Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kompetensi pedagogik guru dalam perencanaan dan pengelolaan proses pembelajaran; hambatan apa saja yang dihadapi; dan upaya apa saja yang dilakukan guru kelas IX SMP Negeri 1 Halmahera Utara dalam mengatasi hambatan-hambatan pada proses pembelajaran dalam kurikulum 2013. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Data diperoleh menggunakan Teknik wawancara, observasi, rekaman, dan dokumentasi. Kemudian data dianalisis melalui tahapan reduksi, display data, verifikasi dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa kompetensi pedagogik guru kelas IX dalam melaksanakan pengelolaan proses pembelajaran melalui penerapan kurikulum 2013 di SMP Negeri 1 Halmahera Utara sudah tergolong baik, dimulai dari memahami landasan pendidikan, memahami peserta didik, dan mengembangkan potensinya; kemampuan merancang dan mengaktualisasi pembelajaran, dan melakukan evaluasi pembelajaran. Namun terdapat kelemahan-kelamahan dalam menyusun RPP dan melaksanakan evaluasi pembelajaran; Hambatan yang dihadapi guru dalam pengelolaan proses pembelajaran adalah: (1) masih kurangnya pemahaman guru-guru terhadap penerapan kurikulum 2013; (2) sistem penilaian; (3) guru hanya mengandalkan buku paket atau buku pegangan guru dalam menyampaikan materi pembelajaran tanpa berusaha mencari sumber belajar lain yang relevan; (4) kurangnya pemanfaatan media pembelajaran; dan (5) kemampuan TIK guru yang kurang memadai. Sudah ada upaya nyata yang dilakukan oleh pihak sekolah bidang kurikulum dan kepala sekolah melalui supervisi kelas untuk mengatasi hambatan guru dalam menghadapi pengelolaan proses pembelajaran memalui penerapan kurikulum 2013, namun secara belum maksimal. Dapat disimpulkan bahwa kompetensi pedagogik guru kelas IX dalam penerapan Kurikulum 2013 tergolong sudah baik. Terdapat beberapa faktor penghambat dalam pengelolaan proses pembelajaran, sudah ada upaya nyata dari kepala sekolah dan wakasek kurikulum untuk mengatasi hambatan guru dalam menghadapi pengelolaan proses pembelajaran penerapan kurikulum 2013, namum belum secara maksimal.

Keywords

Kompetensi pedagogik, Guru, Kurikulum 2013, SMP Negeri 1 Halmahera Utara

Article Details

How to Cite
Itje, T. (2021). ANALISIS KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU KELAS IX DALAM PENERAPAN KURIKULUM 2013. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 8(1), 68-81. https://doi.org/10.38048/jipcb.v8i1.155

References

  1. Amri, S. 2013. Peningkatan Mutu Pendidikan Sekolah dasar & Menengah dalam Teori, Konsep dan Analisis. Jakarta: Prestasi Pustakaraya
  2. Anugraheni, I. (2017). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi proses belajar guru-guru sekolah dasar. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 4(2), 205. https://doi.org/10.24246/j.jk.2017.v4.i2.p205-212
  3. Buchari, A. (2018). Peran guru dalam pengelolaan pembelajaran. Jurnal Ilmiah Iqra’, 12(2), 106. https://doi.org/10.30984/jii.v12i2.897
  4. Fathorrahman. (2017). Kompetensi pedagogik, profesional, kepribadian, dan kompetensi sosial dosen. Akademika, 15(1), 1–6.
  5. Hamdani. (2017). Hubungan kompetensi pedagogik dan motivasi mengajar dengan hasil belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran fisika di MAN 2 Model Medan. ansiru, 1(1), 43–63. https://doi.org/10.15957/j.cnki.jjdl.2009.07.004
  6. Harfian, B. A. A. (2018). Implementasi kurikulum 2013 ditinjau dari kompetensi pedagogik guru sma negeri di kecamatan ilir barat 1 palembang. Edubiolik, 3(1), 6–14.
  7. Janawi. (2019). Karakteristik peserta didik dalam proses pembelajaran. Tarbawi : Jurnal Pendidikan Islam, 6(2), 68–79.
  8. Kurniaman, O., & Noviana, E., (2017). Penerapan kurikulum 2013 dalam meningkatkan keterampilan, sikap, dan pengetahuan. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(2), 389–396. http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v6i2.4520
  9. Idrus, L. (2019). Evaluasi dalam proses pembelajaran. Adaara: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 9(2), 920–935. https://doi.org/10.35673/ajmpi.v9i2.427
  10. Lase, D. (2019). Pendidikan di era revolusi industri 4.0 Education. Jctes, 1(1), 28–43.
  11. Novitasari, N., Nabila, C., & Fratiwi, W. H. (2020). Analisis kendala guru dalam menerapkan k13 terhadap hasil belajar siswa di SDN Pegadungan 8 Petang. Jurnal Bintang : Jurnal Pendidikan dan Sains, 2(1), 1–15.
  12. Perni, N. N. (2019). Kompetensi pedagogik sebagai indikator guru profesional. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(2), 175. https://doi.org/10.25078/aw.v4i2.1122
  13. Suyatmini. (2017). Implementasi kurikulum 2013 pada pelaksanaan pembelajaran akuntansi di sekolah menengah kejuruan. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 27(1), 64.
  14. Usman. (2017). Menjadi guru profesional. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya, 15
  15. Yeni, A., Wote, V., & Sabarua, J. O. (2020). Analisis kesiapan guru dalam melaksanakan proses belajar mengajar di kelas. KAMBOTI; Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora, 1(1), 1–12.