PENGEMBANGAN PROFESIONALITAS GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (STUDI PADA TAMAN KANAK-KANAK ADE IRMA MATALOKO KABUPATEN NGADA)
DOI:
https://doi.org/10.38048/jipcb.v7i1.66Keywords:
pengembangan guru, profesionalitasAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) kondisi guru TKK Ade Irma, 2) pelaksanaan program pengembangan profesionalitas guru TKK Ade Irma, 3) faktor-faktor yang mendukung dan menghambat pelaksanaan program pengembangan profesionalitas guru TKK Ade Irma, dan 4) upaya-upaya yang dilakukan untuk mengatasi kendala-kendala dalam pelaksanaan program pengembangan profesionalitas guru di TKK Ade Irma. Pengumpulan data dilakukan melalui metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah kepala sekolah dan 2 orang guru. Analisis data menggunakan model interaktif dari Miles dan Huberman dengan komponen-komponennya, yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data ditentukan dengan cara triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) kondisi guru di TKK Ade Irma dilihat dari kualifikasi belum memenuhi standar. Sejumlah 2 orang guru lulusan SMU dan SMEA, 2) pelaksanaan kegiatan pengembangan profesionalitas guru belum direncanakan secara baik. Kegiatan yang telah dilaksanakan berupa kelompok kerja guru dan supervisi akademik, sedangkan kegiatan-kegiatan ilmiah lainnya tidak diikutsertakan karena beberapa hambatan, 3) hambatan-hambatan tersebut antara lain minimnya bentuk-bentuk kegiatan bagi pendidik PAUD, ketiadaan dana dari lembaga, dan 4) Upaya-upaya yang dilakukan guna mengatasi hambatan-hambatan tersebut antara lain memberi dana bersifat pinjaman kepada guru sebagai kontribusi peserta dalam kegiatan oleh kepala sekolah, menyarankan kepada pihak dinas pendidikan untuk menyelenggarakan kegiatan atau program terutama bagi pengembangan guru PAUD, membuat perencanaan pelaksanaan pengembangan profesionalitas dan diusulkan kepada pihak yayasan, memberi penegasan dan himbauan melalui rapat komite berkaitan dengan pembayaran uang sekolah anak.
References
Susanti, A. & Udin, S.S. (2016). Efektivitas pengelolaan pengembangan profesionalitas guru. Jurnal Administrasi Pendidikan, 23(2), 31-51.
Ita, E. (2018). Manajemen pembelajaran pendidikan anak usia dini Di TK Rutosoro Kecamatan Golewa Kabupaten Ngada Flores Nusa Tenggara Timur. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran Universitas Muhammadiyah Ponorogo, 6(1), 45-52
Miles, M.B. & Huberman, M.A. (2009). Analisis data kualitatif. Jakarta: Universitas Indonesia Press.
Wahid, M. (2011). Peningkatan profesionalisme guru teknologi kejuruan melalui keterampilan merancang dan mengembangkan multimedia interaktif offline. Jurnal Pendidikan Vokasi, 1(1), 169-178.
Mustofa. (2007). Upaya pengembangan profesionalisme guru di Indonesia. Jurnal Ekonomi & Pendidikan, 4(1),76-88.
Uno, Hamzah B. (2011). Profesi kependidikan: problema, solusi, dan reformasi pendidikan di Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara.
Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 137 Tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini.
Saudagar, F. & Idrus, A. (2011). Pengembangan profesionalitas guru. Jakarta: Gaung Persada.
Sojow, L. (2011). Peran PT bidang kejuruan dalam menyiapkan guru profesional. Jurnal Pendidikan Vokasi, 1(1), 191-200.