PENINGKATAN KREATIVITAS DAN PERCAYA DIRI MELALUI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI PADA PELAJARAN IPS SD
DOI:
https://doi.org/10.38048/jipcb.v10i3.1756Keywords:
differentiation, creativity, learning, self confidenceAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran berdiferensiasi yang diterapkan pada pembelajaran IPS di kelas V dalam meningkatkan kreativitas dan rasa percaya diri peserta didik. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini menggambarkan proses perencanaan, kegiatan pembelajaran, evaluasi sampai hasil dalam pembelajaran yang menerapkan pembelajaran berdiferensiasi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes diagnostik, observasi, unjuk kerja, dan tes akhir. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas V SD Negeri Kiyaran 2 Kapanewon Cangkringan Tahun Pelajaran 2022/2023 sejumlah 14 peserta didik yang terdiri dari 8 laki-laki dan 6 perempuan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran berdiferensiasi memberikan pengaruh positif terhadap kreativitas dan percaya diri peserta didik. Hal ini ditunjukkan dengan meningkatnya nilai rata-rata kreativitas peserta didik dari kondisi awal 56,43 meningkat pada siklus I menjadi 67,86 dan pada siklus II meningkat menjadi 79,29. Tingkat percaya diri peserta didik juga mengalami peningkatan yang semula 60,77 meningkat pada siklus I menjadi 73,85 dan pada siklus II meningkat menjadi 80. Selain itu, pembelajaran berdiferensiasi juga dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dengan ditunjukkan nilai ulangan rata-rata yang semula 59,71 mampu meningkat pada siklus I menjadi 80,21 dan pada siklus II meningkat menjadi 84,14.
References
Astiti;, K. A., Supu;, A., Sukarjita;, I. W., & Lantik;, I. (2021). Pengembangan Modul IPA Terpadu Tipe Connected Berbasis Pembelajaran Berdiferensiasi pada Materi Lapisan Bumi Kelas VII. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sains (JPPSI), 4(2), 112–120.
Avandra, R., & Desyandri. (2023). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran Ipa Kelas Vi Sd. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 8(2), 2944–2960. https://doi.org/10.36989/didaktik.v8i2.618
Cindyana, E. A., Alim, J. A., & Noviana, E. (2022). Pengaruh Pembelajaran Berdiferensiasi Berbantuan Materi RME Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Peserta didik Kelas 3 Sekolah Dasar. Jurnal Pajar. (Pendidikan dan Pengajaran), 6(4), 1179-1187.
Fitra, Devi Kurnia; (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Perspektif Progresivisme pada Mata Pelajaran IPA. Jurnal Filsafat Indonesia, 5(3).
Herwina, W. (2021). Optimalisasi Kebutuhan Murid dan Hasil Belajar Dengan Pembelajaran Berdiferensiasi. Perspektif Ilmu Pendidikan, 35(2), 175–182. https://doi.org/10.21009/pip.352.10
Kurniawan, Andri dkk. (2023). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Global Eksekutif Teknologi.Avandra, R., & Desyandri. (2023). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran Ipa Kelas Vi Sd. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 8(2), 2944–2960. https://doi.org/10.36989/didaktik.v8i2.618
Kusuma, Y. Y., Sumianto, S., & ... (2023). Pengembangan Model Pembelajaran Berdiferensiasi Berbasis Nilai Karakter dalam Kearifan Lokal pada perspektif Pendidikan Global di Sekolah Dasar. Jurnal …, 5, 2936–2941. http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/11446
Laksana, D.N.L.,Gili, A.M.M., Meo, M.V., Pano, K., Ndai, A., & Janul, F.S. (2023). Belajar asik dan menyenangkan di masa libur sekolah sebagai upaya peningkatan kemampuan kognitif anak usia 4-6 tahun. Jurnal Abdimas Ilmiah Citra Bakti, 4 (1), 17-30
Marlina, M., Efrina, E., & Kusumastuti, G. (2019). Differentiated Learning for Students with Special Needs in Inclusive Schools. 382(Icet), 678–681. https://doi.org/10.2991/icet-19.2019.164
Ria, F.X., Awe, E.Y., & Laksana, D.N.L. (2023). Kemampuan Membaca Pemahaman dalam Pembelajaran Literasi dengan Suplemen Buku Cerita Bergambar: Studi Tindakan Kelas pada Pembelajaran Tematik. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 4 (2), 570-577
Stavrou, T. E., & Koutselini, M. (2016). Differentiation of Teaching and Learning: The Teachers’ Perspective. Universal Journal of Educational Research, 4(11), 2581–2588. https://doi.org/10.13189/ujer.2016.041111
Taylor, S. (2017). Contested Knowledge: A Critical Review of the Concept of Differentiation in Teaching and Learning. Transforming Teaching WJETT, 1, 55–68. https://journals.warwick.ac.uk/index.php/wjett/article/view/44
Tobing, W.L., Sipayung, B.P., Maulana, A.S. Kia, K.W., Nino, A., Kaet, P.E. Apriana, M Manehat, Seran, E. Asa, M., & Kato, C.E., (2023). Pemberdayaan Kelompok Tani Perempuan Sion Melalui Vertikultur dan Penerapan Integrasi Ternak-Tanaman Budidaya Pakcoy di Pekarangan. Jurnal Pengabdian Undikma, 4(1), 27–35
Tomlinson, C. A. (2000). Differentiation of Instruction in the Elementary Grades. ERIC Digest. ERIC Clearinghouse on Elementary and Early Childhood Education.
Una., L.M.W. & Laksana, D.N.L. (2022). Pentingnya pendidikan karakter bagi siswa sekolah dasar di era 4.0. Jurnal Citra Pendidikan Anak, 1 (3), 301-310
Watu, M.F., & Laksana, D.N.L. (2023). Analisis Kesulitan Membaca Dalam Pembelajaran Tematik Siswa Kelas 1 SDK Rakalaba Kecamatan Golewa Barat Kabupaten Ngada Nusa Tenggara Timur. Jurnal Citra Magang dan Persekolahan, 1 (1), 1-12
We'u, Gregorius. (2021). Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) Buku Berbasis Riset. Jawa Tengah: Lakeisha.