PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MEDIA PEMBELAJARAN KARTA ORGAMAWA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA SISWA SD

Authors

  • Rofiah Dwi Lestiana Universitas PGRI Madiun, Indonesia
  • Cerianing Putri Pratiwi Universitas PGRI Madiun, Indonesia
  • Ima Yana Sari SDN Bangunasri, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.38048/jipcb.v10i4.1700

Keywords:

Problem Based Learning, Media Kartu Cerita, Ide Pokok

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas belajar siswa kelas V dalam menentukan ide pokok dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dan media pembelajaran Karta Orgamawa (Kartu Cerita Kartu Organ Gerak Manusia dan Hewan) dan untuk mengetahui hasil belajar siswa kelas V pada pembelajaran menentukan ide pokok dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dan media pembelajaran Karta Orgamawa (Kartu Cerita Kartu Organ Gerak Manusia dan Hewan). Penelitian dilakukan di SDN Bangunasri. Subjek penelitian berjumlah 16 siswa dengan jumlah siswa laki-laki sebanyak 3 siswa dan perempuan 13 siswa. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dikembangkan oleh Kemmis & Mc Taggart. Tahap pelaksanaannya dimulai dari rencana tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan diakhiri refleksi. Metode penelitian yang digunakan yaitu tes tertulis, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik deskriptif dengan analisis kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan siswa dalam menentukan ide pokok dibuktikan dengan nilai hasil tes mereka dengan rata-rata pada siklus I adalah 74,68 meningkat pada siklus II menjadi 83,43 dengan peningkatan sebanyak 8,75. Berdasarkan temuan-temuan pada saat penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning  dan media pembelajaran Karta Orgamawa (Kartu Cerita Kartu Organ Gerak Manusia dan Hewan) dapat meningkatkan kemampuan menentukan ide pokok siswa kelas V di SDN Bangunasri.

Kata-kata Kunci: Problem Based Learning, Media Kartu Cerita, Ide Pokok

References

Ariyana, Y., Pudjiastuti, A., Bestary, R., & Zamroni. (2018). Buku Pegangan Pembelajaran Berorientasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi (Vo. 1). Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Keguruan Kementrian Guruan dan Kebudayaan.

Eismawati, E., Koeswanti, H. D., & Radia, E. H. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Siswa Kelas 4 SD. Jurnal Mercumatika : Jurnal Penelitian Matematika dan Guruan Matematika, 3(2), 71–78. doi: 10.26486/jm.v3i2.694

Farhana, H., Awiria, & Muttaqien, N. (2019). Penelitian Tindakan Kelas (Vol. 1). Jakarta: Harapan Cerdas.

Harianto, E. (2020). Keterampilan Membaca dalam Pembelajaran Bahasa. DIDAKTIKA, 9(1). doi: 10.58230/27454312.2

Hayanah, I. N., Nisa, G., Safitri, S. E., Aulia, S. C., Isnaeni, W., & Ellianawati. (2019). Pengembangan Model Problem Based Learning Berbasis Strategi Scaffolding Pada Pembelajaran Menentukan Ide Pokok. ESJ (Elementary School Journal, 9(2). doi: 10.24114/esjpgsd.v9i2.14324

Nurajijah, A. I. (2019). Menggunakan Media Kartu Cerita untuk Menemukan Ide Pokok Paragraf pada Pembelajaran Bahasa Indonesia (PTK di Kelas IV SDIT Nurul Hidayah Ciceri Serang-Banten) (Doctoral Dissertation, Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten). http://repository.uinbanten.ac.id/2178/

Puspitasari. (2022). Penggunaan Media K3 Sebagai Upaya Peningkatan Hasil Belajar Materi Unsur Paragraf Pada Siswa Kelas VI SDN Tambakrejo Tahun Pelajaran 2022/2023. Dewantara Seminar Nasional Guruan, 1(1). https://seminar.ustjogja.ac.id/index.php/d-semnasdik/article/view/706

Rahmadani, A., Ariyanto, A., Shofia Rohmah, N. N., Hidayati, Y. M., & Desstya, A. (2023). Model Problem Based Learning Berbasis Media Permainan Monopoli dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Guruan Citra Bakti, 10(1), 127–141. doi: 10.38048/jipcb.v10i1.1415

Rohmah, H. N., Suherman, A., & Utami, I. S. (2021). Penerapan Problem Based Learning Berbasis Stem pada Materi Alat Optik untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 12(2), 117–123. doi: 10.26877/jp2f.v12i2.7900

Sari, P. M., & Aprilia, N. (2023). Upaya Peningkatan Keterampilan Membaca Melalui Model Problem Based Learning (PBL) Berbantu Media Flash Card Pada Sekolah Dasar Kelas 1A Muhammadiyah Pakel. STRATEGY : Jurnal Inovasi Strategi dan Model Pembelajaran, 3(1), 105–112. doi: 10.51878/strategi.v3i1.2006

Seso, Y. M., Solehun, S., & Putra, T. Y. (2022). Pengaruh Media Kartu Cerita terhadap Kemampuan Menentukan Ide Pokok Paragraf Siswa Kelas V SD Inpres 5 Doom. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Guruan Dasar, 4(1), 74–80. doi: 10.36232/jurnalguruandasar.v4i1.1898

Shansabilah, L., Fadhillah, D., & Latifah, N. (2023). Analisis Kesulitan Siswa Kelas V Dalam Menentukan Suatu Ide Pokok Paragraf Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Teknologi Guruan : Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pembelajaran, 8(1), 94. doi: 10.33394/jtp.v8i1.5706

Sinthya, D. H. P., Widiastuti, S., & Fauzi, A. (2022). Pengembangan Buku Pengayaan Kemampuan Menentukan Ide Pokok Untuk Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas 3 Sekolah Dasar. Jurnal Fundadikdas (Fundamental Guruan Dasar), 4(3), 265–277. doi: 10.12928/fundadikdas.v4i3.5190

Suhaimi, Z. A., & Hussin, R. (2018). Inovasi Penggunaan Facebook Sebagai Satu Media Pengajaran dan Pembelajaran Murid Sekolah dalam Guruan Seni Visual Innovation of Facebook Use as a Media of Teaching and Learning of Schoolchildren in Visual Art Education. KUPAS SENI Jurnal Seni Dan Guruan Seni, 6, 30–46. doi: 10.37134/kupasseni.vol6.4.2018

Downloads

Published

2023-11-17

How to Cite

Lestiana, R. D., Pratiwi, C. P., & Sari, I. Y. (2023). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MEDIA PEMBELAJARAN KARTA ORGAMAWA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA SISWA SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 10(4), 825–836. https://doi.org/10.38048/jipcb.v10i4.1700

Issue

Section

Articles

Citation Check