PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII DI MTsN 1 BUKIT TINGGI

Authors

  • Nilam Sari Universitas Negeri Islam Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi, Indonesia
  • Vivi Ramadhani Universitas Negeri Islam Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi, Indonesia
  • Eldavita Tridiana Universitas Negeri Islam Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.38048/jcp.v4i1.3194

Keywords:

Motivasi,Disiplin,, Prestasi belajar.

Abstract

Pada dasarnya mutu pendidikan merupakan salah satu upaya yang dilakukan guna untuk meningkatkan dan memperbaiki prestasi belajar siswa. Adapun faktor yang mempengaruhi tinggi rendahnya prestasi belajar siswa  yaitu diantara lain  adalah faktor internal maupun faktor  eksternal salah satu nya adalah motivasi belajar dan disiplin belajar. Siswa yang memiliki motivasi belajar dan disiplin belajar yang tinggi akan terlihat lebih aktif, serta mempunyai inisiatif sendiri untuk belajar  sendiri dan lebih tertib dalam belajarnya. Dan begitu pula sebaliknya siswa yang memiliki motivasi belajar dan disiplin belajar yang sedang akan terlihat lebih kurang  aktif, serta kurang mempunyai inisiatif sendiri untuk belajar  sendiri dan juga kurang tertib dalam belajarnya . Selain itu, tujuan penulisan ini adalah yang pertama  untuk mengatahui seberapa besar pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa, yang kedua  untuk mengatahui seberapa besar pengaruh disiplin belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa, dan yang  ketiga untuk mengatahui seberapa besar pengaruh motivasi belajar dan disiplin belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa. Metode pengumpulan data yang di gunakan adalah metode kualitatif dengan data yang diperoleh dari narasumber adalah informasi yang diberikan  Guru Matematika, dan siswa. Teknik pengumpulan data ini digunakan teknik wawancara, observasi. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah motivasi dan disiplin belajar sedangkan variabel terikatnya adalah prestasi belajar. Mengingat  seberapa penting motivasi belajar dan disiplin belajar terhadap prestasi belajar maka perlu adanya motivasi dan disiplin yang tinggi pada diri siswa. Jadi dapat disimpulkan berhasil tidaknya siswa  dalam belajar dapat dilihat dari prestasi yang dicapainya. Untuk itu perlu memaksimalkan faktor yang mempengaruhi prestasi belajar agar tujuan pendidikan berjalan lancar, dan efektif.

 

Downloads

Published

2024-01-31

How to Cite

Sari, N., Ramadhani, V. ., & Tridiana , E. . . (2024). PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII DI MTsN 1 BUKIT TINGGI. Jurnal Citra Pendidikan, 4(1), 1603–1611. https://doi.org/10.38048/jcp.v4i1.3194

Citation Check