PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SD

Authors

  • Diah Ayu Setia Ningsih Universitas Muhammadiyah Makassar, Indonesia
  • Hilmi Hambali Universitas Muhammadiyah Makassar, Indonesia
  • Muh Erwinto Imran Universitas Muhammadiyah Makassar, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.38048/jipcb.v10i4.1745

Keywords:

Problem based learning, berpikir kritis, sekolah dasar

Abstract

Pada pembelajaran abad 21 ini perlu menerapkan pembelajaran 4C terutama kemampuan berpikir kritis. Namun, kemampuan berpikir kritis peserta didik khususnya di sekolah dasar masih rendah. Sehingga perlu diterapkannya sebuah model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendiskripsikan penerapan model Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus yang setiap siklusnya dilaksanakan dengan 3 kali pertemuan. Teknik analisis data menggunakan analisis data kemampuan berpikir kritis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model PBL dalam pembelajaran terbukti dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Pada siklus pertama yang tuntas secara individual dari 10 siswa hanya 5 siswa atau 50% yang memenuhi kriteria kemampuan berpikir kritis. Kemudian meningkat pada siklus II dimana dari 10 siswa terdapat 8 siswa atau 80% telah memenuhi kriteria kemampuan berpikir kritis dan secara klasikal sudah terpenuhi yaitu nilai rata-ratanya 73.2. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Tema Organ Gerak Hewan dan Manusia pada siswa kelas V SDI Parangkantisang melalui model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) mengalami peningkatan.

References

Ali, Sutrisno Nurhadi, & Wajdi, Muhammad. 2022. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Konsep Sistem Peredaran Darah Manusia. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains, (Online), Vol. 1, No. 1, (https://etdci.org/journal/hybrid, diakses 17 Februari 2023).
Andriani, Andi Arie. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Muhammadiyah Makassar. Jurnal Pendidikan Fisika Universitas Muhammadiyah Makassar, (Online), (https://journal.unismuh.ac.id, diakses 17 Februari 2023).
Dari, Oktavia Wulan dan Taufina Taufik. 2020. Penerapan Model Problem Based Learning dalam Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas V Sekolah Dasar (Studi Literatuer). Jurnal of Basic Education Studies, (Online), Vol. 3, No. 1, (https://www.ejurnalunsam, diakses 25 September 2022).
Farisi, Ahmad. Abdul Hamid & Melvina. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Konsep Suhu dan Kalor. Jurnal Ilmiah Mahasiswa (JIM) Pendidikan Fisika, (Online), Vol. 2, No. 3, (https://jim.unsyiah.ac.id, diakses 25 September 2022).
Febrita, Ling & Harni. 2020. Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam Pembelajaran Tematik Terpadu terhadap Berpikir Kritis Siswa Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan Tambusai, (Online), Vol. 4, No. 2, (https://jptam.org, diakses 25 September 2022).
Nur, Khasanah, dkk. 2019. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V SD. Satya Widya, (https://ejournal.uksw.edu, diakses 25 September 2022).
Rahayu, Sri, dkk. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Prestasi Belajar Siswa (Studi pada Mata Pelajaran IPA Kelas V Pada SDN Gugus II Raflesia Talang Empat Kabupaten Bengkulu Tengah). Jurnal Ilmiah TEKNOLOGI Penidikan, (Online), Vol. 7, No. 2, (https://ejiournal.unib.ac.id, diakses 15 September 2022).
Saputri, Maulida Anggraini. 2020. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas V SD. Jurnal Pendidikan dan Konseling, (Online), Vol. 2, No. 1, (https://media.nelti.com, diakses 15 September 2022).
Zakiyah, Siti. Kartika Chrysti Suryandari & Wahyudi. 2016. Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada Pembelajaran IPA Tentang Gaya Siswa Kelas V SD Negeri 1 Gebangsart Tahun Ajaran 2016/2017. Kalam Cendekia, (Online), Vol. 5, No. 3.1, (https://download.garuda.kemdikbud.go.id, diakses 15 September 2022).

Downloads

Published

2023-11-16

How to Cite

Ningsih, D. A. S., Hambali, H., & Imran, M. E. (2023). PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 10(4), 695–706. https://doi.org/10.38048/jipcb.v10i4.1745

Issue

Section

Articles

Citation Check