & Hadiyanto, H. (2019). Kesiapan dan kemampuan guru dalam menerapkan pembelajaran tematik terpadu di sekolah dasar gugus 01 baruah gunuang. Jurnal Basicedu, 3(2), 524–532. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i2.35

Order, H., & Skills, T. (2017). Analisis HOTS (High Order Thinking Skills) pada soal objektif tes dalam mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial (Ips) Kelas V SD Negeri 7 Ciamis. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(2), 187–195.

Putri, E. Netika., dkk. 2022. Pengembangan Instrumen Soal Berbasis Hots Pada Pelajaran Ipa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan, 2 (3), 1223-1229

Rahayu, Restu., & Rosita, Rita. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. Jurnal Basicedu, 6(4), 6313 – 6319

Rahmadayanti, Dewi., & Hartoyo, Agung. (2022). Potret Kurikulum Merdeka, Wujud Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 7174 - 7187

Saraswati, P. M. S., & Agustika, G. N. S. (2020). Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi dalam Menyelesaikan Soal HOTS Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar. 4(2), 257-268

Satriawan, W., Santika, I. D., Naim, A., Tarbiyah, F., Raya, B., Selatan, L., Timur, L., Bakoman, A., & Panggung, P. (2021). Guru Penggerak Dan Transformasi Sekolah. Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam, 11(1), 1–12.

Setiawati, dkk. 2019. Penilaian Berorientasi Higher Order Thinking Skills. Jakarta: Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan. Sumaryanta. 2018. Penilaian HOTs Dalam Pembelajaran Matematika. Indonesian Digital. Journal of Mathematics and Education, 8(8), 2018.

Sibagariang, D., Sihotang, H., Murniarti, E., & Indonesia, U. K. (2021). Peran Guru Penggerak Dalam Pendidikan. Dinamika Pendidikan, 14(2), 88–99.

Sofyan, F.A. (2019). Implementasi HOTS pada Kurikulum 2013. Inventa: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(1), 1-17. https://doi.org/10.36456/inventa.3.1.a1803

Suhady, Wandy., Roza, Yenita., & Maimunah. (2020). Pengembangan Soal untuk Mengukur Higher Order Thinking Skill (HOTS) Siswa. Jurnal Gantang, 5 (2), 143-150

Supranoto, H. (2018). Pengembangan Soal HOTS Berbasis Permainan Ular Tangga Pada Mata Kuliah Telaah Ekonomi SMA. Jurnal Promosi: Pendidikan Ekonomi, 6(1), 103-110. http://dx.doi.org/10.24127/pro.v6i1.1501

Suryapuspitarini, B. K., Wardono, & Kartono. (2018). Analisis soal-soal matematika tipe Higher Order Thinking Skill ( HOTS ) pada Kurikulum 2013 untuk mendukung kemampuan literasi siswa. Prisma, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 876–884.

Ule, L., Kua, M.Y., Rewo, J.M., & Laksana, D.N.L. (2021). Pengembangan Instrumen Tes Higher Order Thinking Skill Dengan Real World Problem Berbasis Kearifan Lokal Ngada Pada Mata Pelajaran IPA SMP Kelas VII. Jurnal Citra Pendidikan, 1 (4)

Utama, Anak Agung Putu Agung Adhitya Satria., Astawan, I Gede., & Adi, I Nyoman Rasmen. (2022). Pengembangan Instrumen Penilaian Keterampilan Berpikir Kritis Dan Berpikir Kreatif Berbasis Google Form. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 9(2), 250-261

Wicakson, Anggit Grahito., Jumanto. (2019). Pengembangan Soal Higher Order Thinking Skills (Hots) Bagi Guru Sekolah Dasar. Jurnal Pengabdian Masyarakat Universitas Slamet Riyadi, 3(2), 14-20

Yamin, M., & Syahrir, S. (2020). Pembangunan Pendidikan Merdeka Belajar (Telaah Metode Pembelajaran). Jurnal Ilmiah Mandala Education, 6(1), 126–136.

Yerizon, Y. (2019). Pengembangan lembaran kerja matematika SMP berbasis pendekatan metakognisi untuk meningkatkan higher order thinking skill peserta didik. Jurnal Gantang, 4(2), 143–153.

Yuliandini, Nurul., Hamdu, Ghullam., & Respati, Resa. (2019). Pengembangan Soal Tes Berbasis Higher Order Thinking Skill (Hots) Taksonomi Bloom Revisi di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(1), 37-46

Yuniar, M, Rakhmat, C. R., & Saepulrohman, A. (2015). Analisis HOTS (Hig Order Thinking Skills) pada soal Objektif Tes dalam Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas V SD Negeri 7 Ciamis. Pedadidaktika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(2), 187-195

Downloads

Published

2023-11-16

How to Cite

Moinewa, Y. A., Laksana, D. N. L., Dolo, F. X., & Kua, M. Y. (2023). PENGEMBANGAN SOAL IPAS SEKOLAH DASAR BERBASIS HIGHER ORDER THINKING SKILLS. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 10(4), 722–735. https://doi.org/10.38048/jipcb.v10i4.2201

Issue

Section

Articles

Citation Check