KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA SD DALAM PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERORIENTASI PROSES MENGGUNAKAN SUPLEMEN LKS

Authors

  • Ummu Aiman Universitas Muhammadiyah Kupang, Indonesia
  • Sunimbar Universitas Muhammadiyah Kupang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.38048/jipcb.v7i1.68

Keywords:

keterampilan proses sains, inkuiri terbimbing, lembar kerja siswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan keterampilan proses sains antara kelas siswa yang diajarkan menggunakan pendekatan inkuiri terbimbing dengan suplemen LKS dan kelas yang pembelajarannya menerapkan metode konvensional pada materi selalu berhemat energi kelas IV SD Negeri Oeba 3 Kota Kupang. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasi experiment) dan menggunakan desain post-test only control group design. Data keterampilan proses sains diperoleh melalui tes. selanjutnya dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan uji-t. Hasil penelitian yang diperoleh bahwa thitung = 50,943 dan ttabel = 4,00 taraf 5%. Berati thitung > ttabel, maka diinterpretasikan terdapat perbedaan yang signifikan pada keterampilan proses antara kelas yang menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing  memakai suplemen LKS dan kelas pembelajaran metode konvensional. Rerata hasil post-test keterampilan proses, berada pada kategori sangat tinggi dengan Mean 74,44 pada keompok eksperimen sedangkan kelompok kontrol di kategori sedang dimana hasilnya Mean 64,91. Disimpulkan model inkuirii terbimbing menggunakan suplemen LKS meningkatkan keterampilan proses sains siswa materi selalu berhemat energi kelas IV SD Negeri Oeba 3 Kota Kupang.

References

Aiman, U., Dantes, N., & Suma, K. (2019). Pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap literasi sains dan berpikir kritis siswa sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 6(2), 196–209.

Barthlow, M. J. (2011). The Effectiveness of process guided inquiry learning to reduce alternate conception in secondary chemistry (Disertasi). Lychburg: Liberty University.

Dionisius, I. M. K., Margunayasa, I. G., & Kusmariyatni, N. N. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Pogil terhadap Keterampilan Proses Sains. MIMBAR PGSD Undiksha, 7(3).

Ibrahim, M., Nur, M., & Kasdi, A. (2010). Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Surabaya. University Press.

Laksana, D. N. L., & Dasna, I. W. (2017). Bagaimana Melakukan Penilaian Proses Pada Pembelajaran Berbasis Inkuiri. Journal of Education Technology, Vol.1(No.4).

Lestari, D. P. S., Made Sulastri, M. P., & Margunayasa, I. G. (2016). Pengaruh Model POGIL dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar IPA pada Siswa Kelas V SD. MIMBAR PGSD Undiksha, 4(1).

OECD, P. (2015). Assessment and Analytical Framework: Science. Reading, Mathematic and Financial Literacy,(Interscience: Paris, 2016), 24–25.

Sarastini, N. K. D. D., Rasana, I. D. P. R., & Made Sulastri, M. P. (2014). Pengaruh model pembelajaran SSCS terhadap pemahaman konsep IPA siswa kelas V SD di gugus I kecamatan buleleng. MIMBAR PGSD Undiksha, 2(1).

Sunimbar, S. (2018). Pengaruh model pembelajaran (studi lapangan-peta pikiran) dan motivasi berprestasi terhadap keterampilan menulis karya ilmiah pembelajaran IPS SD mahasiswa PGSD Muhammadiyah Kupang. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 2(2), 33–43.

Umam, M. S., Indrawati, I., & Subiki, S. (2017). Pengaruh Model Process Oriented Guided Inquiry Learning (Pogil) Terhadap Hasil Belajar Dan Retensi Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Fisika Sma/Ma Di Kabupaten Jember. Jurnal Pembelajaran Fisika, 5(3), 205–210.

Uslan, U., Basri, I., & Muh, A. S. (2018). Pengembangan Perangkat Asesmen Pembelajaran Proyek Pada Materi Perkembangbiakan Tumbuhan. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 3(1).

Uslan, U., & Nuriyah, N. (2018). Model Student Centered Learning (SCL) di Sekolah Dasar (SD) yang Inovatif Terintegrasi Pembelajaran Terpadu. PENDAS MAHAKAM: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(1), 63–67

Downloads

Published

2020-03-31

How to Cite

Aiman, U., & Sunimbar. (2020). KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA SD DALAM PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERORIENTASI PROSES MENGGUNAKAN SUPLEMEN LKS . Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 7(1), 75–83. https://doi.org/10.38048/jipcb.v7i1.68

Issue

Section

Articles

Citation Check

Most read articles by the same author(s)