PROSES BERPIKIR SISWA BERDASARKAN TEORI JEAN PIAGET DALAM MEMAHAMI KONSEP PERMUTASI DAN KOMBINASI

Authors

  • Sheryl Aurel Violeta Universitas Kristen Satya Wacana, Indonesia
  • Fika Widya Pratama Universitas Kristen Satya Wacana, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.38048/jipcb.v10i4.1712

Keywords:

proses berpikir, tahap polya, penyelesaian masalah, asimilasi, akomodasi

Abstract

Tidak semua siswa memiliki jalan atau proses berpikir yang sama dalam menyelesaikan suatu permasalahan yang ada. Sehingga guru diwajibkan untuk dapat mengerti bahwa setiap anak memiliki proses berpikir yang berbeda. Dengan penelitian ini, peneliti berupaya untuk mendeskripsikan proses asimilasi dan akomodasi yang terjadi pada siswa lewat materi permutasi dan kombinasi berdasarkan dari tahap Polya. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Metode yang digunakan adalah metode dokumentasi, tes, dan wawancara. Wawancara dilakukan melalui aplikasi video call dikarenakan keadaan yang tidak memungkinkan untuk bertemu tatap muka. Sebelum wawancara dilakukan, subjek diberikan tes tertulis yang kemudian hasilnya dikirim melalui aplikasi line. Peneliti menggunakan teknik purposive sampling untuk menentukan subjek. Kemudian untuk menguji keabsahan data, peneliti menggunakan uji triangulasi teknik.  Hasil dari penelitian ini adalah setiap siswa melakukan proses berpikir yang berbeda-beda, bahkan bisa berbeda pada setiap tahapan Polya.

References

Ahmad, Y. (2018). Proses Asimilasi dan akomodasi mahasiswa bergaya kognitif field independent Dalam menyelesaikan masalah geometri. Prosiding Seminar Nasional, 4(1), 394-403.

Arief, Adrianus dan Ariesto Hadi Sutopo. (2010). Terampil Mengolah Data Kualitatif Dengan NVIVO. Prenada Media Group.

As’ari, Abdur Rahman et. al. (2018). Matematika SMA/MA kelas XII. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Chandra, Tjang Daniel. (2016). Proses Berpikir Siswa Quitter Dalam MenyelesaikanMasalah SPLDV Berdasarkan Langkah-langkah Polya. Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 1(2), 133-142.

Ellis, Jeanne. (2008). Psikologi Pendidikan Membantu Siswa Tumbuh dan Berkembang. Erlangga.

Hambara, Afgan. (2016). Pengaruh Sikap Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V MI Darul Huda Jatirejo. (Skripsi Sarjana, Universitas Muhammadiyah).

Hardini, dkk. (2012). Strategi Pembelajaran Terpadu. Familia.

https://hasilun.pusmenjar.kemdikbud.go.id/#2019!sma!daya_serap!99&99&999!s&03&T&T&1&!1!& diakses pada tanggal 18 Januari 2021 pada pukul 22.40.

https://hasilun.puspendik.kemdikbud.go.id/#2016!sma!daya_serap!99&99&999!s&C&T&T&1&!1!& diakses pada tanggal 18 Januari 2021 pada pukul 22.40

https://hasilun.puspendik.kemdikbud.go.id/#2017!sma!daya_serap!99&99&999!s&C&T&T&1&!1!& diakses pada tanggal 18 Januari 2021 pada pukul 22.40

https://idtesis.com/ilmu-dan-proses-berfikir/ . Diakses pada tanggal 18 April 2019, pukul 19.13

https://kbbi.web.id/proses.html. Diakses pada tanggal 18 April 2019, pukul 18.42

https://kbbi.web.id/berpikir. Diakses pada tanggal 18 April 2019, pukul 18.51

Moleong, J. L. (2014). Metode penelitian kualitatif edisi revisi. PT Remaja Rosdakarya.

Karlimah. (2010). Kemampuan komunikasi dan pemecahan masalah matematis mahasiswa pendidikan guru sekolah dasar melalui pembelajaran berbasis masalah. Jurnal Pendidikan, 11(2), 51-60.

Kurniawan, E., Mulyati, S., & Rahardjo, S. (2017). Proses asimilasi dan akomodasi dalam memecahkan masalah matematika berdasarkan kecerdasan emosional. Jurnal Pendidikan, 2(5), 592-598.

Margareta, S. (2013). Hubungan pelaksanaan kearsipan dengan efektivitas pengambilan keputusan pimpinan. (Skripsi Sarjana, Universitas Pendidikan Indonesia).

Moleong, J. L. (2011). Metodologi penelitian kualitatif. Rosda Karya.

Ngilawajan, D.A. (2013). Proses berpikir siswa SMA dalam memecahkan masalah matematika materi turunan ditinjau dari gaya kognitif field independent dan field dependent. Jurnal Pendidikan, 2(1), 71-83.

Sa’diyah, A. R. (2016). Proses berpikir siswa Berdasarkan teori jean piaget dalam memahami teorema phytagoras kelas VIII-A SMP islam durenan trenggalek tahun ajaran 2015/2016. (Skripsi Sarjana, UIN SATU Tulung Agung).

Saputri, J. R. (2018). Kemampuan pemecahan masalah dalam menyelesaikan soal materi pemecahan oleh siswa SMP ditinjau dari tahapan polya. Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 146-154.

Sudarman. (2011). Proses Berpikir Siswa Quitter Pada Sekolah Menengah Pertama Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. Edumatica,1 (2), 15-24.

Sugiyono. (2014). Metode penelitian pendidikan (pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D). Alfabeta.

Sugiyono. (2015). Metode penelitian pendidikan (pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D). Alfabeta.

Suparno, P. (2001). Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget. Kanisius

Vilianti, Y. C. (2017). Deskripsi Kemampuan Pemecahan Masalah Soal Cerita Aritmetika Sosial Oleh Siswa Kelas VIII SMP Ditinjau Dari Tahap Polya. (Skripsi Sarjana, Universitas Kristen Satya Wacana).

Yani, M., Ikhsan, M., & Marwan. (2016). Proses berpikir siswa sekolah menengah pertama dalam memecahkan masalah matematika berdasarkan langkah-langkah Polya ditinjau dari adversity quotient. Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 43-57.

Downloads

Published

2023-11-17

How to Cite

Violeta, S. A., & Pratama, F. W. (2023). PROSES BERPIKIR SISWA BERDASARKAN TEORI JEAN PIAGET DALAM MEMAHAMI KONSEP PERMUTASI DAN KOMBINASI. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 10(4), 837–846. https://doi.org/10.38048/jipcb.v10i4.1712

Issue

Section

Articles

Citation Check