PENGARUH MODEL INQUIRY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS IV SD
Keywords:
model inquiry learning, hasil belajar matematikaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar antara siswa yang belajar dengan menggunakan model inquiry learning dan siswa yang belajar dengan model pembelajaran langsung pada kelas IV SDI Malanuza kecamatan golewa kabupaten ngada tahun ajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan rancangan penelitian yang digunakan penelitian Non Equivalent Kontrol Group pre-test- post test Design”.Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDI Malanuza yang berjumlah 25 orang untuk kelompok eksperimen yang dibelajarkan dengan menggunakan model Inquiry Learning dan 25 orang untuk kelompok kontrol yang dibelajarkan dengan model pembelajaran langsung yang diambil secara random dengan teknik sampelnya intac group. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes. Uji hipotesis menggunakan uji t. Sebelum menghitung uji t, terlebih dahulu dicari nilai Gain Score dinormalisasi (GSn). Dari perhitungan tersebut diperoleh rata-rata hasil belajar matematika,yakni rata-rata hasil belajar matematika kelompok eksperimen lebih besar dari rata-rata hasil belajar Matematika kelompok kontrol 0,41> 0,30. Hasil uji t diperoleh t-hitung = 2,941> t-tabel = 2,021 derajat kebebasan (db) n1+n2 – 2= 48 dengan taraf signifikan 5 % (?=0,05) maka t-hitung > t-tabel Hal ini menujukan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima sehingga hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini dapat diterima kebenaranya dimana terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar matemtika antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model Inquiry Learning dengan kelompok siswa yang menggunkan model pembelajaran langsung. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model Inquiry Learning berpengaruh terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas IV SDI Malanuza Kecamatan Golewa Kabupaten Ngada tahun ajaran 2017/2018
References
Elsa, P. (2016). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap prestasi belajar siswa pada matapelajaran matematika kelas IV SDI Negeri Prambanan I. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar (tidak diterbitkan). Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta: Pustaka Setia.
Hamdani. (2011). Dasar-dasar kependidikan. Bandung: Pustaka Setia.
Laksana, D.N.L. (2017). The effectiveness of inquiry based learning for natural science learning in elementary school. Journal of Education Technology, 1(1), 1-5.
Laksana, D.N.L., Dasna, I.W., & Degeng, I.N.S. (2019). The effects of inqury-based learning and learning styles on primary school students’ conceptual understanding in multimedia learning environment. Journal of Baltic Science Education. 18(1), 51-62.
Lawe, Y.U. (2014). Pengaruh model pembelajaran berbasis masalah pada pembelajaran biologi terintegrasi karakter terhadap kemampuan pemecahan dan pembentukan karakter bagi siswa X SMAN 1 Golewa Kabupaten Ngada, Flores. Jurnal (tidak diterbitkan ).
Lawe, Y.U. (2018). Pengaruh model pembelajaran berbasis proyek berbantuan lembar lembar kerja siswa terhadap hasil belajar IPA siswa SD. Journal of Educational Technology . 2 (1), 26-34.
Mudyahardjo, R. (2013). Pengantar pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.
Rahmawati. (2015). Analisis kemampuan matematika SD dalam menyelesaikan soal matematika bertipe PISA. Skripsi (tidak diterbitkan) Pendidikan Matematika Universitas Pasir Pengaraian. www.geogle.com (diakses pada tanggal 27 Februari 2018).
Rawa, N.R. (2017). Tingkat metakognitif mahasiswa program studi PGSD pada pemecahan masalah matematika ditinjau dari gaya belajar introvert-ekstrovert. Jurnal Tunas Bangsa. 4(2), 229-245.
Rawa, N.R., Niftalia, I. & Widiastika, I.G. (2018). Pengembangan bahan ajar matematika model inquiry learning berbantuan perangkat phet simulation untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa SMP. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti. 5(2), 44 – 57.
Sudjana, N. (2009). Penilaian hasil proses belajar mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. (2010). Statistika untuk penelitian. Bandung: Alfabeta.
Suharjo. (2006). Mengenal pendidikan sekolah dasar teori dan praktek. Modul (tidak diterbitkan).
Susanti, D. (2015). Pengaruh penerapan metode inkuiri terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas IV SD Negeri 1 Rajabasa Raya Bandar Lampung tahun pelajaran 2015/2016. Skripsi (tidak diterbitkan). Lampung.Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung Bandar Lampung.
Suyanto. (2013). Wajib belajar sembilan tahun untuk masa depan yang lebih baik. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar, Kementrian Pendidikan dan kebudayaan RI.