PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELARAN UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR IPS SISWA SD

Authors

  • Sunardin Universitas Cokroaminoto Palopo, Indonesia
  • Andi Kilawati Universitas Cokroaminoto Palopo, Indonesia
  • Safwan Kasma Universitas Cokroaminoto Palopo, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.38048/jipcb.v10i4.1822

Keywords:

Media Pembelajaran, Video Pembelajaran, Kine Master, Minat Belajar IPS

Abstract

Aplikasi KineMaster merupakan salah satu produk hasil pengembangan teknologi yang bisa dijadikan sebagai sarana penyunting video. Selain praktis dan mudah dipahami, penggunaan aplikasi KineMaster juga terbukti memberikan fleksibitas terhadap pekerjaan dalam membuat media pembelajaran dengan menyunting berbagai video menarik. Penulisan artikel ini bertujuan untuk menguraikan hasil penelitian pengembangan video pembelajaran berbasis aplikasi KineMaster untuk meningkatkan minat belajar IPS siswa SD. Metode yang digunakan pada penelitian menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima fase atau tahapan, yaitu (A)nalisys, (D)esain, (D)evelopment, (I)mplementation, dan (E)valuation. Hasil penelitian menunjukkan kelayakan video pembelajaran yang telah dikembangkan berdasarkan hasil uji validasi dari ahli media, ahli materi dan ahli Bahasa dengan nilai rata-rata persentase kelayakan 81,86%. Hasil penilaian kelayakan video pembelajaran yang telah dikembangkan juga didukung oleh penilaian angket hasil respon siswa. Hasil respon angket siswa setelah uji coba produk video pembelajaran mengalami peningkatan 10,67% dibandingkan dengan sebelum menggunakan produk video pembelajaran yang telah dikembangkan. Dengan demikian hasil pengembangan video pembelajaran berbasis aplikasi KineMaster menggunakan model ADDIE efektif digunakan untuk meningkatkan minat belajar IPS siswa SD.

References

Aftoni, A., et al. "Plan-Do-Review-Share-Happy (Plandoresh) strategy as an effort of developing vocational high school students’ independent learning." Jurnal Pendidikan Vokasi 11.1 (2021).

Amelia, V. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Kinemaster Pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas III SD Negeri 36 Koto Panjang (Doctoral Dissertation, Universitas Negeri Padang).

Darnawati, D., Irawaty, I., & Uke, W. A. S. (2021). Pelatihan pembuatan video pembelajaran daring dengan menggunakan aplikasi kinemaster dan screencast o matic. E-Dimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 12(1), 100-105.

Dewi, N. P. S. R., Adnyana, P. B., & Citrawathi, D. M. (2020, July). The Validity of Tri Hita Karana (THK) Oriented Blended Learning Tools to Improve Student’s Critical Thinking Ability. Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1503, No. 1, p. 012052). IOP Publishing.

Fatimah, S., & Sari, S. Y. (2021). Penerapan Google Classroom dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Kepada Guru-Guru Bahasa Inggris SMP di Kota Padang. Suluah Bendang: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 21(1), 17-26.

Putro, H. (2013). KURIKULUM 2013: MENGEMBALIKAN PIPS KEHITTAH- NYA Ersis Warmansyah Abbas

Harsiwi, U. B., & Arini, L. D. D. (2020). Pengaruh pembelajaran menggunakan media pembelajaran interaktif terhadap hasil belajar siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1104-1113.

Hondro, R. K., Ramadhani, P., & Sayuthi, M. (2021). Pemanfaatan Aplikasi Google Classroom Untuk Manajemen Pembelajaran Bahasa Inggris di Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu Al Munadi di Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Nusantara, 3(1), 8-12.

Kurniasari, W., Murtono, M., & Setiawan, D. (2021). Meningkatkan Minat Belajar Siswa Menggunakan Model Blended Learning Berbasis Pada Google Classroom. Jurnal Educatio Fkip Unma, 7(1), 141-148.

Ilahi, L. R., & Desyandri, D. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Tematik Terpadu Berbasis Powtoon di kelas III Sekolah Dasar. Journal of Basic Education Studies, 3(2), 1058-1077.

Lestari, P. E. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Cyber KineMaster pada Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Tunas Nusantara, 4(1), 434-441.

Lubis, M. S., Hidayati, I., & Listia, W. N. Optimalisasi Pembelajaran Daring Pada Mata Kuliah Praktek Musik AUD pada Penggunaan Aplikasi Kinemaster Di PG PAUD FIP UNIMED. Jurnal Bunga Rampai Usia Emas, 7(1), 1-6.

Marhayani, D. A. (2017). Pembentukan karakter melalui pembelajaran ips. Jurnal Edunomic, 5(2), 67–75.

Meilana, H. P. (2017). Pengembangan media pembelajaran matematika berbantuan komputer pada materi trigonometri kelas X SMA (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Malang).

Mindrianingsih, T., & Yanti, Y. E. (2021). Pengembangan Media Video Animasi Berbasis Plotagon Dan Kinemaster dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa SD. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 7(02), 606-618.

Mudilillah, A. (2021). Penerapan Kinemaster Sebagai media Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV dimasa Covid-19. As-Sibyan, 4(2), 106-124.

Nurdiana, A. S., Hanafi, S., & Nulhakim, L. (2021). Pengembangan Media Video Pembelajaran Animasi Berbasis Kinemaster Untuk Meningkatkan Efektivitas Pada Mata Pelajaran IPA Siswa Kelas IV SDN Kedaleman IV. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(6), 1554-1564.

Nurhasanah, S., & Sobandi, A. (2016). Minat Belajar Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran (JPManper), 1(1), 128-135.

Pagarra, H., & Idrus, N. A. (2018). Pengaruh penggunaan video pembelajaran ipa terhadap minat belajar siswa kelas III SD Inpres Lanraki 2 Kecamatan Tamalanrea Kota Makassar. Jurnal Publikasi Pendidikan, 8(1), 30-40.

Permendiknas No. 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi Pembelajaran.

Purwono, J. (2014). Penggunaan media audio-visual pada mata pelajaran ilmu pengetahuan alam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Pacitan. Jurnal teknologi pendidikan dan pembelajaran, 2 (2).

Rusman, D. K., & Riyana, C. (2015). Pembelajaran Berbasis Teknologi Informatika.

Safarati, N., Rahma, R., Fatimah, F., & Sharfina, S. (2020). Pelatihan Inovasi Pembelajaran Mengahadapi Masa Pandemic Covid-19. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(3), 240-245.

Sapriya, (2008). Pendidikan IPS. Bandung: Laboratorium PKn UPI Press.

Susanto. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Seklah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian, Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta

Supriadi, M., & Latief, J. A. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Lingkungan Untuk Membentuk Karakter Siswa Pada Mata Pelajaran IPS di SMP Negeri 5 Model Palu Sulawesi Tengah. Jurnal Kreatif Online, 8(2), 133–140.

Wahyudi, N. G. (2019). Desain pesan pembelajaran di era digital. Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(1), 104-135.

Wastriami, W., & Mudinillah, A. (2022). Manfaat media pembelajaran berbasis aplikasi kinemaster terhadap hasil belajar ipa siswa sdn 25 tambangan. Tarqiyatuna: Jurnal Pendidikan Agama Islam Dan Madrasah Ibtidaiyah, 1(1), 30-43.

Winarsih, W., Susanto, M. R., & Susanto, D. (2021). Efektivitas Pengembangan Bahan Ajar Seni Budaya Melalui Aplikasi Kinemaster di Masa Pandemi Covid-19. Sosiohumaniora: Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial Dan Humaniora, 7(2), 29-38.

Downloads

Published

2023-11-17

How to Cite

Sunardin, Kilawati, A. ., & Kasma, S. . (2023). PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELARAN UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR IPS SISWA SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 10(4), 899–912. https://doi.org/10.38048/jipcb.v10i4.1822

Issue

Section

Articles

Citation Check