PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PENYAJIAN DATA MELALUI MEDIA INTERAKTIF BERBASIS CANVA

Authors

  • Arya Andreansyah Universitas PGRI Madiun, Indonesia
  • Sumani Universitas PGRI Madiun, Indonesia
  • Asih Wulandari Universitas PGRI Madiun, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.38048/jipcb.v10i4.1798

Keywords:

canva, hasil belajar, penyajian data, matematika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri Mentoro pada materi penyajian data melalui media interaktif berbasis Canva. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas V di SD Negeri Mentoro Kabupaten Pacitan yang berjumlah 32 siswa. Pengumpulan data dilakukan melalui tes, pengamatan, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media interaktif berbasis Canva dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi penyajian data. Peningkatan tersebut dapat diketahui dari persentase jumlah siswa yang mengalami peningkatan keterampilan kognitif mereka, yakni dari 21,875% (7 siswa) menjadi 78,125% (25 siswa) pada sikulus I. Pada siklus I ini terjadi peningkatan sebesar sebesar 56,25 persen. Sementara itu pada siklus II, terjadi peningkatan yang semula dari siklus I sebesar 78,125% (25 siswa), pada siklus II meningkat menjadi 93,75% (30 siswa). Dengan demikian, terjadi peningkatan sebesar 15,625%. Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media interaktif berbasis Canva dapat meningkatkan hasil belajar pada materi penyajian data siswa kelas V SD Negeri Mentoro.

References

Anugrah, N. I., & Deden (2022). Meningkatkan Minat Belajar Melalui Media Video Animasi Canva Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS 6. Balikpapan. Universitas Balikpapan.

Arikunto, Suharsimi. 2007. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Audie, Nurul (2019). Peran Media Pembelajaran Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. 2 (1), 586-595. Retrieved from https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/psnp/article/view/5665

Citradevi, Cindy Paramita (2023). Canva sebagai Media Pembelajaran pada Mata Pelajaran IPA: Seberapa Efektif? Sebuah Studi Literatur. 8(2), 270-275. Doi : https://doi.org/10.51169/ideguru.v8i2.525

Dyah Worowiras tri Ekowati, Yuni Puji Astuti, Ima Wahyu Putri Utami, InnanyMukhlis hina, & Beti Is tanti Suwandayani. (2019). Literasi Numerasi di SD Muhamadiyah. ELSE (Elementary School Educatio Journal), 3(4), 93–103.

Hanifah, Noor (2022). Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Canva Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Kimia. 2(2), 226-233. doi: https://doi.org/10.51878/edutech.v2i2.1339

Hapsari, Gita Permata P. & Zulherman (). Pengembangan Media Video Animasi Berbasis Aplikasi Canva untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa. 5(4), 2384 – 2394. doi : https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1237

Kemdikbud. (2021). Modul Literasi Numerasi Di Sekolah Dasar. Jakarta: Direktorat Sekolah Dasar.

Khumaira, Sudarma, I. K & Parmiti, D. P. (2013). Pengembangan Media Presentasi Pembelajaran Mata Pelajaran Seni Budaya Kelas VII Semester Genap Di MTSN Patas Kecamatan Gerogak Tahun Pelajaran 2012/2013.

Madya, S. (2009). Teori dan Praktik Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Alfabeta

Midianti, M., & Zainil, M. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Keliling dan Luas Bangun Datar Menggunakan Pendekatan PMRI di Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 186–196.

Nurseto, Tejo (2011). Membuat Media Pembelajaran Yang Menarik. 8 (1), 19-35 DOI: https://doi.org/10.21831/jep.v8i1.706

Rahmatullah, Inanna, & Ampa, Andi Tenri (2020). Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Aplikasi Canva. 12 (2), 317-327. doi: https://doi.org/10.23887/jjpe.v12i2.30179

Rahmila ,R., Iriani, R., Kusasi, M., & Leny.2022.Pengembangan Media Poster Melalui Aplikasi Canva Bermuatan Etnosains Pada Materi Koloid Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar. QUANTUM: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains,13(2),188-201.

Sanjaya, Wina. (2016) Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Prenadamedia

Sudjana, Metode Statistika, Bandung: Tarsito, 2005

Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: AlFABETA

Susanto, Ahmad. (2016). Teori Belajar Dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana

Tanjung, R. E., & Faiza, D. (2019). Canva Sebagai Media Pembelajaran Pada Mata PelajaranDasar Listrik dan Elektronika. Jurnal Vokasional Teknik Elektronika dan Informatika, 7(2). http://ejournal.unp.ac.id/index.php/voteknika/index

Widahyu, C. (2021). the Effectiveness of Using Video As a Learning Media Online Learning To Improve Students’ Learning Motivation and Creative Thinking At Home During the Covid-19 Pandemic the Effectiveness of Using Video As a Learning’Learning Motivation and Creative Thi. Journal

Zanjani, Irsyat (2023) https://pskp.kemdikbud.go.id/berita/detail/313434/penguatan-literasi-dan-numerasi-melalui-kebijakan-merdeka-belajar-diapresiasi-dalam-seminar-di-pune-india

Downloads

Published

2023-11-17

How to Cite

Andreansyah, A., Sumani, & Wulandari, A. (2023). PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PENYAJIAN DATA MELALUI MEDIA INTERAKTIF BERBASIS CANVA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 10(4), 869–883. https://doi.org/10.38048/jipcb.v10i4.1798

Issue

Section

Articles

Citation Check