KEEFEKTIFAN MODEL MIND MAPPING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS ANEKDOT SISWA SMA

Authors

  • Ahmad Universitas Muhammadiyah Kupang, Indonesia
  • Gamar Abdul Nasir Universitas Muhammadiyah Kupang, Indonesia
  • Uslan Universitas Muhammadiyah Kupang, Indonesia https://orcid.org/0000-0002-3762-5659

DOI:

https://doi.org/10.38048/jipcb.v7i2.98

Keywords:

menulis teks anekdot, model mind mapping

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Keefektifan Model Mind Mapping terhadap Kemampuan Menulis Teks Anekdot Peserta Didik Kelas X SMA Muhammadiyah Kupang. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan menggunakan desain penelitian eksperimen murni. Subjek penelitian ini adalah peseta didik kelas X SMA Muhammadiyah Kupang tahun ajaran 2019/2020 sebanyak 148 orang. Penarikan sampel pada penelitian ini dengan menggunakan teknik random sampling terpilih kelas X2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X1 sebagai kelas kontrol. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes uraian. Tes ini digunakan untuk untuk mengumpulkan data berupa nilai keterampilan menulis teks anekdot yang diperoleh siswa, yaitu tes akhir. Data yang diperoleh dari analisis secara statistik deskriptif dan statistik inferensial uji-t, nilai tertinggi yang diperoleh siswa pada posstest kelas kontrol 3,00 dan nilai terendah diperoleh 2,28 dengan nilai rata-rata 2,65, sedangkan pada posstest kelas eksperimen nilai tertinggi yang diperoleh siswa 3,57 dan nilai terindah diperoleh 2,57 dengan nilai rata-rata 3,05. Beradasarkan hasil analisis inferensial dengan menggunakan uji-t. Nilai Thitung 30,541>1.66600, maka keputusan adalah H0 ditolak dan H1 diterima. Jadi, model mind mapping efektif terhadap kemampuan menulis teks anekdot.

References

Lies Aryanti Nur Sholekah & Agus Nuryatim. 2017. “Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia.” Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 1(budaya literasi dalam pembelajaran bahasa): 12–16. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jpbsi/article/view/20226.
Saharah, Siti, and Dian Indihadi. 2019. “PEDADIDAKTIKA?: JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR Penggunaan Teknik Mind Mapping Pada Keterampilan Menulis Ringkasan Siswa Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia.” 6(1): 9–15.
Situmorang, Nila Martha Yehonala. 2018. “Meningkatkan Kemampuan Menulis Siswa Melalui Teknik Guiding Questions.” Meningkatkan kemampuan menulis siswa melalui teknik Guiding Questions 2(2): 165–71.
Sunimbar, Farid Fauzi Almu et al. 2019. “Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING BERBANTUAN MEDIA GAMBAR MATERI INDAHNYA.” 6(September): 177–85.
Susilowati, Dhani. 2019. “Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Bahasa Indonesia Vol 8 No 2 , Oktober 2019 Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Bahasa Indonesia Vol 8 No 2 , Oktober 2019.” 8(2): 136–45.
Syam, Natriani, and Ramlah Ramlah. 2015. “Penerapan Model Pembelajaran Mind Mapping Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa Kelas Iv Sdn 54 Kota Parepare.” Publikasi Pendidikan 5(3).
Sugiyono.2008. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D Bandung: Alfabeta

Downloads

Published

2020-11-01

How to Cite

Ahmad, Nasir, G. A. ., & Uslan. (2020). KEEFEKTIFAN MODEL MIND MAPPING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS ANEKDOT SISWA SMA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 7(2), 167–177. https://doi.org/10.38048/jipcb.v7i2.98

Issue

Section

Articles

Citation Check