PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS II SEKOLAH DASAR

Authors

  • Aqidatun Nahdiyah Universitas Swadaya Gunung Jati
  • Tri Pujiatna Universitas Swadaya Gunung Jati

DOI:

https://doi.org/10.38048/jcp.v4i4.4527

Keywords:

Project Based Learning, Matematika, Nilai tempat, Hasi Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran project based laerning pada hasil belajar peserta didik pada materi niai tempat. Penelitian ini dilakukan di SD Negri Samadikun. Metode yang digunakan adalah eksperimen dengan desain one-group pretest posttest design. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui instrumen tes hasil belajar sebanyak 10 butir soal essai yang kemudian dianalisis menggunakan uji N-gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata N-gain untuk kelas eksperimen adalah sebesar 63, 25% termasuk dalam kategori cukup efektif. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran project based learning cukup efektif untuk mempengaruhi peningkatan hasil belajar peserta didik pada materi nilai tempat.

Downloads

Published

2024-10-31

How to Cite

Nahdiyah, A., & Pujiatna, T. (2024). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS II SEKOLAH DASAR. Jurnal Citra Pendidikan, 4(4), 2084–2093. https://doi.org/10.38048/jcp.v4i4.4527