PENGEMBANGAN METODE PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA DALAM KREATIVITAS BERMAIN ALAT MUSIK PIANIKA DI SMP SOEGIJIPRANATA MATALOKO
DOI:
https://doi.org/10.38048/jcp.v4i4.4088Keywords:
pengembangan, seni musik,ansambel sebaya musik, pianika, tutor sebayaAbstract
Penelitian ini memiliki latar belakang diantaranya melihat penggunaan metode tutor sebaya untuk meningkatkan keterampilan bermain ansambel pianika pada siswa kelas VIII SMPS Soegijipranata Mataloko. Metode yang diambil adalah metode kualitatif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan metode tutor sebaya untuk meningkatkan keterampilan dan kreatifitas dalam bermain alat musik pianika. Sebagai lembaga pendidikan yaitu sekolah, memiliki peran penting dalam menciptakan kualitas generasi sala satu yang dikembangkan disekolah itu adalah kreativitas dan keterampilan dalam mengembangkan potensi bermain alat musik seperti pianika. Alat musik merupakan suatu insrrtumen yang dibuat atau dimodifikasi untuk tujuan menghasilkan musik. pada prinsipnya segala sesutu yang memproduksi suara dengan cara tertentu bisa diatur oleh musik yang disebut sebagai alat musik .
ABSTRAK
Penelitian ini memiliki latar belakang diantaranya melihat penggunaan metode tutor sebaya untuk meningkatkan keterampilan bermain ansambel pianika pada siswa kelas VIII SMPS Soegijipranata Mataloko. Metode yang diambil adalah metode kualitatif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan metode tutor sebaya untuk meningkatkan keterampilan dan kreatifitas dalam bermain alat musik pianika. Sebagai lembaga pendidikan yaitu sekolah, memiliki peran penting dalam menciptakan kualitas generasi sala satu yang dikembangkan disekolah itu adalah kreativitas dan keterampilan dalam mengembangkan potensi bermain alat musik seperti pianika. Alat musik merupakan suatu insrrtumen yang dibuat atau dimodifikasi untuk tujuan menghasilkan musik. pada prinsipnya segala sesutu yang memproduksi suara dengan cara tertentu bisa diatur oleh musik yang disebut sebagai alat musik .