PENGEMBANGAN COMPUTER ASSISTED INSTRUCTION (CAI) MODEL TUTORIAL TENTANG DESAIN WEB STATIS UNTUK SISWA SMK
Keywords:
pengembangan, media CAI, tutorial desain web statisAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk media CAI model tutorial tentang desain web statis, yang memenuhi syarat valid dari aspek (1) isi bidang studi, (2) desain pembelajaran, (3) media pembelajaran, (4) uji coba perorangan, (5) uji coba kelompok kecil, dan (6) uji coba lapangan.
Penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (research and development). Model yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan ini adalah model Hannafin dan Peck. Validasi produk media dilakukan melalui tahap review ahli isi bidang studi, review ahli desain pembelajaran, review ahli media pembelajaran, uji coba perorangan, uji coba kelompok kecil, dan uji coba lapangan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara dan kuesioner. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kualitatif dan teknik analisis deskriptif kuantitatif.
Hasil penilaian terhadap produk media CAI model tutorial antara lain: (1) ditinjau dari aspek isi bidang studi, produk media CAI model tutorial memperoleh kualifikasi sangat baik dengan perolehan skor 94%; (2) ditinjau dari aspek desain pembelajaran, produk media CAI model tutorial memperoleh kualifikasi sangat baik dengan perolehan skor 95%; (3) ditinjau dari aspek media pembelajaran, produk media CAI model tutorial memperoleh kualifikasi sangat baik dengan perolehan skor 91%; (4) ditinjau dari aspek uji coba perorangan, produk media CAI model tutorial memperoleh kualifikasi sangat baik dengan perolehan skor 94%; (5) ditinjau dari aspek uji coba kelompok kecil, produk media CAI model tutorial memperoleh kualifikasi sangat baik dengan perolehan skor 93%; dan (6) ditinjau dari aspek uji coba lapangan, produk media CAI model tutorial memperoleh kualifikasi sangat baik dengan perolehan skor 94%. Hasil tersebut menunjukkan produk media CAI model tutorial tentang desain web statis memiliki tingkat validitas yang sangat baik dan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran pada mata pelajaran desain web.
References
Agung, A. A. G. 2011b. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Singaraja: Jurusan Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Pendidikan Ganesha.
Amri. 2011. Pengertian dan Perbedaan Web Statis dan Web Dinamis. Tersedia pada http://www.kentos.web.id/pengertian-dan-perbedaan-web-statis-dan-web-dinamis/ (diakses pada tanggal 4 Desember 2018).
Ariasdi. 2008. Panduan Pengembangan Multimedia Pembelajaran. Tersedia pada http://www.ariasdimultimedia.wordpress.com/ 2008/ 02/ 12/ panduan-pengembangan-multimedia-pembelajaran/ (diakses pada tanggal 4 Desember 2018).
Arsyad, A. 2006. Media Pembelajaran. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Arya Oka, G. P. 2009. Teknik Produksi Pengembangan Multimedia. Singaraja: Jurusan Teknologi Pendidikan, FIP Undiksha.
Arya Oka, G. P., 2011. Multimedia Pembelajaran. Singaraja: Jurusan Teknologi Pendidikan, FIP Undiksha.
Azis, A. 2009. “Pembelajaran Berbantuan Komputer (PBK) pada MIN Pahandut dan MIN Langkai Kota Palangkaraya”. Jurnal Studi Agama dan Masyarakat, 6(1).
Daryanto. 2010. Media Pembelajaran: Peranannya Sangat Penting dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran. Edisi 1. Cetakan ke-1. Yogyakarta: Gava Media.
Hasan, I. 2004. Analisis Data Penelitian dengan Statistik. Cetakan ke-1. Jakarta: Bumi Aksara.
Hasbullah. 2006. Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Hodges, A. M. 2006. Master of Science Instructional Technology Portofolio. Tersedia pada http://www.arcmit01.uncw.edu/hodgesa/definition.htm (diakses pada tanggal 29 Desember 2018).
Indro. 2009. CAI Model Tutorial. Tersedia pada http://www.indrockz. blogspot.com/2009/11/cai-model-tutorial.html (diakses pada tanggal 4 Desember 2011).
Mardika, I. N. 2008. Pengembangan Multimedia dalam Pembelajaran Kosakata Bahasa Inggris di SD. Tersedia pada http://www.mardikanyom. tripod.com/ Multimedia.pdf (diakses pada tanggal 4 Desember 2018) .
Media Indonesia. 2011. Indeks Pembangunan Manusia Indonesia Anjlok Drastis. Tersedia pada http://www.mediaindonesia.com/read/2011/11/03/273550/ 293/14/Indeks-Pembangunan-Manusia-Indonesia-Anjlok-Drastis (diakses pada tanggal 15 Desember 2011).
Prawiradilaga, D. S. 2008. Prinsip Disain Pembelajaran. Edisi 1. Cetakan ke-2. Jakarta: Kencana.
Pribadi, B. A. 2009. Model Desain Sistem Pembelajaran. Cetakan 1. Jakarta: Dian Rakyat.
Sadiman, A. S., dkk. 2005. Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Sanjaya, W. 2008a. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Edisi 1. Cetakan ke-4. Jakarta: Kencana.
Tegeh, I. M dan I Wayan Suastra. 2010. Media Pembelajaran. Singaraja: Jurusan Teknologi Pendidikan, FIP UNDIKSHA.
Tegeh, I. M dan I Made Kirna. 2010. Metode Penelitian Pengembangan Pendidikan. Singaraja: UNDIKSHA.
Wahono, R. S. 2008. 7 Langkah Mudah Membuat Multimedia Pembelajaran. Tersedia pada http://www.romisatriawahono.net/2008/03/03/7-langkah-mudah-membuat-multimedia-pembelajaran/ (diakses pada tanggal 4 Desember 2018).