PENINGKATAN PEMAHAMAN MATEMATIS MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA SOAL CERITA
DOI:
https://doi.org/10.38048/jipcb.v10i4.1765Keywords:
Problem Based Learning, Pemahaman Matetamis, Soal CeritaAbstract
Penelitian ini merupakan upaya untuk mengatasi masalah kurangnya pemahaman matematika siswa terhadap soal cerita dengan diterapkannya model Problem Based Learning pada pokok bahasan volume balok dan kubus, di mana guru biasanya hanya memberikan rumus kepada siswa tanpa memberikan pemahaman konsep matematika. Penelitian dilakukan di SDN 01 Madiun Lor yang terletak di Kecamatan Manguharjo, Kota Madiun. Lima belas siswa dari kelas V SDN 01 Madiun Lor terlibat dalam penelitian ini; tujuh di antaranya perempuan dan delapan laki-laki. Pada siklus I, hasil tes akhir pembelajaran yang diperoleh 10 siswa mencapai tingkat keberhasilan 66%. Sedangkan 5 siswa masih belum lolos KKM. Dua belas siswa pada siklus II memperoleh nilai kelulusan 80% pada tes akhir. Tentunya membuktikan keberhasilan peningkatan pembelajaran pada siklus-II. Dari jumlah siswa yang ada, 11 siswa mendapat nilai yang melebihi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), sedangkan hanya 3 siswa dibawah KKM. Berdasarkan analisis hasil observasi dan tes siswa, diketahui bahwa penerapan model Problem Based Learning efektif meningkatkan pemahaman matematis siswa pada topik volume balok dan kubus.
References
Agustini, D., & Pujiastuti, H. (2020). Media Pendidikan Matematika Program StudiPendidikanMatematikaFPMIPA IKIP MATARAM Analisis Kesulitan Siswa Berdasarkan Kemampuan Pemahaman Matematis dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi SPLDV. Media Pendidikan Matematika, 8(1), 18–27. Retrieved from http://ojs.ikipmataram.ac.id/index.php/jmpm
Apryanti, H., Ismail, F., Fitrianti, Y., UIN Raden Fatah Palembang, A., & UIN Raden Fatah Palembang, D. (2015). Penerapan Teknik Pemecahan Masalah Model Polya Terhadap Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 46 Palembang. Jurnal Pendidikan Matematika JPM RAFA (Vol. 1).
Datreni, N. L. (2022). Model Pembelajaran Problem Based Learning Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Journal of Education Action Research, 6(3), 369–375. doi:10.23887/jear.v6i3.49468
Davita, P. W. C., Nindiasari, H., & Mutaqin, A. (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis Ditinjau Dari Kemampuan Awal Matematis Siswa. Tirtamath : Jurnal Penelitian Dan Pengajaran Matematika, 2(2).
Dwi Kurino, Y. (2020). Implementasi model problem based learning untuk meningkatkan pemahaman matematis siswa pada pembelajaran matematika di sekolah dasar. The Original Research of Mathematics) (Vol. 5).
Eismawati, E., Koeswanti, H. D., & Radia, E. H. (2019). Peningkatan hasil belajar matematika melalui model pembelajaran problem based learning (PBL) siswa Kelas 4 SD. Jurnal Mercumatika : Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(2). doi:10.26486/jm.v3i2.694
Fitriani, K., & Maulana, -. (2016). Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Sd Kelas V Melalui Pendekatan Matematika Realistik. Mimbar Sekolah Dasar, 3(1). doi:10.17509/mimbar-sd.v3i1.2355
Marwati, I., Amiruddin, & Kaimuddin, L. O. (2020). Penerapan model problem based learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa di kelas v sdn 7 konda. Journal of Basication (JOB) : Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1). Retrieved from http://ojs.uho.ac.id/index.php/PGSD
Mawaddah, S., Maryanti, R., Matematika, P., Universitas, F., Mangkurat, L., Brigjen, J., … Banjarmasin, T. (2016). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Smp Dalam Pembelajaran Menggunakan Model Penemuan Terbimbing (Discovery Learning) (Vol. 4).
Nilasari, A. P. (2022). Kesulitan Belajar Matematika dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 3. Retrieved from http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/KID
Oktaliana, V., & Haerudin. (2023). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Mengerjakan Soal Materi Bangun Ruang Sisi Datar Berdasarkan Kemampuan Pemahaman Matematika Kelas IX. Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 6(1), 197–204. doi:10.30605/proximal.v5i2.2168
Permana Sutisna, A., & Subarjah, H. (2016). Meningkatkan Pemahaman Matematis Melalui Pendekatan Tematik Dengan RME. Jurnal Pena, 1(1).
Phasa, K. C. (2020). Meta Analisis Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Cendekia, Jurnal Pendidikan Matematika, 04(02), 711–723.
Rusman. (2018). Model- model Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Suhendra, A. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa. Global Journal Pendidikan IPA (Vol. 1). Retrieved from https://sainsglobal.com/jurnal/index.php/jpi/
Wahyuni, S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Mahasiswa Mata Kuliah Kapita Selekta Matematika Pendidikan Dasar Fkip Umsu. Jurnal EduTech, 5(1).
Widayanti, R., & Dwi Nur, K. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika dan Aktivitas Siswa. MATHEMA JOURNAL E-ISSN (Vol. 2).
Widyaningrum, A. Z., & Pd, M. (2016). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Mengerjakansoal Cerita Matematika Materi Aritmatika Sosial Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa Kelas Vii Smp Negeri 5 Metro Tahun Pelajaran 2015/2016, 1(2).