PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA SD
Keywords:
Hasil Belajar, Model KontekstualAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan tentang hasil belajar IPA antara siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran kontekstual dengan siswa yang belajar menggunakan model konvensional pada siswa kelas IV SDI Malanuza. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan rancangan penelitian Post-test Only Control Group Design. Populasi penelitian adalah siswa SDI Malanuza yang berjumlah 126 orang. Sampel penelitian adalah siswa kelas IVA sebagai kelompok eksperimen yang berjumlah 21 orang dan siswa kelas IVB sebagai kelompok kontrol yang berjumlah 24 orang yang di ambil dengan teknik intac group terhadap kelas. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan tes objektif yang terdiri dari 15 soal. Teknik analisis data menggunakan statistik inferensial dengan uji-t. Dari hasil perhitungan uji hipotesis diperoleh t-hitung 5.11, karena n1?n2 dan homogen maka t-tabel dengan db= n1+n2-2=43 dengan taraf signifikan 5% (?= 0,05) adalah 2.042. Maka t-hitung 5.311>t-tabel = 2.042 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Hal ini berarti terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar IPA antara siswa yang belajar menggunakan model kontekstual dengan siswa yang belajar menggunakan model konvensional. Dari rata-rata hitung diketahui bahwa rata-rata hitung kelompok eksperimen lebih tinggi dari kelompok kontrol 87.90>67.95). Dengan demikian disimpulkan bahwa model kontekstual berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar IPA.
References
Amalia, Sapriyati dkk.(2009). Pembelajaran IPA di SD. Jakarta: Universitas Terbuka
Hanafiah & Cucu, S. (2012). Konsep strategi pembelajaran.Jakarta: Redita Aditama.
Hasbullah. (2013). Dasar-dasar ilmu pendidikan (edisi revisi). Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Karisma, L. (2013). Pengaruh model pembelajaran konyekstual terhadap hasil belajar dan aktivitas belajar IPA pada siswa kelas IV SDN umbulan. Jurnal Diunduh pada tanggal 23 Januari 2017
Koyan, I, W. (2007). Statistik terapan (teknik analisis kuantitatif). Singaraja: Unit Penerbit Ganesha.
Koyan, I, W. (2012). Statistik pendidikan (teknik analisis kuantitatif). Bali: Universitas Ganesha Press
Kurniawan, B. (2013). Model pembelajaran contextual teaching and learning. http://kurniawanbudi04.wordpres.om/2013/05/29model-model pembelajaran-ctl contextual-teaching-learning. Diuduh pada tanggal 20 Januari 2017.
Lawe, Y.U. (2017). Penerapan model contextual teaching and learning (CTL) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA pada siswa kelas IV SDI Olaewa Kecamatan Boawae Kecamatan Nagekeo. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 4(1), 67-77.
Lawe, Y.U. (2018). Pengaruh model pembelajaran berbasis proyek berbantuan lembar kerja siswa terhadap hasil belajar IPA siswa SD. Journal of Education Technology, 2(1), 26-34.
Riduwan. (2012). Belajar mudah untuk guru karyawan dan peneliti pemula. Bandung: Alfabeta
Rusman. (2012). Model-model pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Rusman. (2012). Belajar dan pembelajaran berbasis komputer-mengembangkan profesionalis abad-21. Bandung: Alfabeta.
Sumatri, S. (2015). Strategi pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Suryani, N.,W, U. (2012). Pengaruh penggunaan metode eksperimen terhadap hasil belajar IPA pada siswa kelas IV tahun pelajaran 2012/2013. Skripsi Tidak Diterbitkan. Undiksha
Trianto. (2007). Model pembelajaran terpadu konsep strategi dan implementasinya dalam kurikulum tingkat satuan pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Trianto. (2008). Mendesain pembelajaran kontekstual. Jakarta: Cerdas Pustaka.
Usman, S. (2011). Pembelajaran IPA sekolah dasar. Jakarta: PT Indeks.