Main Article Content

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah penerapan model pembelajaran inkuiri pada pembelajaran IPA dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas III pada SDI ONEKORE 5?. Bagaimanakah hasil belajar IPA pada siswa kelas III SDI ONEKORE 5 ? Adapun tujuan yang dicapai dalam penelitian ini adalah Untuk mengetahui penerapan model pembelajaran inkuiri pada pembelajaran IPA dalam meningkatakan hasil belajar pada siswa kelas III SDI ONEKORE 5. Untuk mengetahui hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) pada siswa kelas III SDI ONEKORE 5. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di Ende Kecamatan Ende Tengah Kabupaten Ende. Subyek dalam penelitian ini adalah peserta didik Kelas III yang berjumlah 35 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan, wawancara, observasi atau pengamatan, tes atau kuis, dokumentasi. Dari hasil penelitian yang dilakukan, diperoleh data bahwa hasil belajar peserta didik dari Siklus I sampai dengan Siklus II mengalami peningkatan yang signifikan. Pada Siklus I, setelah diterapkan model pembelajaran Inkuiri dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam materi Energi Dan Pengaruhnya Dalam Kehidupan Sehari-hari hasil belajar peserta didik Kelas III dari Siklus I 63, 71% meningkat menjadi 80, 57%.Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa proses pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam materi Energi Dan Pengaruhnya Dalam Kehidupan Sehari-hari dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik Kelas III SDI Onekore 5.

Keywords

model pembelajaran inkuiri hasil belajar IPA

Article Details

How to Cite
Meo, L., Weu, G., & BS, Y. N. (2021). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA SEKOLAH DASAR. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 8(1), 38-52. https://doi.org/10.38048/jipcb.v8i1.101

References

  1. Arikunto, S., Suhardjono, & Supardi. (2010). Penelitian tindakan kelas. PT Bumi Aksara.
  2. Damayanti, I. (2014). Penerapan model pembelajaran inkuiri untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran IPA sekolah dasar. Jurnal Penelitian Guru Sekolah Dasar, 2(3) 1-12.
  3. Fatonah., & Prasetyo. (2014). Pembelajaran sains. Yogyakarta : Penerbit Ombak.
  4. Fitasari, S., & Soetjipto (2019). Penerapan model pembelajaran inkuiri dalam meningkatkan pemahaman konsep IPA kelas V SDN Pohjejer 1 Mojokerto. Jurnal penelitian Pendidikan Sekolah Dasar, 1(1) 1-11.
  5. Hamzah, Lamatenggo, & Satria. (2012). Menjadi peneliti PTK yang profesional. PT Bumi Aksara.
  6. Juniati, N.W., & Widiana, I.W. (2017). Penerapan model pembelajaran inkuiri untuk meningkatkan hasil belajar IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 1(1), 20-29.
  7. Kurniasih., & Sani. (2014). Teknik dan cara mudah membuat Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Penerbit Kata Pena.
  8. Kusumah., & Dwitagama. (2011). Mengenal penelitian tindakan kelas.
  9. Laksana, D.N.L., & Dasna, I. W., (2017). Bagaimana cara melakukan penilaian proses pada pembelajaran berbasis inkuiri. Journal of Education Technology, 1(4) 224-230.
  10. Laksana, D.N.L., Dasna, I. W., & Degeng, I.N.S. (2019). The effects of inquiry-based learning and learning styles on primary school students conseptual understanding in multimedia learning environment. Journal of Baltic Science Education, 18(1) 51-62
  11. Ryan, I., Fonny, J., Waani, N., & Kandowangko. (2019). Peran pendidikan dalam proses perubahan sosial di Desa Tamuluntung Kecamatan Kauditan Kabupaten Minahasa Utara. Holistik Journal of Social and Culture, 12(4), 1-18.
  12. Sulistianingsih, S., Saptuti T., & Salimi, M. (2017). Penerapan model inkuiri terbimbing dengan medi poster untuk meningkatkan pembelajaran IPS pada siswa kelas V SD Negeri Tamanwinangun tahun ajaran 2016/2017. Jurnal Kalam Cendekia, 5(2.1) 172-176.
  13. Suprijono. (2012). Cooperative learning. Penerbit Pustaka Pelajar.
  14. Trianto. (2011). Mendesain model pembelajaran inovatif dan progresif, Cetakan 4. Jakarta: Karisma Putra Utama.
  15. Trianto. (2012). Panduan lengkap penelitian tindakan kelas. Penerbit buku berkualitas prima Jakarta.
  16. We’u, G. (2020). Urgensi pendidikan multikultural sebuah jawaban atas problematika pluralitas. (JIPD) Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 4(2). 71-75.
  17. We’u, G. (2016). Penelitian tindakan kelas. Ende: Nusa Indah.
  18. We’u, G. (2018). Diguguh dan ditiru suatu ekspektasi karakter guru. Seminar Nasional PGSD UNIKAMA 2 Desember 2018, 141-150.