PENGGUNAAN APLIKASI QUIZIZZ UNTUK MENGUKUR ASPEK KOGNITIF SISWA SD PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA

Authors

  • Sri Wahyuni Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia
  • Nurur Rubingah Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia
  • Nur Hakiky Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia
  • Andri Wicaksono Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia
  • Yulia Maftuhah Hidayati Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia
  • Anatri Desstya Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.38048/jipcb.v10i4.1819

Keywords:

kognitif, matematika, quizizz

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan quizizz dalam pengukuran pemahaman murid dalam aspek kognitif  tingkat sekolah dasar pada mata pelajaran matematika. Penelitian ini di terapkan pada siswa  kelas 4 sejumlah 6 Peserta didik,1 Guru Kelas, 1 Kepala Sekolah di SD Negeri 3 Nanggulan, Kecamatan Cawas, Kabupaten Klaten sebagai subjeknya. Metode penelitian dengan pendekatan fenomenologi dan termasuk dalam   penelitian kualitatif. Untuk menguji keabsahan data dilakukan uji triangulasi menggunakan uji triangulasi teknik dan uji triangulasi sumber. Hasil penelitian guru memanfaatkan quizizz untuk mengukur aspek kognitif murid dalam  mata pelajaran matematika. Hasil dari penelitian ini ditemukannya kebaruan fitur-fitur dalam quizizz dibandingkan penelitian-penelitian sebelumnya. Fitur yang dapat digunakan untuk mengukur aspek kognitif mata pelajaran matematika adalah live quiz dan paper mode dan bentuk soal yang bisa digunakan adalah multiple choice.

References

Ahmad, H. , L. A. , & A. Y. A. (2021). ). Media quizizz sebagai aplikasi assessment pembelajaran. Nas Media Pustaka.

Ahmadi, F. (2017). Guru SD di era digital: pendekatan, media, inovasi. CV:Pilar Nusantara.

Ahmadi, M. (2020). ). Dampak perkembangan new media pada pola komunikasi masyarakat. Alamtara: Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam, 4(2), 26–37.

Amany, A. (2020). Quizizz sebagai Media Evaluasi Pembelajaran Daring Pelajaran Matematika Artikel info Abstrak. Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran, 2(2), 48–57.

Azzahra, M. D., & Pramudiani, P. (2022a). Pengaruh Quizizz sebagai Media Interaktif terhadap Minat Belajar Siswa pada Pelajaran Matematika Kelas V di Sekolah Dasar. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 3203–3213. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i3.1604

Dwika Hidayati, I. (2021). Efektivitas Media Pembelajaran Aplikasi Quizizz Secara Daring Terhadap Perkembangan Kognitif Siswa. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(2), 251–257.

Fauqa Muamalah, R., Adi Putra, D., Nanda Faradita, M., Muhammadiyah Surabaya, U., Raya Sutorejo No, J., Sutorejo, D., Mulyorejo, K., Sby, K., & Timur, J. (2023a). Penerapan Aplikasi Game Quizziz untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Journal on Education, 05(03), 7084–7095.

Fitriadi, H. (2013). Integrasi teknologi informasi komunikasi dalam pendidikan: potensi manfaat, masyarakat berbasis pengetahuan, pendidikan nilai, strategi implementasi dan pengembangan profesional. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 21(3).

Hidayati, I. D. , & A. A. (2021). Efektivitas media pembelajaran aplikasi quizizz secara daring terhadap perkembangan kognitif siswa. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(2), 251–257.

Iin Nurbudiyani. (2013). Pelaksanaan pengukuran ranah kognitif, afektif dan psikomotor pada Mata Pelajaran IPS Kelas II SD Muhammadiyah Palangkaraya. Pedagogik Jurnal Pendidikan, 2, 14–20.

Kurnia, L., Haryati, S., & Linda, R. (2011). Pengembangan Instrumen Evaluasi Higher Order Thinking Skills Menggunakan Quizizz Pada Materi Termokimia untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 10(1), 176–190.

Lestari, D. (2022). Pemanfaatan Quizizz Untuk Ptm Pada Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Inovasi Karya Guru, 2(1). DOI:10.51878/teacher.v2i1.1111

Lestari, S., Zifa, M., Fatimah, S.,(2022). Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Matematika Melalui Game Quizizz Pada Siswa Kelas III SD Negeri 1 Panunggalan Semester Genap Tahun 2020/2021. In Educatif : Journal of Education Research (Vol. 4, Issue 1).

Lusiani, L. (2020). Penggunaan Aplikasi Online Quizizz dalam Menganalisis Hasil Tes Kognitif Siswa pada Materi Energi. Science, and Physics Education Journal (SPEJ), 4(1), 15–23. https://doi.org/10.31539/spej.v4i1.1637

Mulyati, S., & Evendi, H. (2020). ). Pembelajaran matematika melalui media game quizizz untuk meningkatkan hasil belajar matematika SMP. GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 64–73.

Narassati, N., Saleh, R., & Arthur, R. (2021). ). Pengembangan alat evaluasi berbasis hots menggunakan aplikasi quizizz pada mata pelajaran mekanika teknik dalam pembelajaran jarak jauh. Jurnal Pendidikan Teknik Sipil, 3(2), 169–180.

Putri Endah Nugrahani, K., Purbosari, P., Profesi Guru Prajabatan, P., & Veteran Bangun Nusantara, U. (n.d.). Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Hasil Belajar Matematika Melalui Media Quizizz.

Putri, N. W., & Dwijayanti, R. (2020). Pengembangan alat evaluasi bantuan aplikasi “quizizz” pada mata pelajaran marketing kelas X jurusan BDP di SMK Negeri 10 Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 8(3), 985–991.

Putri, R. H., & Wardani, N. S. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Tematik Melalui Problem Based Learning Dalam Pembelajaran Daring Siswa Kelas Iv Sd. Jurnal Mimbar Ilmu, 26(1), 2021.

Sanga, L., & Purba, L. (n.d.). Peningkatan Konsentrasi Belajar Mahasiswa Melalui Pemanfaatan Evaluasi Pembelajaran Quizizz Pada Mata Kuliah Kimia Fisika I.

Sitorus, D. S., & Santoso, T. N. B. (2022). Pemanfaatan Quizizz sebagai media pembelajaran berbasis game pada masa pandemi Covid-19. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 12(2), 81–88.

Sudihartono.(2020). Penerapan Quizizz Dalam Pelaksanaan Penilaian Pengetahuan Peserta Diklat Di Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah Provinsi Sumatera Selatan. Jurnal Lentera Pendidikan Pusat Penelitian LPPM UM METRO, 5(1).

Susiaty, U. D. , & O. D. (n.d.). Desain aplikasi media pembelajaran untuk membantu pemahaman siswa tentang konsep geometri. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 3(1).

Tazkiyah, D., & Isro, Z. (2021). Penerapan Aplikasi Quizizz Dalam Pembelajaran Daring Di Era Covid-19. Jurnal Cakrawala Mandarin, 2(2), 42–51.

Tiana, A., Damai, A., Krissandi, S., & Sarwi, M. (2021a). Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Media Game Quizizz Pada Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(6).

Wilda Maghfiroh, N., & Kirom, A. (2019). Pengaruh Penerapan Media Edmodo Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Di Smk Anwarul Maliki Sukorejo Pasuruan. Jurnal Mu’allim, 1.

Downloads

Published

2023-11-16

How to Cite

Wahyuni, S., Rubingah, N., Hakiky, N., Wicaksono, A., Hidayati, Y. M., & Desstya, A. (2023). PENGGUNAAN APLIKASI QUIZIZZ UNTUK MENGUKUR ASPEK KOGNITIF SISWA SD PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA . Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 10(4), 811–824. https://doi.org/10.38048/jipcb.v10i4.1819

Issue

Section

Articles

Citation Check

Most read articles by the same author(s)