AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PADA PEMBELAJARAN TEMATIK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER PADA SISWA SEKOLAH DASAR

Authors

  • Wilfridus Muga STKIP Citra Bakti
  • Inosensia Kale STKIP Citra Bakti

Keywords:

Aktivitas, Hasil Belajar, Tematik, Numbered Heads Together

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk (1) mengetahui peningkatan aktivitas belajar  siswa kelas V SD pada mata pelajaran tematik dengan menerapkan model pemebelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT), (2) untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Kognitif siswa kelas V SD pada mata pelajaran tematik dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT). Penelitian ini menggunakan desain penelitian Kurt Lewin yang terdiri atas dua siklus dan setiap siklus terdiri dari empat tahap. Penelitian ini dilaksanakan di SDI Rutosoro dengan subyek penelitian 18 orang siswa kelas V SDI Rutosoro. Data tentang aktivitas belajar tematik diperoleh dengan menggunakan lembar observasi dan data tentang hasil belajar kognitif diperoleh dengan menggunakan tes. Data yang terkumpul kemudian dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tindakan siklus I diperoleh aktivitas belajar tematik dengan rata- rata 10,78 pada kategori tidak aktif  dan persentase 43,12%, sedangkan pada siklus II aktivitas belajar tematik rata-rata 20,45 pada kategori sangat aktif dengan persentase 81,8%. Hasil belajar tematik siklus I rata-rata 67,67 kategori rendah persentase  67,67% dengan ketuntasan klasikal 66,67%, sedangkan pada siklus II hasil belajar tematik rata- rata 86,83 pada kategori sangat baik, persentase 86,83% dengan ketuntasan klasikal 100%.

References

Anita, L. (2005). Cooperatif learning: Mempratikkan cooperatif learning di ruang-ruang kelas. jakarta : grasindo.
Anitha, S. (2003). Pembelajan terpadu: Paradigma konstruktivistik dalam rangka pengembangan kecerdasan ganda. Pidato Pengukuhan Guru Besar FKIP UNS. Surakarta: Sebelas Maret University Press.
Asrori, M. (2009). Penelitian tindakan kelas. Wacana Prima: Bandung.
Bali: Universitas Pendidikan Ganesha Press.
Dasna, I.W., Laksana, D.N.L. & Sudatha I.G.W. (2015). Desain dan model pembelajaran inovatif dan interaktif. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.
Driyarkara, N. (2006). Karya Lengkap Driyarkara: Esai-esai filsafat Pemikir. Jakarta: Gramedia Pustaka Utomo.
Erman, S. (2003). Strategi Pembelajaran Kotemporer. Bandung : UJI; JICA; IMSTEP.
Etin, S. & Raharjo. (2007). Cooperative Learning. Jakarta: Bumi Aksara.
Fogarty, R. 1991. The Mindfull School: How To Integrate The Curricula. Palatine, Illionis: IRI/Skylight Publishing Inc.
Hamalik, O. (2001). Proses Belajar Mengajar. Jakarta. Budi Aksara.
Koyan, I. (2012). Statistik Pendidikan Teknik Analisis Data Kuantitatif.
Laksana, D.N.L, & Riwu, I.U. (2018). Inovasi aktivitas belajar dalam menanamkan nilai-nilai karakter di sekolah dasar yang menerapkan fullday school. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 188-194
Lasmawan, W. (2010). Menelisik Pendidikan Pembelajaran Tematik. Singaraja: Mediakom Indonesia Press Bali.
Mulyono, A.M. (2010). Kamus Besar Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka
Paramita, D., Garminah, K., & Wibawa, I M.C. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together Berbantuan Media Audio Visual untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada siswa kelas V SD Negeri 9 Banjar. (Tidak diterbitkan). Denpasar: Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Universitas Pendidikan Ganesha Indonesia.
Poerwati, E. (2013). Panduan Memahami Kurikulum 2013. Jakarta: Prestasi Pustakarya.
Prabowo, Sugeng Listyo. (2010). Perencanaan Pembelajaran Pada Bidang Studi, Malang: UIN-Maliki Press.
Sardiman. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Trianto. (2010). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara

Downloads

Published

2019-03-22

How to Cite

Muga, W., & Kale, I. (2019). AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PADA PEMBELAJARAN TEMATIK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER PADA SISWA SEKOLAH DASAR. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 6(1), 1–11. Retrieved from https://jurnalilmiahcitrabakti.ac.id/jil/index.php/jil/article/view/18

Issue

Section

Articles