Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat gambaran literasi baca tulis yang dilakukan oleh pihak sekolah khususnya di sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara. Instrumen yang digunakan adalah lembar formulir wawancara. Formulir wawancara digunakan sebagai pedoman untuk mewawancarai kepala sekolah dan guru kelas tinggi tentang literasi baca tulis. Sumber data didapatkan dari kepala sekolah dan guru kelas tinggi di SD Se-Kecamatan Malifut yang berjumlah sepuluh orang kepala sekolah dan tiga guru kelas tinggi di SD se-kecamatan Malifut. Data dianalisis dengan mendeskripsikan temuan yang diperoleh melalui hasil wawancara. Data wawancara dideskripsikan dengan menjabarkan jawaban dari narasumber dan dikaitkan dengan teori yang digunakan dalam penelitian ini. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa literasi baca tulis pada kelas tinggi masih sangat jauh dari yang diharapkan perpustakaan yang harusnya menjadi tempat berliterasi hampir tidak dimiliki oleh sekolah-sekolah tersebut dan yang memiliki perpustakaan tidak dikelola dengan baik. Jumlah dan variasi bahan buku bacaan menjadi poin penting karena semua sekolah yang diteliti hanya memiliki buku pelajaran saja.

Keywords

literasi membaca literasi menulis

Article Details

How to Cite
Mutji, E., & Suoth, L. (2021). LITERASI BACA TULIS PADA KELAS TINGGI DI SEKOLAH DASAR . Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 8(1), 103-113. https://doi.org/10.38048/jipcb.v8i1.133

References

  1. Creswell, J. W. (2010). Research design: pendekatan kualitatif, kuantitatif, dan mixed. Yogjakarta: PT Pustaka Pelajar
  2. Dewabrata, M. (2018). Hasil PISA 2018 Resmi diumumkan, indonesia alami penurunan skor di setiap bidang. [Online]. Tersedia melalui https://www.zenius.net/blog/23169/pisa-20182-2019-standar-internasional, diakses 10 Agustus 2020.
  3. Farihatin, A, R. (2013). Kegiatan membaca buku cerita dalam pengembangan kemampuan literasi dasar anak usia dini. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Surakarta.
  4. Harianto. (2014). Soal matematika dalam pisa kaitannya dengan literasi matematika dan kemampuan berpikir tingkat tinggi. [Online]. Tersedia melalui https://jurnal.unej.ac.id/index.php/psmp/article/view/955 diakses 10 Agustus 2020.
  5. Kemdikbud, Dirjen PAUDNI. (2016). Gerakan Indonesia membaca: Menumbuhkan budaya membaca. [Online]. Tersedia melalui http:// www.paudni.kemdikbud.go.id/berita/8459.html. Diunduh pada 29 Maret 2021
  6. Padmadewi, N.Y., Artini, L.P., Nitiasih, P.K., & Suandana, I.W. (2018). Memberdayakan keterlibatan orang tua dalam pembelajaran literasi di sekolah dasar. Ilmu Sosial Dan Humaniora, 7(1), 64-76. http://dx.doi.org/10.23887/jish-undiksha.v7i1.13049
  7. Pantiwati, Y., & Husamah. (2014). Analisis kemampuan literasi siswa SMP kota Malang. Prosiding. Konferensi Ilmiah Tahunan Himpunan Evaluasi Pendidikan Indonesia (HEPI) Tahun 2014, Bali. Diunduh 29 Maret 2021
  8. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 23 Tahun 2015 tentang Budi Pekerti
  9. Permatasari, A. (2015). Membangun kualitas bangsa dengan budaya literasi. Prosiding. Seminar Nasional Bulan Bahasa UNIB Tahun 2015. http://repository.unib.ac.id/11120/Universitas Bengkulu. Diunduh 29 Maret 2021
  10. PISA. (2012). Assessment framework. [Online]. Tersedia melalui http://www.oecd.org/dataoecd/61/15/46241909.pdf. Diunduh pada 29 Maret 2021
  11. Progress in International Reading Literacy Study (PIRLS). (2011). Analisis hasil belajar peserta didik dalam literasi membaca melalui studi internasional. [Online]. Tersedia melalui http://litbang.kemdikbud.go.id/index.php/survei-internasional-pirls1/laporan-pirls. Diunduh pada 29 Maret 2021.
  12. Saepudin, E. (2015). Tingkat budaya membaca masyarakat. Jurnal Kajian Informasi & Perpustakaan, 3(2), 271-282. https://doi.org/10.24198/jkip.v3i2.10003
  13. Saryono, D., Gufran, A.I., Ibrahim, L., Muliastuti, Q.S.A., Akbari, N., Hanifah, M., Noorthertya M., Nento, & Efgeni. (2017). Materi pendukung literasi baca-tulis. Gerakan Literasi Nasional.
  14. Setyaningrum, D. (2018). Pelaksanaan kegiatan literasi sekolah di SMP Negeri 1 Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 7(1), 125-135
  15. Widodo, M.M., & Ruhaena, L. (2018). Lingkungan literasi di rumah pada anak pra sekolah. Indigenous:Jurnal Ilmiah Psikologi, 3(1), 1-7.
  16. Wulanjani, A.N., & Anggraeni, C.W. (2019). Meningkatkan minat membaca melalui gerakan literasi membaca bagi siswa sekolah dasar. Proceeding of Biology Education. 3(1), 26-31. https://doi.org/10.21009/pbe.3-1.4