PENGEMBANGAN GURU PROFESIONAL MENGHADAPI GENERASI ALPHA

Authors

  • Ganjar Setyo Widodo Univerisitas Islam Malang, Indonesia
  • Kharisma Sita Rofiqoh Universitas Islam Malang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.38048/jipcb.v7i1.67

Keywords:

guru profesional, generasi alpha

Abstract

Sebagaimana peserta didik, pengembangan guru juga perlu dilakukan apalagi seorang guru sebagai pendidik profesional bertugas untuk mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik. Seorang Guru professional di era milenial atau Generasi Alpha, tidak cukup hanya mengusai kompetensi guru yang empat, yakni kompetensi pedagogik kepribadian professional dan sosial. Perkembangan teknologi informasi yang begitu pesat mengharuskan seorang guru menjadi bagian dari kemajuan teknologi tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif analisis. Penelitian deskriptif analitis mengambil masalah atau memusatkan perhatian kepada masalah-masalah sebagaimana adanya saat penelitian dilaksanakan, hasil penelitian yang kemudian diolah dan dianalisis untuk diambil kesimpulannya. Hasil dan temuan memperlihatkan bahwa guru sebagai generasi Alpha kita harus memberikan teknik-teknik pendekatan yang sesuai dengan zaman sekarang. Guru dituntut untuk bisa mengikuti perkembangan teknologi sehingga dalam proses pembelajaran di kelas dapat di terima dan diikuti oleh peserta didik sekaligus dapat memanfaatkan potensi yang sudah dimiliki peserta didik. Guru harus banyak belajar bagaimana mengajar, yaitu tentang bagaimana lebih banyak mendesain sejumlah aktivitas atau model pembelajaran yang cocok untuk generasi Alpha.

References

Amalia, D., & Gumilar, E. T. (2019). Potret remaja kreatif generasi (phi) pengubah ındonesia. Konvensi Nasional Bimbingan dan Konseling XXI, 189-197

Apaydin, Ç., & Kaya, F. (2020). An analysıs of the preschool teachers'vıews on alpha generatıon. European Journal of Education Studies

Aprillinda, M. (2019, February). Perkembangan guru profesıonal dı era revolusı ındustrı 4.0. Dalam Prosıdıng Semınar Nasıonal Program Pascasarjana Unıversıtas PGRI Palembang (Vol. 12, No. 01)

Bhargava, A. &. (2011). Perseption of student teachers about teaching competencies. Journal of Contemporary Research 1, (1) 77

Citrowati, E., & Nurhafizah, N. (2019). Profesıonalısme guru dalam mengembangkan anak sejak usıa dını sebagaı generası penerus bangsa. Jurnal Pendidikan Tambusai, 3(2), 739-743

Cooper, J. E. (2011). Classroom teaching skill. Belmont. Wadsworth Cengage Learning

Hamimah, H., Arlis, S., Arwin, A., Chandra, C., Anita, Y., Kenedi, A. K., & Kharisma, A. (2019). Thinking the most convenient analysis of alpha generation by using social science story digital books. Elementary Education Online, 19(1), 78-86

Hargreaves, A. &. (2000). Mentoring In the new millennium. ProQuest Education Journal, 39 (1), 50-56

Karsidi. (23 Juli 2005). Profesionalisme guru dan peningkatan pendidikan di era otonomi daerah Wonogiri. Makalah disampaikan pada Seminar Nasional Pendidikan. Dewan Pendidikan Kabupaten Wonogiri

Kharisma, N. V. E. (2019). Kriteria guru sekolah dasar ideal pada era generasi alfa. Online. Diterima melalui nandaverunaenun.blogs.uny.ac.id/.../Kriteria-Guru-Sekolah-Dasar

McCrindle. 2019. Here's who comes after Generation Z — and they'll be the most transformative age group ever. Australia. Bussines Insider

Mulyasa E. (2009). Standar kompetensi dan sertifikasi guru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Partus, J. P. R., & Turibius, R. S. (2019). Pola asuh generası alpha pada era dıgıtal. Jurnal Perennial Pedagogi, 1(1), 33-38.

Payong, M. (2011). Sertifikasi profesi guru (konsep dasar, problematika dan implementasinya). Jakarta: PT.Indeks

Priatna, T. (2019). Disrupsi pengembangan sumber daya manusia dunia pendidikan di era revolusi ındustri 4.0

Purnama, S, dkk.(2018). Pengasuhan digital untuk anak generasi alpha. Al Hikmah Proceedings on Islamic Early Childhood Education

Purwana, U. (2010). Profil kompetensi pedagogik guru IPA-fisika SMP dan MTS di wilayah paseh kabupaten sumedang melalui kegiatan lesson study berbasis MGMP. Bandung: FPMIPA UPI

Rahmatiah, H. A., & Asiyah, N. (2019). Kesenjangan generası antara guru & murıd sebagaı tantangan dıgıtalısası pendıdıkan. Dalam Prosıdıng Semınar Nasıonal Program Pascasarjana Unıversıtas PGRI Palembang

Rusilowati, A. (2019). Mendıdık berpıkır tıngkat tınggı sıswa generası alpha dı era artıfıcıal ıntellıgence. Seminar Pendidikan Nasional, 1(1)

Wati, I., & Kamila, I. (2019). Pentingnya guru professional dalam mendidik siswa milenial untuk menghadapi revolusi 4.0. Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, 12(1)

Zulfitri, H., Setiawati, N. P., & Ismaini, I. (2019). Pendidikan profesi guru (PPG) sebagai upaya meningkatkan profesionalisme guru. LINGUA: Jurnal Bahasa dan Sastra, 19(2), 130-136

Downloads

Published

2020-03-31

How to Cite

Setyo Widodo, G., & Sita Rofiqoh, K. (2020). PENGEMBANGAN GURU PROFESIONAL MENGHADAPI GENERASI ALPHA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 7(1), 13–22. https://doi.org/10.38048/jipcb.v7i1.67

Issue

Section

Articles

Citation Check