PENDAMPINGAN GURU SD DALAM PENYELENGGARAAN OLIMPIADE MIPA TINGKAT SD

Authors

  • Yosefina Uge Lawe STKIP Citra Bakti, Indonesia
  • Dek Ngurah Laba Laksana STKIP Citra Bakti, Indonesia
  • Ermelinda Yosefa Awe STKIP Citra Bakti, Indonesia
  • Maria Patrisia Wau STKIP Citra Bakti, Indonesia
  • Maria Desideria Noge STKIP Citra Bakti, Indonesia
  • Melkior Wewe STKIP Citra Bakti, Indonesia
  • Natalia Rosalina Rawa STKIP Citra Bakti, Indonesia
  • Maria Yuliana Kua STKIP Citra Bakti, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.38048/jailcb.v1i2.75

Keywords:

pendampingan penyelenggaraan olimpiade, matematika dan ipa

Abstract

Tujuan dari pengabdian ini adalah Meningkatkan kemampuan akademik siswa/I Sekolah Dasar, Mengembangkan kompetensi dan keterampilan siswa, Meningkatkan kualitas pendidikan di Sekolah Dasar, menjalin kerjasama dengan sekolah-sekolah terkait. Pentingnya kegiatan pendampingan olimpiade Matematika dan IPA tingkat SD se-kecamatan Golewa Barat karena diharapkan seluruh siswa mampu menyelesaikan soal-soal lomba dengan hasil yang memuaskan, siswa mendapatkan pengalaman dan pengetahuan baru dalam kegiatan lomba sebagai bekal untuk menghadapi Ujian Akhir Nasional. Bentuk kegiatan ini adalah pendampingan kegiatan olimpiade Matematika dan IPA tingkat SD se-Kecamatan Golewa Barat. Peserta dalam kegiatan ini adalah siswa/siswi SD Kelas 5 dari 12 Sekolah yang berjumlah 52 siswa yang terdiri dari 26 untuk mata pelajaran Matematika dan 26 untuk mata pelajaran IPA. Metode kegiatan ini adalah dalam bentuk babak penyisihan dan babak Final. Hasil dari kegiatan ini adalah mendapatkan 3 besar dari masing-masing mata pelajaran untuk diutus ke olimpiade tingkat Kabupaten.

References

Ariyanti, G., Rahajeng, R., & Rahabistara, A. (2019). Pembinaan Olimpiade Sains Melalui Pemberdayaan Klub Matematika dan IPA Bagi Siswa SMP di Kota Madiun. Jurnal Abdimas BSI, 2(2), 350-358

Erfan, M., Ratu, T., Yahya, F., Walidain, S.N., & Syarif Fitriyanto, S. (2020). Pendampingan persiapan olimpiade sains nasional (OSN) tingkat kabupaten bagi siswa SMA Negeri 4 Sumbawa. Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat, 2(1), 114-119

Kemendikbud. (2014). Panduan Olimpiade Sains Nasional. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia.

Lawe, Y.U. (2017). Penerapan model pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA pada siswa Kelas IV SDI Olaewa Kecamatan Boawae Kabupaten Nagekeo. Jurnal Pendidikan Ilmiah, 4(1), 67-77

Lawe, Y.U. (2019). Pengembangan bahan ajar elektronik berbasis budaya lokal Ngada untuk pembelajaran tematik siswa sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 6(2), 135-145

Lawe, Y.U., Laksana, D.N.L., Wewe, M., Rawa, N.R., & Kua, M.Y. (2020). Pelatihan pengembangan soal matematika dan IPA berbasis higher order thingking dalam upaya meningkatkan kompetensi pedagogik guru SD di kecamatan Golewa Barat. Jurnal Abdimas Ilmiah Citra Bakti, 1(1), 11-19

Rachmat, A., Wijana, K., Lukito, Y., Santosa, G., Delima, R., Siang, J. J., & Santoso, H. B. (2017). Pendampingan Persiapan Olimpiade Sains Nasional Komputer (OSNK) bagi Siswa SMA 7 Yogyakarta. Prosiding. Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat. Bandung.

Rosyadi, A.A.P., Susanti, R.D., & Dintarini, M. (2018). IBM pendampingan dan pembimbingan olimpiade matematika berbasis strategi pemecahan masalah polya pada siswa SMK Muhammadiyah 2 Malang. Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 2(1), 22-26

Downloads

Published

2020-11-30

How to Cite

Lawe, Y. U., Laksana, D. N. L. ., Awe, E. Y., Wau, M. P., Noge, M. D., Wewe, M., … Kua, M. Y. (2020). PENDAMPINGAN GURU SD DALAM PENYELENGGARAAN OLIMPIADE MIPA TINGKAT SD . Jurnal Abdimas Ilmiah Citra Bakti, 1(2), 88–96. https://doi.org/10.38048/jailcb.v1i2.75

Issue

Section

Articles

Citation Check