PENERAPAN QUANTUM TEACHING DALAM PEMBELAJARAN IPA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SD

Authors

  • Desti Vitriani Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Indonesia
  • Ana Fitrotun Nisa Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Indonesia
  • Banun Havifah Cahyo Khosiyono Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.38048/jipcb.v10i4.1806

Keywords:

quantum teaching, hasil belajar, IPA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V SD Negeri Kepuharjo, Cangkringan Tahun Ajaran 2022/2023 dengan menggunakan model Quantum Teaching. Penelitian tindakan kelas ini menggunakan model Kemmis&Mc Taggart. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri Kepuharjo, Cangkringan, Sleman. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri Kepuharjo yang berjumlah 23 siswa terdiri dari 15 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan observasi. Instrumen penelitian adalah soal tes dan lembar observasi. Data penelitian ini dianalisis secara deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian dengan menerapkan model Quantum Teaching dengan sintaks TANDUR yang menggunakan teknik pembelajaran bervariasi dan memfokuskan pada keterlibatan siswa dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V SD Negeri Kepuharjo. Berdasarkan tes pada siklus I setelah menggunakan model Quantum Teaching, nilai rata-rata meningkat dari 65 menjadi 79 dengan ketuntasan belajar juga meningkat dari 21% menjadi 91%. Pada siklus II, dengan adanya perbaikan pada siklus I, diperoleh nilai rata-rata 86 dengan ketuntasan belajar menjadi 100%.

References

Abidin, M. Z., Wati, R. I., & Darmayanti, R. (2023). Implementasi Amaliyah Ahlussunnah Wal Jama’ah Dalam Mengatasi Perilaku Amoral Sebagai Upaya Pembentukan Akhlak Remaja. Assyfa Journal of Islamic Studies, 1(1), 51–62. https://www.journal.assyfa.com/index.php/ajis/article/view/167.

Azura, A. R., Kamariyah, N., & Taufiq, M. (2019). Pengembangan Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Dengan Materi Perubahan Wujud Benda Kelas V Di SD Al-Islah Surabaya. Journal of Natural Science Education Research, 1(2), 171–180. http://journal.trunojoyo.ac.id/nser/article/view/5187/3505.

Badrus Zaman. (2020). Quantum Teaching dan Aplikasinya dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Studi Keislaman, 6(2), 180–196.

B St Nursiah, Hermuttaqien, B. P. F., & Ridwan H. (2022). Pengaruh Penerapan Model Quantum Teaching Tipe Tandur Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas V SDN 52 Panasakkang Kecamatan Tanralili Kabupaten Maros. Global Journal Teaching Professional, 1 (3), 293-305. https://jurnal.sainsglobal.com/index.php/gpp/article/view/657

Darmayanti, R. (2023). Gema Cow-Pu: Development of Mathematical Crossword Puzzle Learning Media on Geometry Material on Middle School Students’ Critical Thinking Ability. Assyfa Learning Journal, 1(1), 37–48.

Darmayanti, R., Sugianto, R., Baiduri, Choirudin, & Wawan. (2022). Digital comic learning media based on character values on students’ critical thinking in solving mathematical problems in terms of learning styles. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 13(1), 49–66. http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/al-jabar/index

DePorter, B., Reardon, M. & Nourie, S. S. (2010). Quantum Teaching Mempraktikkan Quantum Learning di Ruang-Ruang Kelas. (Terjemahan Ary Nilandari). Bandung: Kaifa.

Elisabet, E., Relmasira, S. C., & Hardini, A. T. A. (2019). Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar IPA dengan Menggunakan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL). Journal of Education Action Research, 3(3), 285. https://doi.org/10.23887/jear.v3i3.19451.

Fitri, R. A, Adnan, F., & Irdamurni, I. (2021). Pengaruh Model Quantum Teaching terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 88–101. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.570.

Hidayat, A. M. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA Tema Lingkungan Sahabat Kita pada Siswa Kelas V SD Negeri Karangasem 1 Tahun Ajaran 2020/2021. Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 9(1), 1-8. https://jurnal.uns.ac.id/jkc/article/view/53778.

Humaidi, N., Darmayanti, R., & Sugianto, R. (2022). Challenges of Muhammadiyah’s Contribution in Handling Covid-19 in The MCCC Program in Indonesia. Khazanah Sosial, 4(1), 176–186. https://doi.org/10.15575/ks.v4i1.17201.

Jayanti, E. F., Choirudin, Anwar, M. S., & Darmayanti, R. (2023). Application of Mind Mapping Learning Model to Improve Understanding of Mathematics Concepts in Building Space Materials. Delta-Phi: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 43– 56.

Khasanah, O.U., Praheto, B.E., & Supiyah. (2022). Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar Tematik Melalui Model Pembelajaran Quantum Teaching Dengan Media Power Point Interaktif Pada Siswa Kelas III SD Negeri Geneng 2 Magelang. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 8(2), 1339-1350. https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/trihayu/article/view/11821

Kusumaningrum, D. (2018). Pengaruh Penerapan Quantum Teaching Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(4), 300-211.

Ma’ruf, M. I., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Basicedu, 2(1), 306–312. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i2.7.

Meyer, J. C. (2023). How Media Hype Affects Our Physics Teaching: A Case Study on Quantum Computing. Physics Teacher, 61(5), 339–342. https://doi.org/10.1119/5.0117671.

MM Effendi, Darmayanti, R., & In’am, A. (2022). Strengthening Student Concepts: Problem Ethnomatmatics Based Learning (PEBL) Singosari Kingdom Historical Site Viewed from Learning Styles in the Middle School Curriculum. Indomath: Indonesia Mathematics Education, 5(2), 165–174. https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/

Musriah, M. (2019). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Stad. JP2M (Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika), 4(2), 19. https://doi.org/10.29100/jp2m.v4i2.953.

Mustakim, A., Wawan, Choirudin, Ngaliyah, J., Darmayanti, R. (2023). Quantum Teaching Model: Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa MTs. Jurnal Penelitian Tindakan Kelas, 1(1), 06–10. https://doi.org/10.61650/jptk.v1i1.54

Mykhailova, M. (2022). Developing Programming Assignments for Teaching Quantum Computing and Quantum Programming. Proceedings - 2022 IEEE International Conference on Quantum Computing and Engineering, QCE 2022, 688–692. https://doi.org/10.1109/QCE53715.2022.00092.

Nahar, S., Suhendri, Zailani, & Hardivizon. (2022). Improving Students’ Collaboration Thinking Skill under the Implementation of the Quantum Teaching Model. International Journal of Instruction, 15(3). https://doi.org/10.29333/iji.2022.15325a.

Novanto Setya Yogi., Anitra Rien., & W. F. . (2020). Pengaruh Model Pembelajaran POE Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep IPA Siswa SD. Jurnal Hasil Kajian, Inovasi Dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 7(1), 205-211.

Nursalam, M., HS, E. F., & Jusmawati, J. (2021). Efektifitas Model Quantum Teaching Terhadap Pembelajaran Matematika Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 506–516. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.724.

Panjaitan, S.M., Alpusari, M., & N. Lazim. (2019). Penerapan Model Quantum Teaching Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IIIB SD Negeri 188 Pekanbaru. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan. (Tunjuk Ajar), 2(2), 134-147. http://dx.doi.org/10.31258/jta.v2i2.134-147.

Prasetya, R. (2019). Penerapan model quantum teaching berbantuan media audio-visual untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 1, 1350-1364.

Pujilestari, R., Nurhayati, & Anitra, R. (2022). Pengaruh Metode Pembelajaran Quantum Teaching Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Pada Materi Energi Dan Perubahannya. Orbita: Jurnal Hasil Kajian, Inovasi, dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 8 (2), 299-306. https://journal.ummat.ac.id/index.php/orbita/article/view/10365

Putra, S. H. (2019). Peningkatan Proses Pembelajaran Tematik Dengan Menggunakan Pendekatan Problem Based Learning Di Kelas III SD. Perspektif Pendidikan Dan Keguruan, VIII (1), 32–40. https://doi.org/10.31227/osf.io/8qmrp.

Putri, E.L.D., Hader, A.E, & Andiyanto. (2021). Model Quantum Teaching Terhadap Hasil Belajar Tematik Terpadu Siswa Muatan IPA di Sekolah Dasar. Journal for Lesson and Learning Studies. 4 (2). 255-263.

Qian, X. (2021). Teaching Quantum Concepts with Classical Optics. Optics InfoBase Conference Papers.

Romadhoni, M.F. & Relmasira, S. C. (2018). Perbedaan Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Course Review Horay dan Quantum Teaching Dilihat dari Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 3 SD. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 8(1), 93-104. https://ejournal.uksw.edu/scholaria/article/view/777.

Rukmi, D. A. & Khosiyono, B. H. C., (2023). Peningkatan Kreativitas Dan Percaya Diri Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Pelajaran IPS SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 10 (3), 624-625.

Sah, R. W. A., Laila, A. R. N., Setyawati, A., Darmayanti, R., & Nurmalitasari, D. (2023). Misconception Analysis of Minimum Competency Assessment (AKM) Numeration of High School Students from Field Dependent Cognitive Style. JEMS: Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 11(1), 58–69. https://doi.org/10.25273/jems.v11i1.14112.

Santiago, P. V. da S. (2023). Didactic Engineering Supporting the Use of Gamification Applied to the Teaching of Arithmetic Operations. Delta-Phi : Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 57–71.

Silberman, D. M. (2023). Teaching quantum to high school students. Proceedings of SPIE - The International Society for Optical Engineering, 12723. https://doi.org/10.1117/12.2665916.

Sugianto, R., Darmayanti, R., Aprilani, D., Amany, L., Rachmawati, L. N., Hasanah, S. N., & Aji, F. B. (2017). Experiment on Ability to Understand Three-Dimensional Material Concepts Related to Learning Styles Using the Geogebra-Supported STAD Learning Model Abstra ct. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 205–212.

Supramono, A. (2016). Pengaruh model pembelajaran quantum (quantum teaching) terhadap hasil belajar IPA Kelas III SD YPS Lawewu Kecamatan Nuha Kabupaten Luwu Timur. Jurnal Nalar Pendidikan. 4(2), 78-86. https://ojs.unm.ac.id/nalar/article/view/2401.

Turmuzi, M., & Hikmah, N. (2021). Hubungan Pembelajaran Daring Google Classroom Pada Masa COVID 19 dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pendidikan Matematika. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1512–1523. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i2.667.

We'u, Gregorius. (2021). Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) Buku Berbasis Riset. Jawa Tengah: Lakeisha.

Wote, A. Y. V, Sasingan, M., & Kitong, O. E. (2020). Efektivitas penggunaan model quantum teaching dalam meningkatkan hasil belajar IPA. Journal of Education Technology, 4(2), 96–102. https://doi.org/10.23887/jet.v4i2.24369

Yahya, H. (2017). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Sms Islam Terpadu Al-Fityan Gowa. Jurnal Biotek, 5(1), 155–166

Downloads

Published

2023-11-17

How to Cite

Vitriani, D., Nisa, A. F., & Khosiyono, B. H. C. (2023). PENERAPAN QUANTUM TEACHING DALAM PEMBELAJARAN IPA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SD . Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 10(4), 884–898. https://doi.org/10.38048/jipcb.v10i4.1806

Issue

Section

Articles

Citation Check