PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTU MEDIA VISUAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG PADA KELAS IV SD NEGERI 1 TANJUNG
DOI:
https://doi.org/10.38048/jcp.v4i4.4543Keywords:
modelpembelajaran,proble m based learning,media visualAbstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berhitung peserta didik pada mata pelajaran matematika bilangan cacah sampai 100 kelas 4 dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan berbantu media visual. Penilitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan sebanyak dua siklus dimana setiap siklus dilakukan dalam satu kali pertemuan. Setiap pertemuan berlangsung selama 2 jam pelajaran (2 x 35 menit). Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SD Negeri 1 Tanjung Kecamatan Purwokerto Selatan Kabupaten Banyumas yang berjumlah 28 orang. Model PBL dapat meningkatkan kemampuan berhitung bilangan cacah di kelas IV SDN 1 Tanjung. Hal ini dapat terlihat dari peningkatan hasil belajar yang diperoleh peserta didik. pada pra siklus hanya 46% peserta didik yang mencapai KKM, kemudian pada siklus I 64% peserta didik yang mencapai KKM, dan pada siklus II terdapat 92% peserta didik yang mencapai KKM