Main Article Content

Abstract

Pandemi  COVID-19 mengubah sistem pembelajaran menjadi pembelajaran jarak jauh atau daring. Ini adalah upaya dari pemerintah untuk mencegah penularan  COVID-19 di sektor pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana persepsi siswa terhadap kebijakan pembelajaran jarak jauh selama pandemi. Semua pihak saat ini dari mulai staf pengajar dan siswa sedang beradaptasi mmenggunakan berbagai sistem pembelajaran yang tersedia. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data berupa kuisioner yang dibagikan secara online melalui googleform. Responden penelitian ini adalah siswa di tingkat SD/MI dan SMP/MTs di 5 Kabupaten/Kota mitra Tanoto Foundation di Provinsi Kalimantan Timur. Pivoting digunakan sebagai alat analisis data yang digunakan adalah deskripsi persentase. Total responden 222 siswa yang diambil secara acak sederhana. Hasil dari penelitian ini, 98% siswa telah melaksanakan program PJJ; 53% siswa merasa menyenangkan; 47% siswa merasa kurang/tidak nyaman dan dari yang merasa menyenangkan 36% siswa beralasan mendapatkan pengalaman belajar yang bermakna serta dari yang merasa kurang/tidak nyaman 37% siswa beralasan terlalu banyak tugas. Sarana komunikasi yang banyak digunakan adalah whatsapp group, facebook, massenger, serta google classroom sebanyak 96% siswa dan 4% siswa menggunakan video conference; Kendala yang paling banyak dialami yaitu kurangnya kualitas koneksi jaringan internet.

Keywords

pembelajaran jarak jauh persepsi siswa pandemi COVID-19

Article Details

How to Cite
Hidayatulah, M. A., Astuti, R. S., & Simanjuntak, S. Y. (2021). PERSEPSI SISWA DALAM KEBIJAKAN PEMBELAJARAN JARAK JAUH. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 8(1), 14-24. https://doi.org/10.38048/jipcb.v8i1.116

References

  1. Abidin Z., Rumansyah, & Kurniawan A. (2020). Pembelajaran online berbasis proyek salah satu solusi kegiatan belajar mengajar di tengah pandemi COVID 19. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5(1), 64-70
  2. Aji, R. H. S. (2020). Dampak COVID-19 pada pendidikan di Indonesia: Sekolah, keterampilan dan proses pembelajaran. Jurnal Sosial dan Pembelajaran Syar’i, 7(5), 395-402
  3. Dewi, W. F. (2020). Dampak COVID-19 terhadap implementasi pembelajaran daring di sekolah dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan 2 (1), 55-61
  4. Gunawan, Suranti, N. M. Y., & Fathoroni. (2020). Variations of models and learning platforms for prospective teachers during the COVID-19 pandemic period. Indonesian Journal of Teacher Education, 1(2), 61-70
  5. Hakam, M. T., Levani, Y. & Utama, M. R. (2020). Potensi adiksi penggunaan internet pada remaja indonesia di periode awal pandemi COVID-19. Jurnal Medical Hangtuah. 17(2):102-115
  6. Hasanah, A., Lestari, A. S., Rahman, A. Y., & Daniel, Y. I. (2020). Analisis aktivitas belajar daring mahasiswa pada pandemi COVID-19. [Online]. Tersedia melalui http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/30565 diunduh 28 Oktober 2020
  7. Kusuma, J. W., & Hamidah. (2020). Perbandingan hasil belajar matematika dengan menggunakan platform whatsapp grup dan webinar zoom dalam pembelajaran jarak jauh pada masa pandemik COVID-19. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(1), 97-106
  8. Lee, & Christopher. (2016). Belajar pivot table dan power point step by step. Elex Media Komputindo, Jakarta.
  9. Menteri Pendidikan. (2020). Surat Edaran Nomor 3 Tahun 2020 tentang pelaksanaan pendidikan dalam masa darurat coronavirus (COVID-19).
  10. Nur N. S.,Fazyudi A. N., & Kamarol B. M. (2014). A study on the student’s perspective on the effectiveness of using e-learning. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 123, 139 – 144
  11. Semradova, I., & Hubackova, S. (2016). Teacher responsibility in distance education. Procedia- Social and Behavioral Sciences, 217, 544–550.
  12. Simanjuntak, S. Y., & Kismartini, (2020). Respon pendidikan dasar terhadap kebijakan pembelajaran jarak jauh selama pandemi COVID-19 di Jawa Tengah. Jurnal Ilmu Wahana, 6(3), 308-316
  13. Simbolon, N. (2014). Faktor-faktor yang mempengaruhi minat belajar peserta didik. Elementary School Journal PGSD FIP Unimed, 1(2), 14–19.
  14. Smith, A. W., & Freedman, D. O. (2020). Isolation, quarantine, social distancing and community containment: pivotal role for old-style public health measures in the novel coronavirus (2019-nCoV) outbreak. Journal of Travel Medicine, 23(2), 1-4
  15. Suryawan, O. (2020). Guru diminta aktif awasi pembelajaran daring agar siswa tetap fokus. [Online]. Tersedia melalui https://www.balipuspanews.com/guru-diminta-aktif-awasi-pembelajaran-daring-agar-siswa-tetap-fokus.html di akses 18 Oktober 2020
  16. Wirani, N. (2020). The importance of using a web-based learning model to prevent the spread of COVID 19. Al-Adzkiya International of Education and Social (AIoES) Journal, 1(1), 17-25