PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KEKANATO ASPEK KOGNITIF UNTUK MENGENAL LAMBANG BILANGAN PADA ANAK USIA 4 – 5 TAHUNDI PAUD ST.BALDUINUS NGEDUMEE

Authors

  • Maria Geldiana Masi STKIP Citra Bakti
  • Efrida Ita STKIP Citra Bakti
  • Gde Putu Arya Oka STKIP Citra Bakti

DOI:

https://doi.org/10.38048/jcpa.v1i2.752

Keywords:

Media KEKANATO, Mengenal Lambang Bilangan.

Abstract

Penelitiana ini bertujuan untuk menghasilkan media KEKANATO untuk anak usia dini, untuk mengenal lambang bilangan anak usia 4-5 tahun dan mengetahui kualitas hasil uji coba media KEKANATO untuk anak usia 4-5 tahun di PAUD ST. Balduinus Ngedumee. Media yang dikembangkan adalah media kereta angka berwarna berbahan bheto (KEKANATO) yang akan dijadikan media pembelajaran anak pada tema kendaraan darat. Media KEKANATO ini dikembangan dengan mengikuti tahap pengembangan model ADDIE. Tahapan-tahapan Model ADDIE tersebut antara lain: (1) Tahap Analyze, (2) Tahap Design, (3) Tahap Development, (4) Tahap Implementation dan ( 5) Tahap Evaluation. Hasil penelitian pengembangan media KEKANATO berdasarkan hasil uji coba ahli dan anak usia dini sebagai pengguna media adalah sebagai berikut: (1) uji coba ahli materi berada pada kategori sangat valid, (2) uji coba ahli media berada pada kategori valid, (3) uji coba ahli desain berada pada kategori sangat valid, (4) uji coba perorangan berada pada kategori sangat valid dan (5) uji coba kelompok kecil berada pada kategori sangat valid. Berdasarkan hasil uji coba ahli dan anak usia dini sebagai pengguna media KEKANATO maka media ini dinyatakan layak untuk digunakan di PAUD ST. Balduinus Ngedumee.

Downloads

Published

2022-07-10

How to Cite

Masi, M. G., Ita, E. ., & Oka, G. P. A. . (2022). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KEKANATO ASPEK KOGNITIF UNTUK MENGENAL LAMBANG BILANGAN PADA ANAK USIA 4 – 5 TAHUNDI PAUD ST.BALDUINUS NGEDUMEE. Jurnal Citra Pendidikan Anak, 1(2), 147–158. https://doi.org/10.38048/jcpa.v1i2.752