ANALISIS KEBUTUHAN BAHAN AJAR UNTUK PEMBELAJARAN BACA TULIS KELAS RENDAH BERBASIS BAHASA IBU DENGAN MUATAN BUDAYA LOKAL NAGEKEO
DOI:
https://doi.org/10.38048/jipcb.v10i1.1495Keywords:
baca tulis, bahasa ibu, budaya lokalAbstract
Telah teridentifikasi berbagai permasalahan yang dialami oleh mitra, dalam hal ini adalah guru dan siswa sekolah dasar. Permasalahan yang dialami antara lain belum terlatihnya guru guru dalam mengembangkan bahan ajar dan perangkat pembelajaran berbasis bahasa ibu, konten pembelajaran masih kurang muatan budaya lokal, serta hasil belajar siswa SD, khususnya pada aspek membaca dan menulis di kelas rendah masih rendah. Untuk itu perlu dilakukan analisis awal mengenai kebutuhan bahan ajar berbasis bahasa Ibu dengan muatan budaya lokal Nagekeo. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Dalam penelitian ini subjek penelitiannya adalah guru SD dan PAUD yang berasal dari Kabupaten Nagekeo. Temuan dari penelitian menunjukkan bahwa guru guru baik dari TK/PAUD, dan guru SD kelas rendah dan SD kelas tinggi membutuhkan bahan ajar berbasis bahasa Ibu dengan muatan budaya daerah Nagekeo. Selain berdasarkan jenjang Pendidikan, guru dari berbagai kategori lama mengajar juga memberikan tanggapan yang sama, semua guru yang mengajar dari 0-5 tahun, 6-10 tahu, dan di atas 10 tahun, menyatakan bahwa bahan ajar berbasis bahasa ibu dengan muatan budaya lokal sangat perlu dikembangkan.
References
ACDP Indonesia. (2014). Pendidikan multi bahasa berbasis bahasa ibu (PMB-BBI). Lembar Kerja November 2014.
Baka, A., Laksana, D. N.L ., & Dhiu, K. D. (2018). Konten dan konteks budaya lokal Nagekeo sebagai bahan ajar tematik di Sekolah Dasar. Journal of Education Technology, 2(2), 46–55. https://doi.org/10.23887/jet.v2i2.16181
Devianty, R. (2017). Peran bahasa Indonesia dan bahasa daerah dalam pendidikan karakter. Ijtimaiyah Jurnal Ilmu Sosial dan Budaya, 1(20), 1-26. http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/ijtimaiyah/article/view/1400
Dhiu, K.D., Noge, M.D., Laksana, D.N.L. (2021). Pendampingan mengelola pembelajaran daring bagi guru-guru di citra bakti school. Jurnal Abdimas Ilmiah Citra Bakti, 2 (2), 224-234. https://doi.org/10.38048/jailcb.v2i2.390
Kaka, P.W., & Meka, M. (2020). Pengembangan pembelajaran tematik berkearifan lokal dengan media mind maping untuk meningkatkan keterampilan dasar siswa sekolah dasar Kabupaten Nagekeo-Flores. Jurnal Inklusi P4TK TK dan PLB, 1(3), 79-90.
Kata, F., Laksana, D.N.L., & Ngura, E.T. (2022). Analisis konten dan konteks budaya lokal Nagekeo yang diintegrasikan dalam pembelajaran anak usia dini. Jurnal Citra Pendidikan, 2(4), 65-78. https://doi.org/10.38048/jcp.v2i4.925
Laksana, D. N. L., Seso, M. A., & Riwu, I. U. (2019). Content and flores cultural context based thematic electronic learning materials: Teachers and students’ perception. European Journal of Education Studies, 5(9), 145–155. doi: https://doi.org/10.5281/zenodo.2542946.
Laksana, D.N.L. (2014). Analisis Keterampilan Dasar Mengajar Guru-Guru Non Sarjana Sekolah Dasar di Kecamatan Bajawa Kabupaten Nagekeo. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 1 (1), 51-58. http://www.ejournal.citrabakti.ac.id/index.php/jipcb/article/view/44
Laksana, D.N.L., Bela, A.P., Jelaha, A., Dhone, W., & Bhoko, V. (2021). Sao pintar: Dampingan belajar anak sekolah dasar di desa ratogesa sebagai implementasi kampus merdeka. Jurnal Abdimas Ilmiah Citra Bakti, 2 (2), 183-191. https://doi.org/10.38048/jailcb.v2i2.396
Laksana, D.N.L., Kaka, P.W., Muga, W., & Wero, L. (2020). Pendampingan belajar siswa di luar kelas dalam masa pandemi covid-19 sebagai implementasi matakuliah model pembelajaran inovatif. Jurnal Abdimas Ilmiah Citra Bakti, 1 (2), 97-104. https://doi.org/10.38048/jailcb.v1i2.102
Lawe, Y.U., Dopo, T., & Kaka, P.W. (2019). Pengembangan bahan ajar elektronik berbasis budaya lokal Nagekeo untuk pembelajaran tematik siswa sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 6(2), 135–145. https://doi.org/10.38048/jipcb.v6i2.38.
Lawe, Y.U., Noge, M. D., Wede, E., & Itu, I.M. (2021). Penggunaan bahan ajar elektronik multimedia berbasis budaya lokal pada tema daerah tempat tinggalku untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 8(1), 92–102. https://doi.org/10.38048/jipcb.v8i1.104.
Lawe, Y.U., Noge, M.D., Rato, K.P.D., & Novaliendry, D. (2021). Creation of multilingual teaching materials focused on content and background of Nagekeo culture for primary 1st grade. Journal of Computer and Mathematics Education, 12(2), 3110–3118. https://doi.org/10.17762/turcomat.v12i2.2355.
Maulana, R. (2021). Bahasa ibu sebagai transisi pembelajaran siswa kelas awal di provinsi NTT. [Online]. Tersedia melalui https://www.kompasiana.com/rizkymaulanaf/ 60852d6c8ede481d9c479a42/bahasa-ibu-sebagai-transisi-pembelajaran-siswa-kelas-awal-di-nusa-tenggara-timur.
NPD (Neraca Pendidikan Daerah) (2021). Data uji kompetensi guru kabupaten Nagekeo. [Online]. Tersedia melalui https://npd.kemdikbud.go.id/?appid=ukg
Pradewo, B. (2021). Kemendikbudristek ungkap rata-rata skor kompetensi guru 50,64 poin. [Online]. Tersedia melalui https://www.jawapos.com/nasional/pendidikan/ 19/11/2021/ kemendikbudristek-ungkap-rata-rata-skor-kompetensi-guru-5064-poin/
Prayogi, D. S., Utaya, S., & Sumarmi, S. (2019). Internalisasi Kearifan Lokal dalam Pembelajaran melalui Pengembangan Multimedia Interaktif Muatan Pembelajaran IPS. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 4(11), 1457–1463.
Pusat Penelitian Kebijakan (Puslitjak). (2021). Penggunaan bahasa ibu untuk meningkatkan literasi dasar di kelas awal sekolah dasar. Risalah Kebijakan Nomor 9, Juli 2021.
Republika. (2022). Penggunaan bahasa ibu berkontribusi pada capaian siswa. [Online]. Tersedia melalui https://republika.co.id/berita/qp7pmh370/penggunaan-bahasa-ibu-berkontribusi-pada-capaian-siswa, Diakses pada tanggal 12 Februari 2022.
Rosdiana, L.A., Sunendar, D., & Damaianti, V.S. (2021). Tingkat Literasi Membaca Anak Selama Pembelajar Daring Saat Pandemi Covid-19. Alinea: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajaran, 10(2), 161-169. https://doi.org/10.35194/alinea.v10i2.1420
Samri, F., Rewo, J.M., & Laksana, D.N.L. (2020). Electronic thematic teaching multimedia with local culture based materials and its effect on conceptual mastery of primary school students. European Journal of Education Studies, 7 (12), 625-641. doi: http://dx.doi.org/10.46827/ejes.v7i12.3474
Sitohang, M. (2018). Penggunaan bahasa daerah sebagai bahasa pengantar di kelas rendah sekolah dasar di kota Palangkaraya. Palangkaraya: Balai Bahasa Kalimantan Tengah.
Taman Bacaan Pelangi. (2020). Peran bahasa ibu dalam membantu anak lancar membaca. [Online]. Tersedia melalui https://www.tamanbacaanpelangi.com/ id/2020/08/07/peran-bahasa-ibu-dalam-membantu-anak-lancar-membaca/.
Wero, L., Laksana, D.N.L., Lawe, Y.U. (2021). Integrasi konten dan konteks budaya lokal etnis nagekeo dalam bahan ajar multilingual untuk pembelajaran siswa sekolah dasar. Mimbar PGSD, 9 (3), 515-522. http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i3.40867