IMPLEMENTASI WAYANG SUKURAGA TERHADAP PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA BERKEBHINEKAAN GLOBAL

Authors

  • Euis Syafaah Universitas Muhammadiyah Sukabumi, Indonesia
  • Iis Nurasiah Universitas Muhammadiyah Sukabumi, Indonesia
  • Irna Khaleda Nurmeta Universitas Muhammadiyah Sukabumi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.38048/jipcb.v10i4.1872

Keywords:

Wayang, Profil Pelajar Pancasila, Berkebhinekaan Global

Abstract

Pendidikan karakter sangatlah penting dalam kurikulum merdeka karena berkaitan dengan penguatan profil pelajar Pancasila. Penguatan profil pelajar pancasila dapat dilakukan melalui pengenalan budaya yang menjadi karakter peserta didik. Berdasarkan observasi awal didapatkan permasalahan mengenai karakter siswa terutama dalam karakter berkebhinekaan global. Diantara salah satu solusi untuk memecahkan masalah ini yaitu dengan mengenalkan media berbasis kearifan lokal kepada peserta didik. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk meningkatkan karakter berkebhinekaan global peserta didik pada siswa kelas IV dengan menggunakan Wayang Sukuraga sebagai media pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas menggunakan model Kemmis dan McTaggart yang dilakukan melalui II siklus dan terdiri dari dua pembelajaran pada setiap siklusnya. Partisipan terdiri atas 28 Peserta didik yaitu 14 laki-laki dan 14 perempuan. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan angket. Analisa data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan dari siklus I ke siklus II yaitu dengan perolehan skor rata-rata siklus I sebesar 73,03 dan siklus II sebesar 86,25. Dengan demikian dapat dismpulkan bahwa Wayang sukuraga dapat meningkatkan sikap berkebhinekaan global  siswa.

References

Andhini, G. P., Nurasiah, I., & Nurmeta, I. K. (2022). Nilai Kearifan Lokal dalam E-LKS Berbasis Wayang Sukuraga sebagai Perwujudan Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran, 5(1), 92-99.

Angraeni, N., Lyesmaya, D., & Nurasiah, I. (2021). Meningkatkan Keterampilan Menulis Deksripsi Melalui Penerapan Media Wayang Sukuraga Di Kelas Rendah. Attadib: Journal of Elementary Education, 5(2), 150-156.

Anisa, E., Nurasiah, I., & Uswatun, D. A. (2022). Implementation of Wayang Sukuraga to Improve the Social Attitudes of Elementary School Students. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 6(2).

Amalia, N., Nurasiah, I., Lyesmaya, D., & Syafitri, Y. N. V. (2021). Pengaruh Cerita Wayang Sukuraga Terhadap Pendidikan Karakter Siswa Di Kelas Tinggi Sekolah Dasar. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(6), 1463–1470. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v10i6.8424

Aviani, N. S., Sutisnawati, A., Nurmeta, I. K., Surtini, A., & Novianti, S. (2022). Upaya Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman melalui Cerita Pendek Wayang Sukuraga. Jurnal Basicedu, 6(5), 8641-8651.

Darmawan Agus, A. (2022). Reaktualisasi Seni Wayang Sukuraga Melalui Perancangan Pop Up Poster. Jurnal Dasarupa: Desain Dan Seni Rupa, 4(1), 29–35.

Dewi, N. K. N. S., & Putri, N. K. H. R. (2022). Pembelajaran Bahasa Sebagai Penguatan Profil Pelajar Pancasila Berkebhinekaan Global. Pedalitra: Prosiding Pedagogi, Linguistik, Dan Sastra, 2(1), Article 1.

Fadhil, A. (2023). Pengembangan Modul Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Berbasis Contextual Learning Di Sd Muhammadiyah 9 Kota Malang. Ibtidaiyyah: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 2(3), 152-171

Ibda, H. (2017). Media Pembelajaran berbasis Wayang: Konsep dan Aplikasi. CV. Pilar Nusantara.

Juliana, A. D., Nurasiah, I., & Wardana, A. E. (2020). Peningkatan Keterampilan Bercerita Melalui Media Wayang Sukuraga Berbasis 5 Karakter Di Kelas Tinggi. Attadib: Journal of Elementary Education, 3(2), 192-204

Kemmis, S., & Mctaggart, R. (1988). The Action Researcher Planner. Deakin Universty.

Lestari, M. A., & Hermawati, E. (2023). Penggunaan Media Pembelajaran Ular Tangga Dalam Menanamkan Karakter Berkebhinekaan Global pada Siswa SDIT Darul Amanah. Journal of Innovation and Sustainable Empowerment, 2(1), 6-11.

Lina, S. A. L., Sutisnawati, A., & Nurasiah, I. (2020). Pengembangan Media Wayang Sukuraga Terhadap Kreativitas Siswa Dalam Membuat Karya Imajinatif di Kelas Rendah. Didaktika: Jurnal Stkip Subang, 6(2).

Maisaroj, S. (2023) Pengembangan LKPD Berbasis Kearifan Lokal Sidoarjo Dalam Membantu Mewujudkan Kebhinekaan Global pada Mata Pelajaran IPAS BAB 6 Kelas IV SDN Kepunten.

Mustika, B., Uswatun, D. A., Khaleda, I., Hendrik, A., & Nurnaningsih, N. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Wayang Sukuraga Terhadap Keaktifan Siswa Kelas Rendah Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 4784-4793.

Mu’in, F. (2019). Pendidikan karakter. Scripta Cendekia.

Nainggolan, A. C., Thomas, U. K. S., & Dewi, I. (2023). Penerapan Ideologi Dan Tujuan Pendidikan Matematika Secara Epistemologi Dalam Kurikulum Merdeka Belajar. 9.

Ningsih, Tutuk.2015. Implementasi Pendidikan Karakter. Purwokerto: STAIN Press, Purwokerto. http://smkn2sragen.sch.id/smk/html/index.php?id=artikel&kode=54

Nurasiah, I. (2022). Analisis Penggunaan Aplikasi Wayang Sukuraga Sebagai Media Pembelajaran Untuk Menumbuhkan Karakter Siswa Sekolah Dasar. 8(1).

Nurasiah, I., Lyesmaya, D., & Sumiarsa, D. (2019). Pengaruh Wayang Sukuraga Terhadap Literasi Siswa Kelas Tinggi Sd Kota Sukabumi. Jurnal Holistika, 3(2), Article 2.

Nurasiah, I., Sumantri, M. S., Nurhasanah, N., & Casmana, A. R. (2022). Cultural Values’ Integration in Character Development in Elementary Schools: The Sukuraga as Learning Media. Frontiers in Education, 7, 219.

Nurasiah, I., Rachmawati, N., Marini, A., Maksum, A., & Herlina, H. (2022). Pengaruh Modul Nusantara Dan Efikasi Diri Dalam Pembelajaran Multikultural Terhadap Literasi Budaya Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(1), 186-194.

Nurasiah, I., Marini, A., Nafiah, M., & Rachmawati, N. (2022). Nilai kearifan lokal: projek paradigma baru program sekolah penggerak untuk mewujudkan profil pelajar pancasila. Jurnal Basicedu, 6(3), 3639-3648.

Pengajaran Sesuai dengan Tingkat Kemampuan Peserta Didik. (2023, Januari 3). Merdeka Mengajar. https://pusatinformasi.guru.kemdikbud.go.id/hc/en-us/articles/14142735013145-Pengajaran-Sesuai-dengan-Tingkat-Kemampuan-Peserta-Didik

Putri, I. P., Nurasiah, I., & Sutisnawati, A. (2022). Media Pop-Up Book Berbasis Wayang Sukuraga: Dimensi Aneka Global dalam Kurikulum Prototipe di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(3), 543-551.

Rachmawati, N., Marini, A., Nafiah, M., & Nurasiah, I. (2022). Projek penguatan profil pelajar pancasila dalam impelementasi kurikulum prototipe di sekolah penggerak jenjang sekolah dasar. Jurnal basicedu, 6(3), 3613-3625.

Rohmah, N. N. S., Narimo, S., & Widyasari, C. (2023). Strategi Penguatan Profil Pelajar Pancasila Dimensi Berkebhinekaan Global Di Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(3), 1254-1269.

Sari, Z. A. A., Nurasiah, I., Lyesmaya, D., Nasihin, N., & Hasanudin, H. (2022). Wayang Sukuraga: Media pengembangan karakter menuju profil pelajar pancasila. Jurnal basicedu, 6(3), 3526–3535.

Sulistiawati, A., Khawani, A., Yulianti, J., Kamaludin, A., & Munip, A. (2022). Implementasi profil pelajar pancasila melalui proyek bermuatan kearifan lokal di sd negeri trayu. Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar), 5(3), Article 3. https://doi.org/10.12928/fundadikdas.v5i3.7082

Vikiantika, A., Primasatya, N., & Erwati, Y. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Sekolah Penggerak pada Mata Pelajaran Matematika Melalui Media Pembelajaran Berbasis Flipbook. Jurnal Basicedu, 6(2), 2002–2013.

Downloads

Published

2023-11-16

How to Cite

Syafaah, E., Nurasiah, I., & Nurmeta, . I. K. (2023). IMPLEMENTASI WAYANG SUKURAGA TERHADAP PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA BERKEBHINEKAAN GLOBAL. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 10(4), 784–797. https://doi.org/10.38048/jipcb.v10i4.1872

Issue

Section

Articles

Citation Check