PENGGUNAAN MEIKARTA DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV SISWA SEKOLAH DASAR LUAR BIASA

Authors

  • Emy Prabawati SLB Negeri 1 Badung

Keywords:

e-kartu kata, pembelajaran tematik, sekolah luar biasa

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan perbendaharaan kata pada pembelajaran tematik anak tunarungu pada peserta didik kelas IV SDLB melalui penggunaan media e-kartu kata. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan untuk memperbaiki hasil belajar siswa SDLB di SLB Negeri 1 Badung, Bali. Subjek yang dijadikan penelitian adalah siswa SDLB Kelas IV yang berjumlah 8 orang. Pengumpulan data menggunakan cara observasi, dokumentasi dan tes hasil belajar. Analisis data secara diskriptif yaitu dengan membandingkan nilai tes antar pembelajaran yang dianalisis adalah tes siswa sebelum menggunakan media e-kartu kata dan nilai tes siswa setelah menggunakan media e-kartu kata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar dengan menggunakan media e-kartu kata hasil pembelajaran lebih baik dengan ditunjukkan nilai rata-rata hasil belajar peserta didik pada pembelajaran kedua mencapai 73,75 dibandingkan pada pembelajaran pertama rata-rata hasil prestasi peserta didik sebelum menggunakan media e-kartu kata 61,25. Di samping itu dengan menggunakan media e-kartu kata dalam pembelajaran tematik tentang mengidentifikasi isi gambar tunggal atau gambar seri, terbukti dapat meningkatkan prestasi dan minat belajar peserta didik dengan mengemas pembelajaran secara menarik dan menciptakan iklim belajar yang kondusif berdampak positif terhadap peningkatan minat belajar dan prestasi peserta didik.

References

BSNP (Badan Standar Nasional Pendidikan). (2006). Standar kompetensi dasar SDLB.

Dasna, I.W., Laksana, D.N.L. & Sudatha I.G.W. (2015). Desain dan model pembelajaran inovatif dan interaktif. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.

Efendi, M. (2003). Media pembelajaran. Jakarta: Rajawali Press.

Efendi, M. (2006). Pengantar psikopedagogik anak berkelainan. Jakarta: Bumi Aksara.

Kautsar, I., Borman, R.I., & Sulistyawati, A. (2015). Aplikasi pembelajaran bahasa isyarat bagi penyandang tunarungu berbasis android dengan metode bisindo. Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Multimedia. [Online]. Diterima melalui https://ojs.amikom.ac.id/index.php/semnasteknomedia/article/view/ 832.

Malatista, B.R. & Sediyono, E. (2010). Model pembelajaran matematika untuk siswa kelas IV SDLB B dengan metode komunikasi total berbantuan komputer. [Online]. Diterima melalui https://www.jutisi.maranatha.edu/index.php/jui/ article/ download/74/72.

Marzal, J. (2014). Desain media pembelajaran bahasa inggris untuk siswa tunarungu berbantuan teknologi informasi dan komunikasi. Tekno-Pedagogi, 4(2), 32-44.

Bandi, M. (1997). Psykologi anak luar biasa / berkelainan. Surakarta: UNS.

Nugroho, T. (2009). Metode pembelajaran matematika di sekolah luar biasa tuna rungu melalui komputer untuk peningkatan hasil belajar siswa. [Online]. Diterima melalui http://etd.eprints.ums.ac.id/3437/2/A 410050094.pdf.

Salim, A. (2016). Pembelajaran matematika berbasis komputer dengan metode multikomunikasi untuk siswa kelas IV SDLB-B. Jurnal Informatika, 3(1), 9-21.

Sutjihati, S. (1996). Psikolog Anak Luar Biasa. Jakarta: Rajawali Press.

Downloads

Published

2019-03-15

How to Cite

Prabawati, E. (2019). PENGGUNAAN MEIKARTA DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV SISWA SEKOLAH DASAR LUAR BIASA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 5(2), 84–92. Retrieved from https://jurnalilmiahcitrabakti.ac.id/jil/index.php/jil/article/view/12

Issue

Section

Articles