PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DALAM MENUMBUHKAN PERCAYA DIRI SISWA SD

Authors

  • Dian Aprelia Rukmi Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Indonesia
  • Ana Firotun Nisa Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta, Indonesia
  • Armi Yustina Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta, Indonesia
  • Desti Vitriani Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta, Indonesia
  • Siwi Nurhayati Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.38048/jipcb.v10i4.1824

Keywords:

Diferensiasi, pembelajaran, percaya diri

Abstract

Pembelajaran diferensiasi dalam penelitian ini adalah pembelajaran dengan memperhatikan karakteristik gaya belajar peserta didik, baik menggunakan visual, audio, maupun kinestetik. Sehingga peserta didik dapat memilih gaya belajar yang mereka inginkan dalam pembelajaran. Tujuan dari artikel ini adalah menganalisis pembelajaran berdiferensiasi terhadap percaya diri peserta didik kelas V di SD Negeri Kiyaran 2 Kapanewon Cangkringan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes diagnostik, observasi, unjuk kerja, dan tes akhir. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa pembelajaran berdiferensiasi memberikan dampak positif terhadap percaya diri peserta didik. Hal tersebut ditunjukkan dengan meningkatnya nilai rata-rata percaya diri peserta didik dari kondisi awal 60,77 meningkat menjadi 73,85. Selain itu, dari penerapan pembelajaran berdiferensiasi diperoleh peningkatan nilai rata-rata peserta didik yang semula 59,71 meningkat menjadi 80,21. Berdasarkan data tersebut dapat diketahui peserta didik yang memperoleh nilai di atas KKM adalah 85,71%.

References

Ade Sintia Wulandari. (2022). Literature Review: Pendekatan Berdiferensiasi Solusi Pembelajaran dalam Keberagaman. Jurnal Pendidikan Mipa, 12(3), 682–689. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i3.620

Alimuddin, A. M., & Yuzrizal. (2020). Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam. Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam, 7(2), 113–122. http://conference.kuis.edu.my/pasak2017/images/prosiding/nilaisejagat/10-MAAD-AHMAD.pdf

Aprima, D., & Sari, S. (2022). Analisis Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pelajaran Matematika SD. Cendikia: Media Jurnal Ilmiah Pendidikan, 13(1), 95-101.

Ardianti Yoni, (2019). Memahami Metode Penelitian Kualitatif. 1, https://www.djkn.kemenkeu.go.id/artikel/baca/12773/Memahami-Metode-Penelitian-Kualitatif.html

Astiti;, K. A., Supu;, A., Sukarjita;, I. W., & Lantik;, I. (2021). Pengembangan Modul IPA Terpadu Tipe Connected Berbasis Pembelajaran Berdiferensiasi pada Materi Lapisan Bumi Kelas VII. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sains (JPPSI), 4(2), 112–120.

Avandra, R., & Desyandri. (2023). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran Ipa Kelas Vi Sd. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 8(2), 2944–2960. https://doi.org/10.36989/didaktik.v8i2.618

Cahyani, A. E. M., Mayasari, T., & Sasono, M. (2020). Efektivitas E-Modul Project Based Learning Berintegrasi STEM Terhadap Kreativitas Siswa SMK. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 4(1), 15. https://doi.org/10.20527/jipf.v4i1.1774

Cindyana, E. A., Alim, J. A., & Noviana, E. (2021) Pengaruh Pembelajaran Berdiferensiasi Berbantuan Materi RME Terhadao Kemampuan Penalaran Matematis Peserta didik Kelas 3 Sekolah Dasar. Jurnal Pajar. (Pendidikan dan Pengajaran), 6(4), 1179-1187.

Dapa, A. N. (2020). Differentiated Learning Model for Student with Reading Difficulties. JTP-Jurnal Teknologi Pendidikan, 22(2), 82-87

Fitra, Devi Kurnia; (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Perspektif Progresivisme pada Mata Pelajaran IPA. Jurnal Filsafat Indonesia, 5(3).

Herwina, W. (2021). Optimalisasi Kebutuhan Murid Dan Hasil Belajar Dengan Pembelajaran Berdiferensiasi. Perspektif Ilmu Pendidikan, 35(2), 175–182. https://doi.org/10.21009/pip.352.10

Kusuma, Y. Y., Sumianto, S., & ... (2023). Pengembangan Model Pembelajaran Berdiferensiasi Berbasis Nilai Karakter dalam Kearifan Lokal pada perspektif Pendidikan Global di Sekolah Dasar. Jurnal …, 5, 2936–2941. http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/11446

Marlina, M. (2019). Panduan Pelaksanaan Model Pembelajaran Berdiferensiasi di Sekolah Inklusif.

Marlina, M., Efrina, E., & Kusumastuti, G. (2019). Differentiated learning for students with special needs in inclusive schools

Marisa, M. (2021). Inovasi Kurikulum “Merdeka Belajar” di Era Society 5.0. Santhet: (Jurnal Sejarah, Pendidiikan Dan Humaniora), 5(1), 72. https://doi.org/10.36526/js.v3i2.e-ISSN

Nast, T. P. J., & Yarni, N. (2019). Teori Belajar Menurut Aliran Psikologi Humanistik Dan Implikasinya Dalam Pembelajaran. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 2(2), 270–275. https://doi.org/10.31004/jrpp.v2i2.483

Nurjan, Syarifan, (2016). Psikologi Belajar. Ponorogo: Wade Group

Qodri, A. (2017). Teori Belajar Humanistik dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Abd. Jurnal Pedagogik, 04(02), 188–202.

Panginan, V. R., & Susianti. (2022). Pengaruh Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Perbandingan Penerapan Kurikulum 2013. Jurnal PGSD Universitas Lamappapoleonro, 1(1), 9–16.

Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y. S., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. Jurnal Basicedu, 6(4), 6313–6319. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3237

Rahmadayanti, D., & Hartoyo, A. (2022). Potret Kurikulum Merdeka, Wujud Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 7174–7187. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3431

Sambada, D. (2012). Peranan Kreativitas Siswa Terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah Fisika Dalam Pembelajaran Kontekstual. Jurnal Penelitian Fisika Dan Aplikasinya (JPFA), 2(2), 37. https://doi.org/10.26740/jpfa.v2n2.p37-47

Setiawan, L., Wardani, N. S., & Permana, T. I. (2021). Peningkatan kreativitas siswa pada pembelajaran tematik menggunakan pendekatan project-based learning. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi, 8(1), 1879–1887. https://doi.org/10.21831/jppfa.v8i2.40574

Sampsel, A. (2013). Finding the effects of think-pair-share on student confidence and participation.

Suralaga, Fadhilah, (2021). Psikologi Pendidikan Implikasi dalam Pembelajaran. Depok: Raja Grafindo Persada

Tomlinson, C. A. (2000). Differentiation of Instruction in the Elementary Grades. ERIC Digest. ERIC Clearinghouse on Elementary and Early Childhood Education.

Tanjung, Y. I., Wulandari, T., & Mufid, F. (2023). Model Dan Pengaruh Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Pendidikan IPA : Tinjauan Literatur Sistematis. 68–80.

Taylor, S. (2017). Contested Knowledge: A Critical Review of the Concept of Differentiation in Teaching and Learning. Transforming Teaching WJETT, 1, 55–68. https://journals.warwick.ac.uk/index.php/wjett/article/view/44

Wati Ni Nyoman Kurnia, (2022, November 3). Analisis Pendekatan CBSA dan Pembelajaran Berdiferensisasi dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia, 6(3), 257-258.

We'u, Gregorius. (2021). Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) Buku Berbasis Riset. Jawa Tengah: Lakeisha.

Wilda Lumban Tobing, Boanerges Putra Sipayung, Achmad Subchiandi Maulana, Kristoforus Wilson Kia, Adolfianus Nino, Primus Ena Kaet, Maria Apriana, Manehat, Elviani Seran, Marianus Asa, & Carolus Emerik Kato. (2023). Jurnal Pengabdian UNDIKMA: Jurnal Pengabdian UNDIKMA, 4(1), 27–35

Downloads

Published

2023-11-16

How to Cite

Dian Aprelia Rukmi, Firotun Nisa, A., Yustina, A., Vitriani, D., & Nurhayati, S. . (2023). PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DALAM MENUMBUHKAN PERCAYA DIRI SISWA SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 10(4), 798–810. https://doi.org/10.38048/jipcb.v10i4.1824

Issue

Section

Articles

Citation Check